Cara Publikasi Jurnal Di Sinta

Cara Publikasi Jurnal Di Sinta

Buat kamu yang ingin mengetahui cara publikasi jurnal di sinta. Yu simak artikel ini sampai habis ya,  kami akan memberi tahu bagaimana cara publikasi jurnal sinta 1, 2, 3, 4, dan yang lainnya.

Apa Itu Sinta

Cara Publikasi Jurnal Di Sinta

Pembahasan pertama adalah apa itu sinta? Sinta (Science and Technologi Index) adalah penelitian berbasis web yang dibangun untuk kinerja para peneliti, lembaga, dan jurnal ilmiah di Indonesia. Sinta bisa dikatakan “Scopus Ala Kemenristek Dikti” yang memiliki skema dan fitur yang sama dengan database.

Cara publikasi jurnal di sinta tidak bisa di lakukan oleh sembarang orang karna memiliki fungsi umum seperti kinerja jurnal berdasarkan standard akreditasi dan sitasi dengan mengindeks jurnal seluruh jurnal nasional yang sudah diakreditasi oleh Akreditasi Jurnal Nasional(ARJUNA).

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Cara Mudah Publikasi jurnal Di Sinta

Untuk publikasi jurnal di sinta terdiri dari beberapa tahap. Seperti apa tahapan tahapannya simak samai habis ya!

  • Langkah pertama bisa dimulai dengan mendaftar akun sinta melalui url: www.sinta.ristekdikti.go.id/
  • Isi formulir data diri seperti nama dan NIDN orang yang berprofesi sebagai instruktur
  • Masukan ID CENDIKIA yang terkait dengan masing-masing instruktur
  • Pastikan data yang di isi sudah lengkap (data tidak lengkap mengganggu proses validasi)
  • Untuk verifikasi memerlukan waktu jadi mohon tunggu sejenak

Jika seluruh data sudah di verifikasi maka status pada tampilan layar kamu berubah menjadi Terverifikasi.

Take not. ID di Google Scholar tidak dapat diubah. Karena tim SINTA hanya dapat mengubah data ini dengan mengirimkan beberapa metode terlebih dahulu.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Manfaat Jurnal Sinta

Cara Publikasi Jurnal Di Sinta

Selanjutnya adalah manfaat jurnal sinta. Tentu saja, dosen dan peneliti tidak bisa hanya mempublikasikan jurnalnya ke majalah dagang Sinta.

Anda juga dapat mempublikasikan di database lain seperti Google Scholar dan Scopus untuk jurnal berbahasa Indonesia dan internasional yang diakui oleh PBB (jurnal internasional).

Namun, dosen juga harus berusaha menerbitkan majalah ke Sinta. Karena Sinta diketahui memiliki kelebihan untuk disinkronkan dengan Google Scholar, Scopus, IPI, dan juga dengan Inasti.

Sehingga semua riwayat publikasi dosen, baik dalam bentuk jurnal maupun buku, akan muncul di halaman Sinta. Selain itu, juga didukung oleh empat fitur utama Sinta yang telah dijelaskan sebelumnya. Ini akan membuat jurnal lebih banyak dikutip oleh komunitas ilmiah.

1. Wadah publikasi online

Sinta bukan hanya database yang menampilkan daftar majalah nasional terakreditasi di Indonesia. Namun juga menjadi media bagi dosen atau peneliti untuk mempublikasikan jurnal hasil penelitian dan pengabdian masyarakat.

SInta kemudian berfungsi sebagai wadah untuk mendukung dan menerima publikasi jurnal yang timbul dari penelitian dan pengabdian masyarakat. Sifatnya yang online, tentunya memudahkan dosen untuk mengelola publikasi jurnal secara mandiri.

Karena setiap dosen yang sudah memiliki akun terverifikasi Sinta bisa menggunakan fungsi publikasi majalah. Sehingga jurnal tersebut dapat masuk ke database Sinta dan didaftarkan ke ARJUNA untuk proses akreditasi.

2. Evaluasi Kinerja Jurnal

Cara Publikasi Jurnal Di Sinta

Fungsi kedua dari jurnal sinta adalah untuk mengevaluasi kinerja jurnal nasional yang diterbitkan oleh seluruh dosen dan peneliti di Indonesia. Sifatnya sudah terkoneksi dengan Google Scholar dan Scopus.

Sementara itu, didukung oleh fitur sitasi dan hitungan yang memungkinkan Sinta mencari publikasi dosen dan peneliti. Selain itu, Sinta dibagi menjadi beberapa kategori mulai dari Sinta 1 untuk akreditasi tertinggi hingga Sinta 6.

Sehingga dosen dan peneliti dapat terus mengembangkan diri dengan meningkatkan kualitas publikasi. Sehingga bisa mendapatkan kategori Sinta 1 dan S yang artinya sudah mendapatkan akreditasi antara A dan B.

