Cara Mudah Submit Jurnal Internasional

Apakah kamu sedang kesulitan tentang bagaimana cara mengirimkan naskah Anda ke jurnal internasional? Jika benar, maka kami akan memberikan solusi terkait cara mudah submit jurnal internasional! Untuk pembahasan selengkapnya, kamu bisa simak artikel ini.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Baca Juga : Cara Menulis Jurnal Internasional

Cara Mudah Submit Jurnal Internasional

Cara Mudah Submit Jurnal Internasional

Nah langsung saja tanpa basa-basi pada bagian ini, kami akan memberi kamu dua cara mudah submit jurnal internasional dan nasional. Silahkan simak pembahasan berikut ini :

1. Cara Submit Jurnal Internasional

Menerbitkan jurnal atau artikel ilmiah di jurnal internasional merupakan kewajiban bagi dosen untuk meningkatkan SKS. Ini bisa menjadi tantangan bagi instruktur, terutama instruktur pemula.

Selain mahalnya biaya submit ke jurnal internasional, proses dari submit hingga acceptance memang membutuhkan kesabaran dan proses yang benar sejak awal. Pada bagian ini kita akan membahas bagaimana pemula dapat mengirimkan ke jurnal internasional:

A. Pastikan Anda memiliki draf jurnal

Satu hal yang tidak boleh Anda lewatkan dalam proses submit ke jurnal internasional adalah pastikan Anda memiliki manuskrip (draft) terlebih dahulu.

Artikel ilmiah berdasarkan hasil penelitian umumnya lebih mudah diakses oleh jurnal internasional.

Pastikan naskah Anda dapat dibaca dan layak referensi. Penting untuk mendapatkan sumber (referensi) dari buku dan jurnal bereputasi.

B. Terjemahkan artikel Anda di layanan terjemahan jurnal profesional

Langkah kedua cara submit jurnal internasional adalah menerjemahkan jurnal tersebut ke dinas yang mumpuni.

Mintalah penerjemah yang andal dan berpengalaman menerjemahkan manuskrip jurnal internasional Anda. Karena hal pertama yang dilihat pengulas adalah bahasa.

Jasa terjemahan jurnal profesional tidak murah karena tidak ada yang bisa melakukannya, bahkan jika seseorang sangat fasih berbahasa Inggris.

Ini karena penerjemah harus terbiasa dengan terminologi akademik dan gaya penulisan. Peran penerjemah di sini sangat penting, karena penerjemah tidak hanya menerjemahkan, tetapi juga perlu “menulis ulang”, dan harus menggunakan bahasa Inggris yang diakui (tidak hanya bahasa Indonesia, yaitu bahasa Inggris).

Baca Juga : Cara Mengetahui Jurnal Internasional Bereputasi

C. Temukan jurnal yang tepat untuk naskah Anda

Dalam cara mudah submit jurnal Internasional, penting bagi Anda untuk mencari jurnal yang terindeks dan tidak tertipu oleh jurnal predator (jurnal penipuan palsu).

Beberapa mesin pencari yang sesuai atau indeks jurnal tervalidasi seperti Scopus, Thomson reuters, Science direct, Elsevier dan Proquest.

Cari tahu jurnal mana yang tepat untuk naskah Anda.

IF merupakan faktor yang mempengaruhi. Semakin tinggi IF, semakin tinggi nilai jurnal dan semakin ketat seleksinya. Coba kirimkan ke jurnal dengan IF tinggi. Jika ditolak, cari jurnal dengan IF kecil, dan seterusnya.

D. Download beberapa contoh jurnal yang akan anda masukkan

Anda harus dapat memastikan bahwa format naskah Anda konsisten dengan jurnal internasional. Perhatikan format publikasi, tabel, gambar, gambar, dll.

Semakin baik format penulisan jurnal Anda, semakin besar peluang Anda untuk diterbitkan di jurnal tersebut.

Baca Juga : Manfaat Penulisan Karya Ilmiah

E. Kirimkan naskah jurnal Anda

Sebagian besar jurnal besar sudah memiliki sistem pengiriman yang terintegrasi dengan situs web mereka. Namun, beberapa jurnal masih mengirimkan naskah melalui sistem email.

Selama Anda mengirimkan ke jurnal internasional di jurnal terindeks, semuanya aman. Dalam 2-3 bulan, Anda akan diberi tahu.

