Cara Menulis Jurnal Internasional

Cara Menulis Jurnal Internasional

Ingin mengetahui bagaimana Cara Menulis Jurnal Internasional dengan baik dan benar? Tepat Sekali, silahkan simak artikel ini sampai habis!

Mendukung perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, menyusun dan mempublikasikan berbagai hasil penelitian ke dalam jurnal, baik jurnal nasional maupun jurnal internasional.

Jurnal ilmiah adalah salah satu bentuk pelaporan hasil penelitian akademik dan nonakademik. Tujuannya adalah untuk membuat studi dan hasilnya dapat diakses oleh lebih banyak orang sehingga dapat digunakan.

Dapat digunakan sebagai acuan dalam melakukan penelitian atau pengembangan sejenis. Juga tidak diterapkan karena temuan juga berisi informasi dan solusi.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Pengertian Jurnal Internasional

Cara Menulis Jurnal Internasional

Jurnal internasional adalah publikasi jurnal yang dilakukan oleh pihak internasional. Beberapa jurnal jenis ini memiliki reputasi yang baik, sementara yang lain tidak. Fitur utama jurnal bereputasi adalah bahwa mereka juga terindeks di database internasional bereputasi.

Misalnya di Scopus, Microsoft Academic Search, Web of Science, dll. Karena diterbitkan secara global atau seluruh dunia, jurnal internasional menggunakan bahasa Inggris.

Hanya saja Anda juga dapat menemukan jurnal dalam bahasa selain bahasa Inggris, seperti Rusia, Mandarin, dll, di situs web internasional. Namun, dosen yang ingin mempublikasikan di jurnal internasional berbahasa Inggris.

Penerbitan di jurnal internasional seringkali menjadi salah satu syarat kelulusan wajib saat menempuh pendidikan pascasarjana. Persyaratan wajib ini tampaknya menjadi beban tersendiri, karena lebih sulit daripada menerbitkan jurnal nasional.

Beberapa faktor membuat jurnal ini sulit ditembus. Mulailah dengan penulisan yang kompleks, kohort penulis jurnal dari negara lain, dan reviewer yang cenderung lebih perfeksionis.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Cara Menulis Jurnal Internasional Dengan Baik & Benar

Untuk lebih membantu dalam penulisan jurnal yang akan diterbitkan secara internasional, berikut tata Cara Menulis Jurnal Internasional :

1. Menentukan Tema Penelitian

Cara Menulis Jurnal Internasional

Tahap pertama Cara Menulis Jurnal Internasional adalah mengidentifikasi topik penelitian dan penting untuk memastikan itu menarik. Misalnya, memilih topik yang sedang dibahas yang tetap relevan dengan bidang pengetahuan yang dikuasai dan mengandung unsur kebaruan.

2. Selaras Dengan Bidang Keilmuan

Langkah selanjutnya dalam Cara Menulis Jurnal Internasional adalah mencari jurnal referensi, yang sebaiknya disesuaikan dengan bidang ilmu yang Anda miliki. Dengan begitu tidak gagal di tengah jalan, karena akan dianggap kompeten di bidangnya bila sesuai atau relevan.

3. Menarik Minat Reviewer

Cara Menulis Jurnal Internasional

Penyusunan jurnal membutuhkan perhatian terhadap selera dan kebutuhan reviewer. Oleh karena itu, penting untuk dapat menarik perhatian mereka, misalnya menggunakan jurnal referensi dari temuan resensi, namun tetap sesuai dengan bidang ilmunya.

4. Minimalkan Kesalahan Human Error

Saat Menulis Jurnal Internasional, usahakan sesuaikan dengan pedoman penulisan yang berlaku. Juga, menghindari kesalahan yang disebabkan oleh kesalahan error. Seperti salah ketik atau salah ejaan, kesalahan tata bahasa, kesalahan persiapan bagian jurnal, dll.

5. Menghindari Plagiat

Cara Menulis Jurnal Internasional

Plagiarisme adalah dosa besar di dunia akademis, jadi ketahuilah dengan baik bagaimana Menulis Jurnal Internasional tanpa plagiarisme.

6. Cermat Menyusun Daftar Pustaka

Penulisan daftar pustaka memerlukan kehati-hatian dan kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku. Jika diperlukan, Anda dapat mengompilasinya dengan aplikasi khusus untuk menghindari kesalahan.

7. Menyusun Persembahan

Cara Menulis Jurnal Internasional

Presentasi akan ditempatkan di akhir jurnal internasional, yang telah terbukti penting. Karena disini penulis jurnal dapat menyampaikan rasa terima kasih dan terima kasih kepada semua pihak atas bantuannya.

8. Melakukan Pembayaran

Jika jurnal yang dikompilasi telah diterima, maka akan menerima LoA (Letter of Acceptance) yang akan berisi invoice. Oleh karena itu, bayar segera, biasanya dalam mata uang negara asal, tetapi juga dalam dolar AS.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Kesimpulan

Nah, mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan terkait bagaimana Cara Menulis Jurnal Internasional, semoga dapat berguna dan bermanfaat bagi teman-teman. Terimakasih!

error: Content is protected !!