Cara Melihat Quartile Jurnal Di Scopus

Cara melihat Quartile jurnal di Scopus ternyat sangat mudah lho tidak sesulit yang kamu bayangkan. Nah bagi kamu yang penasaran bagaimana caranya, kamu bisa simak artikel ini sampai habis ya!

Scopus merupakan salah satu layanan pengindeks jurnal internasional yang memberikan penilaian mengenai jurnal apakah berdampak signifikan atau tidak. Saat mengevaluasi jurnal-jurnal yang di terbitkan. Scopus menggunakan istilah “kuartil/quartile” sebagai pengelompokan kualitas jurnal.

Quartile ini ada empat kategori tingkatan scopus, yaitu, kuartil 1 (Q1), kuartil 2 (Q2), kuartil 3 (Q3), dan kuartil (Q4). Cluster diurutkan dari kategori tertinggi tinggi sampai paling rendah. Artinya, kategori Q1 merupakan level jurnal tertinggi, dan Q4 adalah level jurnal paling rendah.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Baca Juga : Cara mendapatkan id scopus

Cara melihat Quartile jurnal di Scopus

Cara Melihat Quartile Jurnal Di Scopus

Oke langsung saja kita masuk ke pembahasan utama, dan untuk cara melihat quartile jurnal di scopus ini kami akan menggunakan bantuan situs bernama scimago jr.

Untuk caranya silahkan simak berikut ini :

1. Cara Melihat Quartile Jurnal Di Scopus (Scimago)

1. Buka browser lalu masuk ke ScimagoJr “http://www.scimagojr.com” untuk tampilannya bisa kamu lihat sebagai sebagai berikut :

2. Selanjunya, Ketikan nama jurnal pada kolom yang telah disediakan. Dan klik “Enter

3. Jika jurnal yang kamu butuhkan telah terindeks jurnal bereputasi, maka tampilannya akan sebagai berikut:

Nah, perlu kamu ketahui bahwa 4 warna di sini menunjukkan indikator mengenai Quartile pada scopus:

  • Warna hijau menunjukkan Quartile 1
  • Warna kuning menunjukkan Quartile 2
  • Warna orange menunjukkan Quartile 3
  • Warna merah menunjukkan Quartile 4

Sebenarnya, data yang tersedia pada situs Scimago ini tidak real time. Dan jika kamu ingin mendapatkan data terbaru dari jurnal scopus, kami sarankan untuk langsung saja mengeceknya pada situs resmi Scopus. untuk pembahasan selengkapnya kamu bisa simak di bawah ini!

2. Cara Melihat Quartile Jurnal Di Scopus (Situs Resmi Scopus)

Cara Melihat Quartile Jurnal Di Scopus

Seperti yang kita ketahui bahwa pada situs scimago JR itu tidak selalu update. Itu artinya jika ada jurnal yang berhasil terindeks scopus namun beberapa tahun kemudian tidak terindeks scopus, tapi jurnal tersebut masih terindeks oleh scimago jr, jadi lebih baik langsung saja melihatnya di situs resmi scopus.

Langsun saja berikut adalah tahapan-tahapannya :

1. Pada tahap pertama, silahkan kamu buka browser lalu kunjungi website resmi dari Scopus atau kamu bisa langsung klik link berikut ini “https://www.scopus.com/

2. Jika kamu belum memiliki akun pada scopus, kamu bisa klik “Create Account” terlebih dahulu

3. Lalu Klik opsi “Sources

4. Selanjutnya setelah kamu mengeklik opsi “Sources”, akan otomatis muncul beberapa kolom seperti pada gambar dibawah ini:

5. Untuk mencari jurnal berdasarkan kuartil atau tingkatan jurnal, kamu bisa melakukannya dengan memilih salah satu kolom kuartil 1 sampai 4 yang telah tersedia pada sebelah kiri tampilan menu “Source”. Namun, apabila kamu ingin mengetahui kuartil mana yang kamu cari, kamu hanya perlu melihat kolom “Highest Percentile”, seperti pada gambar ini:

6. Perlu kamu perhatikan, pada kolom “Highest Perentile”, kamu akan diberikan beberapa tampilan mengenai spesifikasi jurnal yang memiliki percentile berapa persen. Nah untuk lebih jelasnya kamu bisa lihat dibawah ini.

  • Quartile 1 adalah jurnal yang memiliki percentile 75%-99%,
  • Quartile 2 adalah jurnal yang memiliki percentile 50%-74%,
  • Quartile 3 adalah Jurnal yang memiliki percentile 25%-49%
  • Quartile 4 adalah Jurnal yang memiliki percentile 0%-24%.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Kesimpulan

Telah kami sampaikan bagaimana cara melihat quartile jurnal di scopus, jadi untuk caranya sangat mudah sekali, kamu hanya perlu mengikuti tahap demi tahap yang kami berikan dan selesai. Kamu sudah bisa melakukannya.

Mungkin hanya itu semoga bermanfaat dan terimakasih.

.

error: Content is protected !!