Cara Menulis Jurnal Nasional

Cara Menulis Jurnal Nasional

Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi sedikit mengenai Bagaimana Cara Menulis Jurnal Nasional, dan semoga setelah kalian melihat artikel ini dapat menjadi solusi dan bermanfaat bagi kalian.

Apakah kamu sedang membuat jurnal ilmiah nasional? Kalau begitu, semoga dapat selesai dan segera dipublikasikan dan diterbitkan. Berbicara mengenai jurnal ilmiah nasional ternyata masih banyak masyarakat yang belum mengetahui pedoman penulisan jurnal yang baik.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Apa Itu Jurnal Nasional?

Sebelum kamu masuk ke pembahasan cara menulis jurnal nasional. Maka pahami terlebih dahulu ap aitu jurnal nasional.

Yang pertama adalah pengertian jurnal nasional, yaitu publikasi ilmiah reguler berupa artikel yang menyebarluaskan perkembangan ilmiah, yang diterbitkan secara resmi di ISSN dan di tingkat nasional.

Artinya jurnal hanya akan menerima artikel ilmiah yang ditulis oleh penulis Indonesia atau dalam bahasa Indonesia. Begitu juga dengan jurnal nasional di negara lain.

Misalnya, jika ada jurnal dari Malaysia, maka jurnal nasional ini hanya menerima artikel ilmiah dalam bahasa Melayu yang ditulis oleh peneliti dan dosen di Malaysia. Jadi cakupannya hanya di satu negara.

Jika telah menerima artikel ilmiah dari penulis luar negeri, maka otomatis jurnal tersebut bukan lagi jurnal nasional.

Melainkan telah masuk kedalam kategori jurnal internasional yang tentu saja mempunyai kebijakan dan ketentuan yang berbeda lagi.

Di Indonesia sendiri, dosen dan peneliti yang menerbitkan jurnal nasional harus mengikuti prosedur ini. Salah satunya adalah pemilihan jurnal terakreditasi, yaitu jurnal yang telah terakreditasi oleh LIPI atau Ditjen Dikti, yang kini berada dalam sistem website Arjuna.

Ada dua jenis jurnal nasional, yaitu jurnal nasional terakreditasi dan jurnal nasional non-akreditasi.

Jurnal yang terakreditasi tentunya lebih kredibel karena memenuhi standar yang ditetapkan LIPI dan Ditjen Dikti.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Baca Juga : Cara Menulis Jurnal Internasional

Cara Menulis Jurnal Nasional

Cara Menulis Jurnal Nasional

1. Judul

Yang pertama dalam Cara Menulis Jurnal Nasional adalah Judul merupakan langkah awal dalam produksi atau pembuatan jurnal ilmiah nasional. Penulisan judul di jurnal tidak boleh sembarangan.

Setiap jurnal ilmiah harus mempunyai judul yang jelas. Dengan membaca judul, pembaca dapat lebih mudah memahami sifat jurnal tanpa harus membaca seluruh jurnal.

Misalnya judul “Laporan Lab Informatika”. Dengan judul seperti ini, pembaca tidak mau membacanya karena tidak menggambarkan tentang apa jurnal tersebut.

Judul ini kurang lebih melaporkan tentang apa jurnal tersebut.

2. Abstrak

Cara Menulis Jurnal Nasional

Yang kedua dalam Cara Menulis Jurnal Nasional adalah Langkah selanjutnya dalam membuat jurnal ilmiah nasional adalah abstrak. Ingat, ringkasan ini tidak sama dengan ringkasan.

Bagian abstrak jurnal ilmiah digunakan untuk mencerna secara singkat isi jurnal. Abstrak di sini dimaksudkan sebagai penjelasan tanpa mengacu pada jurnal.

Abstrak harus berisi sekitar 250 kata yang merangkum tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan. Jangan menggunakan singkatan atau kutipan dalam abstrak.

Selain itu, abstrak harus mandiri, tanpa catatan kaki. Ringkasan ini biasanya ditulis terakhir. Cara mudah untuk menulis abstrak adalah dengan mengutip ide-ide terpenting di setiap bagian jurnal.