Kualitas majalah tersebut kemudian dibuktikan, sehingga memberikan referensi majalah nasional yang berkualitas kepada masyarakat. Pada saat yang sama, dosen mendorong untuk terus meningkatkan kualitas penulisan artikel ilmiah.

Selain itu sinta juga berfungsi sebagai sarana untuk menilai jurnal  berdasarkan akreditasi akreditasi dan sitasi, dan sinta juga berfungsi untuk menganalisis  kekuatan riset pada masing-masing institusi.

Nah mungkin kamu tahu biasanya publikasi jurnal dikenakan biaya dari pelayanan hingga tebitan naskah ilmiah. Tapi da beberapa yang menawarkan secara gratis tidak dipungut biaya sedikitpun.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Publikasi Jurnal Gratis

Langkah selanjutnya adalah cara publikasi jurnal gratis

  • Pastikan keaslian tulisan / original
  • Sesuai aturan dan kebijakan Penyelenggara Jurnal
  • Submit sesuai bidang
  • Perhatikan tema dan topik ilmiah

Perlu kamu ketahui kekurangan dari jurnal gratis. Kekurangannya jika kamu memilih publikasi jurnal gratis seperti proses revie yang sangat ketat dan proses review nya juga memerlukan waktu (6 – 8 bulan). Dan hanya jurnal berkualitas tinggi saja yang bisa di terima di jurnal-jurnal gratis.

Lalu kamu juga harus menunggu kisaran 6 bulan sampai 1 tahun untuk jurnal tersebut terbit.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Ciri-Ciri Jurnal Terindeks Sinta

Cara Publikasi Jurnal Di Sinta

Selanjutnya yang  akan kita bahas adalah kriteria jurnal nasional terindeks sinta.

1. Memenuhi kaidah ilmiah

Pertama, kaidah ilmiah harus dipenuhi. Seperti halnya jurnal nasional dan jurnal internasional harus memiliki kegunaan dari segi ilmu pengetahuan.Majalah yang tidak berprinsip ilmiah hanyalah karya fiksi dan cenderung menghibur pembaca. Sementara itu, jurnal menambah khasanah keilmuan bagi pembaca.

2. Dengan ISSN

Cara Publikasi Jurnal Di Sinta

ISSN atau International Standard Serial Number adalah 8 digit nomor identifikasi jurnal. Meskipun bukan majalah internasional, majalah nasional wajib memiliki serial sebagai tanda bahwa majalah tersebut telah terbit secara berkala.

3. Edisi online

Tidak hanya jurnal internasional, jurnal nasional juga wajib memiliki publikasi online sehingga pembaca dapat dengan mudah mengaksesnya (pdf).

4. Manajemen profesional

Jurnal nasional harus dikelola secara profesional. Misalnya, jika jurnal diterbitkan dua kali setahun, 2 jurnal harus diterbitkan pada waktu yang sama setiap tahun. Artinya, majalah harus terbit tepat waktu.

5. Bertujuan untuk menampung hasil penelitian dalam disiplin ilmu tertentu

Cara Publikasi Jurnal Di Sinta

Jurnal ilmiah harus ditulis sesuai dengan prinsip kemanfaatan dalam bidang keilmuan. Dengan menggunakan berbagai jenis metode penelitian dalam bidang keilmuan yang berkaitan dengan keahlian.

6. Ditujukan untuk Masyarakat Ilmiah

Jurnal artikel ilmiah biasanya ditujukan untuk komunitas ilmiah/peneliti yang memiliki disiplin ilmu yang relevan.

7. Diterbitkan oleh lembaga yang memenuhi syarat

Cara Publikasi Jurnal Di Sinta

Majalah nasional tidak dapat diterbitkan oleh sembarang penerbit, hanya lembaga yang memenuhi syarat. Sebagaimana diterbitkan oleh penerbit/badan ilmiah/organisasi profesi/organisasi ilmiah/universitas dengan unitnya.

8. Unggah karya ilmiah dari penulis dari minimal 2 Negara yang berbeda.

Singkatnya, jurnal internasional harus berisi penulis dari setidaknya 2 negara yang berbeda. Sama halnya dengan majalah nasional harusnya cukup banyak penulis dari 2 institusi berbeda di bidang yang sama.

9. Memiliki dewan direksi/editor

Jurnal ilmiah harus memiliki dewan direksi/editor yang terdiri dari para ahli di bidangnya dari dua lembaga yang berbeda.

10. DOAJ

Cara Publikasi Jurnal Di Sinta

DOAJ adalah singkatan dari Directory of Open Access Journals adalah bagian dari situs web yang mencantumkan jurnal/jurnal ilmiah akses terbuka berkualitas tinggi.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Kesimpulan

Nah, mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan mengenai bagaimana cara publikasi jurnal di sinta, semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi teman-teman semua. Terimakasih telah membaca!

error: Content is protected !!