Tingkatan Jurnal Scopus

Bagi kalian yang ingin mengetahui apa saja tingkatan jurnal scopus kamu bisa temukan jawabannya pada artikel ini. Yuk simak sampai habis ya!

Pada tingkatan jurnal internasional yang berhasil terindeks scopus, maka nanti kita akan melihat istilah Q (Quartile/kuartil).

Apa sih Quartile itu? Quartile atau kuartil adalah sebuah sistem perangkingan jurnal bereputasi berdasarkan dengan subjek bidang jurnal yang bersangkutan.

Pada sistem saat ini, Quartile dibentuk dengan berdasarkan hitungan besaran angka setiap jurnal agar bisa dikalkulasikan pada perhitungan angka kumulatif.

Nah, disini, kami akan memberikan informasi mengenai tingkatan apa saja yang ada pada jurnal internasional bereputasi scopus.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Baca Juga cara Mencari H indeks scopus

4 Tingkatan Jurnal Scopus

Tingkatan Jurnal Scopus

Perlu kamu ketahui bahwa tingkatan jurnal internasional Scopus ada 4, yaitu Q1, Q2, Q3 & Q4.

Dilansir dari situs ui.ac.id, untuk menilai sebuah jurnal berkualitas, Scopus memiliki klasterisasi kualitas jurnal yang terbagi menjadi 4 Quartile. Q1 merupakan kategori jurnal dengan kualitas paling tinggi. Dan selanjutnya diikuti oleh urutan Q2 sampai Q4.

Dikutip dari situs Quora.com, pada saat mengkategorikan sebuah jurnal yang nantinya akan dimasukkan kedalam kategori Quartile 1 sampai 4, ada parameter yang digunakan oleh Scopus.

Untuk pembahasan selengkapnya kamu bisa simak dibawah ini.

1. Q1 (Quartile 1)

Kategori Quartile 1 (Q1) adalah tingkatan jurnal Scopus yang memiliki pengaruh paling besar jika kita bandingkan dengan kategori lainnya. Misalnya terdapat 100 jurnal internasional yang berhasil terindeks Scopus pada bidang keilmuan tertentu, biasanya jurnal dengan kategori Q1 ini ada pada peringkat 1 sampai 25 atau bisa disebut sebagai 25 jurnal teratas.

2. Q2 (Quartile 2)

Selanjutnya kategori Quartile 2 (Q2) juga merupakan tingkatan jurnal internasional Scopus yang memiliki pengaruh besar dibawah kategori Q1 sebelumya. Jika terdapat 100 jurnal internasional Scopus, maka jurnal dengan kategori Q2 ini ada pada peringkat dari 26 sampai 50.

3. Q3 (Quartile 3)

Kategori Quartile 3 (Q3) adalah tingkatan jurnal Scopus yang memiliki pengaruh yang lumayan besar.

Jika terdapat 100 jurnal berhasil terindeks Scopus, maka kategori Q3 ini ada pada peringkat 51 sampai 75 jurnal.

4. Q4 (Quartile 4)

Nah, untuk kategori terakhir adalah Quartile 4 (Q4). Kategori ini memiliki pengaruh yang paling rendah jika kita bandingkan dengan kategori sebelumnya.

Apabila terdapat 100 Jurnal yang berhasil terindeks Scopus, maka kategori Q4 ini ada pada peringkat 76 sampai 100 atau bisa dibilang sebagai 25 jurnal terendah.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Cara Mencari Jurnal Scopus

Pada pembahasan sebelumnya, kita sudah mengetahui mengenai pengertian dan tingkatan jurnal internasional Scopus. Nah untuk pembahasan selanjutnya kita akan mempelajari mengenai bagaimana caranya untuk mencari jurnal yang terindeks scopus. Jurnal yang berhasil terindeks scopus bisa berasal dari jurnal nasional dan jurnal internasional.

Ada dua cara untuk mencari jurnal yang terindeks scopus,yang akan kami jelaskan kepada kalian yaitu jurnal internasional yang terindeks scopus dan jurnal Indonesia yang terindeks scopus. Untuk mengetahui seperti apa pembahasannya yuk simak berikut ini.

Cara Mencari Jurnal Internasional Yang Terindeks Scopus

Cara mencari jurnal internasional yang terindeks ada dua cara. Dikutip dari lister.co.id, yang pertama melalui situs scimagojr.com dan kedua menggunakan website resmi scopus. Untuk langkah-langkahnya kamu bisa simak dibawah ini!

1. Melalui Scimagojr.Com

Cara pertama adalah menggunakan bantuan dari website scimagojr.com. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Masuk ke halaman utama di situs scimagojr.com atau buka browser google lalu cari “scimagojr”
  • Setelah masuk pada situs scimagojr tersebut, silahkan pilih subjek jurnal yang dituju, misalnya ingin mencari pada bidang seni, maka pilih bidang keilmuan tentang art and humanities
  • Silahkan pilih subjek kategori jurnal yang kamu inginkan
  • Pilih tingkatan Q atau quartile yang kamu mau, lalu download data ke excel.

2. Melalui Website Resmi Scopus

Cara kedua yaitu dengan menggunakan bantuan dari situs resmi scopus. Pada cara yang kedua ini, kamu wajib memiliki daftar jurnal yang ingin cari.

Langsung saja untuk caranya adalah sebagai berikut.

  • Silahkan kamu bukan laman resmi scopus atau bisa masuk ke browser google lalu ketk “scopus”
  • Lalu klik “sources” di bagian atas
  • Masukan nama jurnal di kolom “enter title” dan tekan enter, kamu bisa juga klik pada bagian “find sources”
  • Apabila nama jurnal yang kamu masukan telah ditemukan pada kolom search, selanjutnya adalah klik jurnal tersebut dan silahkan cek tahun coveragenya

Bagaimana mudah bukan cara mencari jurnal di scopus ini.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Cara Mencari Jurnal Indonesia Yang Terindeks Scopus

Tingkatan Jurnal Scopus

Nah tadi kita sudah belajar mengenai pengertian, tingkatan jurnal internasional Scopus dan Cara mencari Jurnal di Scopus. Oke yuk kita masuk ke pembahasan selanjutnya mengenai cara mencari jurnal Indonesia yang terindeks oleh scopus. Untuk pembahasan selengkapnya kamu bisa cek dibawah ini.

  • Silahkan masuk ke laman resmi sinta.ristekbrin.go.id, ada kolom dengan tulisan “Number of journal by Sinta Score”, kamu pilih S1
  • Skor S1 pada Sinta ini adalah jurnal-jurnal Indonesia yang berhasil terindeks oleh scopus
  • Setelah muncul jurnal-jurnal tersebut, kamu tinggal mencari jurnal yang memuat mengenai bidang keilmuan tertentu yang kamu butuhkan
  • Cara yang paling mudah yaitu dengan mengetik “Sinta 1” pada pencarian google
  • Lalu setelah muncul jurnal-jurnal Sinta 1 tersebut, kamu hanya perlu mencari jurnal yang kamu butuhkan.

Bagaimana teman-teman? mudah bukan cara mencari jurnal Indonesia terindeks scopus ini? Kamu hanya perlu mengkuti langkah-langkah yang kami berikan dan selesai deh.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Kesimpulan

Nah mungkin hanya itu yang bisa kami sampaikan mengenai tingkatan jurnal scopus dan pembahasan lainnya, semoga bisa bermanfaat dan terimakasih.

error: Content is protected !!