Jika naskah Anda diterima, Anda akan menerima instruksi lebih lanjut tentang proses review, pembayaran, dan publikasi.

Jika artikel Anda ditolak, Anda dapat memilih jurnal lain dengan IF lebih rendah dan mengikuti prosedur yang sama.

Cara Mudah Submit Jurnal Internasional

F. Menunggu proses review

Jika diterima, artikel Anda akan ditinjau oleh reviewer. Peninjau akan menilai bahasa, konten, kutipan, referensi, dll. Proses peninjauannya sangat panjang dan mengharuskan penulis untuk menunggu dengan sabar, yang mungkin memakan waktu 3-8 bulan.

Baca Juga : Syarat Jurnal Internasional

G.Revisi

Reviewer akan memberikan komentar tentang apa yang perlu direvisi. Hampir 90% dari koreksi bahasa yang diterima penulis pemula adalah “menyarankan untuk bertanya kepada ahli tentang bahasa Anda”.

H.Pembayaran

Terakhir untuk cara mudah submit jurnal internasional adalah melakukan pembayaran. Mengirimkan ke jurnal internasional benar-benar dapat menguras dompet Anda, karena publikasi yang bagus berkisar antara $30 hingga $5.000.

Untuk jurnal open access yang dapat diunduh oleh siapa saja, biaya publikasi akan lebih mahal (karena naskah Anda akan disitasi oleh banyak orang).

Atau Anda dapat memilih untuk murah atau bahkan gratis, tetapi orang lain harus membayar untuk membaca dan merujuk artikel Anda. Setelah pembayaran, artikel Anda akan diterbitkan di volume berikutnya.

2. Cara Submit Jurnal Nasional

Cara mudah submit jurnal internasional melalui OJS, prosesnya dilakukan secara online, baik submit maupun publikasi.

Semua penerbitan dilakukan melalui Web Scientific Journal (OJS) dengan bantuan browser.

Nah berikut ini adalah 5 langkah yang perlu Anda ketahui tentang cara submit ke jurnal nasional menggunakan OJS. Tahapannya adalah sebagai berikut:

A.Tahap pertama

Mulailah mengirimkan/mengetik naskah Anda di Jaringan OJS.

B.Langkah kedua

Unggah jurnal atau manuskrip untuk diterbitkan.

C. Tahap ketiga

Isikan metadata naskah jurnal, dan cek data lengkap seperti nama penulis dan nama institusi.

Perhatikan judul dan abstrak/isi, serta metadata manuskrip jurnal.

Tambahkan juga kata kunci yang sesuai dengan judul naskah, tambahkan bibliografi sebagai referensi jurnal yang Anda tulis.

Baca Juga : Cara Mengecek Akun Sinta

D. Tahap keempat

Unggah atau kirim file tambahan, seperti data penelitian, gambar, atau tabel, jika diperlukan. Klik tombol Unggah untuk mengunggah file.

E. Tahap kelima

Tahap kelima cara submit ke jurnal internasional adalah sebagai berikut. Ringkasan semua file yang diunggah kemudian akan muncul. Kemudian klik tombol Selesai Kirim.

Setelah menjalankan metode ini, Anda dapat memeriksa status naskah Anda dengan mengklik tombol Kirim Aktif.

Perlu Anda ketahui bahwa metode ini dapat digunakan untuk semua jurnal ilmiah yang menggunakan layanan jurnal berbasis OJS (Open Journal System).

Syarat Submit Jurnal Internasional

Setelah mengetahui cara mudah submit Jurnal internasional, kamu juga harus mengetahui syarat submit jurnal internasional ini. Jurnal yang memenuhi kriteria atau syarat sebagai berikut:

A. Karya ilmiah yang dipublikasikan ditulis sesuai dengan kaidah ilmiah dan etika ilmiah

B.memiliki ISSN

C. Ditulis dalam bahasa resmi Perserikatan Bangsa-Bangsa (Arab, Inggris, Prancis, Rusia, Spanyol, dan Cina)

D. Ada publikasi online

E) Dewan redaksi adalah para ahli di bidangnya dari setidaknya empat (4) negara

F. Artikel ilmiah diterbitkan dalam 1 (satu) edisi oleh penulis paling sedikit dari 2 (dua) negara

Kesimpulan

Nah cukup sekian sedikit pembahasan dari kami terkait cara mudah submit jurnal internasional, semoga bisa menambah wawasan teman-teman semua. Terimakasih.

error: Content is protected !!