Kemudian, gunakan poin-poin untuk menyusun deskripsi singkat dari jurnal yang kita buat.

3. Pendahuluan

Cara Menulis Jurnal Nasional

Yang ketiga dalam Cara Menulis Jurnal Nasional adalah pendahuluan, kita bisa membuat pernyataan dari kasus yang diteliti.

Tujuannya adalah untuk memberikan informasi kepada pembaca untuk memahami tujuan spesifikasi dalam kerangka tekstual yang lebih besar.

Bagian pendahuluan juga bisa mencakup informasi latar belakang tentang masalah ini, seperti ringkasan dari setiap penelitian yang sudah dilakukan dan bagaimana eksperimen membantu memperluas atau memperjelas pengetahuan dalam bidang umum.

4. Bahan dan Metode

Yang keempat dalam Cara Menulis Jurnal Nasional adalah Bagian yang tak kalah pentingnya dari penulisan jurnal ilmiah nasional adalah bahan dan metode yang digunakan untuk menjelaskan berbagai poin yang diangkat selama proses penelitian.

Peneliti perlu menjelaskan desain eksperimen, peralatan, metode pengumpulan data, dan jenis kontrol. Jika percobaan dilakukan di alam, maka penulis menggambarkan daerah penelitian, lokasi, dan juga menggambarkan pekerjaan yang dilakukan.

Aturan umum yang perlu diingat adalah bahwa bagian ini harus rinci dan jelas sehingga pembaca memiliki dasar-dasar dan teknik untuk menerbitkan.

5. Hasil

Cara Menulis Jurnal Nasional

Yang kelima dalam Cara Menulis Jurnal Nasional adalah Di bagian hasil jurnal ilmiah nasional kamu, kamu harus menyajikan data ringkas menggunakan teks naratif, gambar, atau tabel. Hanya hasilnya yang disajikan di sini dan tidak semua interpretasi atau kesimpulan dari data di bagian ini.

6. Pembahasan

Yang keenam dalam Cara Menulis Jurnal Nasional adalah Sementara itu pada bagian pembahasan jurnal ilmiah nasional peneliti bisa menginterpretasikan data dengan pola yang diamati.

Setiap hubungan yang signifikan antara variabel eksperimen dan korelasi antar variabel dapat dilihat dengan jelas.

Peneliti harus memasukkan interpretasi yang berbeda dari hipotesis atau hasil yang berbeda atau mirip dengan eksperimen terkait yang dilakukan oleh peneliti lain.

Kesimpulan

Cara Menulis Jurnal Nasional

Yang ketujuh dalam Cara Menulis Jurnal Nasional adalah Bagian ini hanya menyatakan bahwa peneliti akan mempertimbangkan setiap data dalam kaitannya dengan pernyataan yang dinyatakan dalam pendahuluan.

Mengacu pada bagian pendahuluan dan kesimpulan, pembaca harus memiliki pemahaman yang baik tentang penelitian, meskipun hanya dalam detail tertentu.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Daftar Pustaka

Yang terakhir dalam Cara Menulis Jurnal Nasional adalah Semua informasi yang diperoleh peneliti dari jurnal ilmiah nasional harus ditulis menurut abjad pada bagian ini.

Ini berguna bagi pembaca yang ingin merujuk ke literatur asli. Perhatikan bahwa referensi yang dikutip sebenarnya disebutkan dalam jurnal yang kami hasilkan.

Pada tahap ini, peneliti harus memberikan referensi yang otentik sehingga tidak ada tanda-tanda plagiarisme.

Ciri Jurnal Nasional

Cara Menulis Jurnal Nasional

Setelah membahas cara menulis jurnal nasional, kurang rasanya jika kita tidak membahas ciri jurnal nasional

Berikut adalah kriteria umum jurnal ilmiah nasional yang terakreditasi, diantaranya:

1. Memenuhi Kaidah Keilmuan

Cara Menulis Jurnal Nasional

Baik jurnal ilmiah yang lingkupnya internasional maupun nasional disyaratkan untuk bisa memenuhi kaidah keilmuan, yang tujuannya untuk memastikan bahwa jurnal itu bisa memberikan manfaat kepada para pembacanya.

2. Memiliki ISSN (International Standard Serial Number)

Kriteria selanjutnya yang wajib dimiliki oleh jurnal nasional terakreditasi adalah memiliki International Standard Serial Number atau yang sering kita sebut dengan istilah ISSN yang berupa 8 digit nomor dari belakang jurnal sebagai identifikasi atau nomor pengenal jurnal yang bersangkutan.

syarat ini tidak hanya berlaku untuk jurnal nasional saja, akan tetapi juga jurnal internasional. Manfaat ISSN adalah kemudahan dalam mengelola proses pemesanan jurnal dan kemudahan dalam mengidentifikasi setiap jurnal.

3. Terdapat Terbitan Versi Online

Cara Menulis Jurnal Nasional

Jurnal nasional juga perlu memiliki versi online agar pembaca yang membutuhkannya dapat mengakses jurnal tersebut kapan saja, di mana saja, serta mempermudah dalam mengunduh atau mengunduh file jurnal nasional terakreditasi dalam format PDF.

Oleh karena itu, pada umumnya jurnal biasanya diterbitkan dalam dua format, cetak dan elektronik. Setiap versi cetak memiliki ISSN yang berbeda sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

4. Jurnal Dikelola Secara Profesional

Jurnal yang telah berskala nasional wajib dikelola secara profesional agar memenuhi syarat sebagai jurnal nasional yang terakreditasi. Profesional dalam konteks ini mengacu pada jurnal yang menerbitkan jurnal berkala dan berkelanjutan atau berjalan.

Misalnya jika dipublikasikan 2 kali dalam setahun, maka setiap tahunnya jurnal tersebut wajib mempublikasikan paling tidak 2 jurnal yang berbeda.

5. Ditujukan untuk Masyarakat Ilmiah

Cara Menulis Jurnal Nasional

Pada dasarnya, publikasi dari jurnal nasional membantu komunitas ilmiah untuk mendapatkan referensi yang valid. Dalam konteks ini, komunitas atau masyarakat ilmiah berarti akademisi yang perlu mengacu pada hasil penelitian.

6. Diterbitkan oleh Lembaga yang Mumpuni

Jurnal ilmiah yang akan diterbitkan secara terakreditasi dan nasional wajib dipublikasikan oleh lembaga yang mumpuni. Misalnya badan ilmiah, organisasi profesi, penerbit, maupun perguruan tinggi beserta unit-unitnya.

Selain itu, penerbit harus memiliki ISSN sebagai bukti kepatuhan mereka terhadap standar nasional. Oleh karena itu, tidak semua penerbit dapat menerbitkan jurnal nasional.

7. Menampung Hasil Penelitian dari Berbagai Bidang Ilmu

Cara Menulis Jurnal Nasional

Jurnal ilmiah yang diterbitkan dan terakreditasi harus mampu mengakomodasi berbagai jenis metode penelitian. Perlu kita ketahui bahwa metode penelitian relevan dengan bidang keilmuan dan profesi, sehingga penulis artikel jurnal nasional yang terakreditasi harus melalui proses penelitian.

Temuan tersebut kemudian disuntikkan ke dalam karya ilmiah dan dipublikasikan di jurnal ilmiah.

8. Mempunyai Direksi

Dewan direksi dan editor jurnal ilmiah nasional harus terdiri dari para ahli di bidangnya. Redaktur berasal dari sebanyak mungkin atau minimal dua institusi yang berbeda, sehingga memiliki pengetahuan yang lebih beragam agar dapat memberikan koreksi yang mendetail.

9. Terindeks di DOAJ

Cara Menulis Jurnal Nasional

Secara khusus, jurnal yang diakui secara nasional harus berkualitas tinggi dan harus masuk dalam DOAJ (Directory of Open Access Journals). DOAJ adalah situs web yang menampilkan jurnal akses terbuka, di mana jurnal berkualitas dapat ditemukan.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Kesimpulan

Nah, hanya itu yang bisa kami sampaikat terkait bagaimana Cara Menulis Jurnal Nasional. semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi teman-teman. Terimakasih!

error: Content is protected !!