Cara Menganalisis Jurnal

Cara Menganalisis Jurnal

Kamu ingin mengetahui cara menganalisis jurnal itu seperti apa? Tenang karena kami akan memberikan tips menganalisis jurnal dengan singkat dan jelas.

Jurnal ilmiah atau karya tulis ilmiah (KTI) ini merupakan gabungan dari tiga suku kata. Suku kata pertama yaitu karya berarti sebagai hasil dari sebuah usaha, upaya atau perbuatan. Suku kata kedua yaitu tulis atau menulis berate semua kegiatan yang berkaitan dengan hurup, angka, pena, dan media-media tulis yang lain.

Dan suku kata yang terakhir adalah Ilmiah. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), kata ilmiah memiliki arti bersipat ilmu, secara illmu pengetahuan, atau memenuhi syarat keilmuan. Jika kita simpulkan secara menyeluruh, karya tulis ilmiah merupakan sebuah karya yang ditulis menggunakan kaidah keilmuan dan berisi permasalahan yang bersifat objektif dan factual.

Jika kamu memiliki keinginan untuk membuat karya tulis ilmiah, wajib kamu perhatikan dalam penulisannya, yaitu menggunakan kata yang tidak ambigu, atau memiliki makna ganda. Disarankan untuk menggunakan bahasa yang lugas, eksplisit dan menggunakan variasi istilah ilmiah tentunya yang sesuai kaidah kebahasaan.

Sebelum kita ke pembahasan utama yaitu cara menganalisi jurnal kita wajib mengetahui terlebih dahulu apa itu KTI supaya bisa lebih memahami ke materi selanjutnya.

Jurnal ilmiah atau karya tulis ilmiah ini juga bisa kita sebutkan sebagai hasil dari sebuah penelitian, pengembangan, kajian, atau pemikiran dari perseorangann atau kelompok yang disajikan dalam bentuk tulisan dan telah disusun berdasarkan kaidah ilmiah.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Baca Juga : Cara Mentranslate Jurnal Internasional

Pengertian Cara menganalisis jurnal

Cara Menganalisis Jurnal

Sebelum ke materi utama kita pelajari dulu apa itu cara menganalisis jurnal, pengertian dari menganalisis jurnal merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan untuk memperhatikan pokok utama dari penelitian yang telah dilakukan dan dipublikasikan oleh sumber daya ilmiah, dan kemudian memadukannya dengan gagasan dari penganalisis. Dalam menganalisis jurnal, kita akan memberikan pernyataan singkat atau deskriptif dari jurnal yang di analisis.

Tentunya dengan cara ini, orang yang membaca analisis bisa memahami arti dari keseluruhan isi pembahasan jurnal tanpa harus membaca keseluruhan isi jurnal tersebut. Ini adalah metode terbaik untuk menganalisis artikel jurnal agar pembaca bisa memahami lebih jelas, lebih efektif, dan bermanfaat. Makasud dari kata analisis jurnal ini mengacu pada proses pemecahan topik dari penelitian atau materinya yang kompleks dari penelitian kemudian di pecah menjadi bagian-bagian yang lebih kecil supaya lebih memahami hasil penelitian yang telah dikemukakan tersebut.

Untuk teknik analisis jurnal ini telah ada dan sudah digunakan dalam penelitian pada masa aritoteles sekitar 384-322 SM. Meskipun analisis jurnal sebagai format perkembangan yang relatif baru dalam karya ilmiah dalam jurnal internasional maupun jurnal nasional.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Cara Menganalisis Jurnal

Oke kita langsung saja ke pembahasan utama yaitu cara menganalisis jurnal. seperti apa pembahasannya, silahkan simak berikut ini.

1. Pastikan Standar Kualitas Jurnal

Cara Menganalisis Jurnal

Perlu kamu ketahui bahwa kebanyakan jurnal sangat terspesialisasi, seperti jurnal politik, jurnal ekonomi, jurnal hukum, dan terkahir jurnal kewirausahaan. Meskipun banyak jurnal yang telah diterbitkan dari berbagai bidang ilmiah, tetap saja apabila jurnal tersebut tidak mengandung artikel peer-review, maka jurnal tersebut tidak memenuhi stkamu ilmiah. Oleh karena itu sebelum mereview dan menganalisi jurnal pastikan jurnal tersebur sudah memenuhi stkamu ilmiah terlebih dahulu.

2. Berikan Informasi Rinci

Cara menganalisis jurnal selanjutnya memberikan informasi rinci merupakan bagian penting dari keseluruhan jenis metode penelitian ilmiah. Mengapa demikian? karena ketika mendeskripsikan sebuah percobaan atau perhitungan, informasi yang cukup rinci harus sudah disediakan sehingga peneliti bebas mengulangi percobaan atau perhitungan tersebut supaya dapat memverifikasi hasilnya. Maksudnya seperti menuliskan kekuatan dan kelemahan serta mencatat temuannya dalam sebuah buku penilaian.

3. Pastikan Ilmiah

Cara Menganalisis Jurnal

Cara menganalisis jurnal yang terakhir adalah memasikan keilmiahannya. Yaitu untuk analisis setiap artikel jurnal, harap perhatikan bahwa metode bahasa yang digunakan sudah memenuhi stkamur bahasa yang telah ditetapkan. Misalnya untuk jurnal nasional yaitu menggunakan bahasa Indonesia, menurut kamus besar bahasa indonesia, sebab catatan artikel kita adalah bagian dari catatan ilmiah yang permanen.

Nah tadi adalah cara menganalisis jurnal yang perlu kamu ketahui. Oke teman-teman selanjutnya kita akan melihat contoh menganalisis jurnal dan cara penerapannya.

Contoh Menganalisis Jurnal Dan Penerapannya

Setelah kita membahas terkait cara menganalisis jurnal, selanjutnya kita akan membahas terkait contoh menganalisis jurnal dan penerapannya

Berikut adalah contoh penerapan menganalisis jurnal :

  1. SIlahkan kamu baca ringkasannya terlebih dahulu. Abstrak merupakan salah satu elemen dari jurnal yang berbentuk paragraf pendek dan biasanya berada di awal jurnal. Keuntungan dari abstrak adalah Kamu dapat memahami sebagian kecil maksud dari jurnal. Secara umum, abstrak dideskripsikan kurang lebih 200 kata saja.
  2. Selanjutnya adalah dalam latar belakang penelitian. Pada tahap ini, kamu akan mencoba mengaktifkan penganalisis untuk memahami dengan cermat dan akurat tentang subjek yang telah dikemukakan. Salah satu contohnya adalah mengetahui mengapa penelitian tersebut dilakukan dan apakah penelitian itu didasarkan pada tema integrasi penunjukan pada penelitian lainnya.
  3. Untuk yang ketiga yaitu menarik kesimpulan secara langsung. Dengan cara ini , kamu tentunya bisa menghemat waktu untuk memahami abstrak dari keseluruhan pembahasan dalam kajian (jurnal).
  4. Contoh Menganalisis Jurnal Dan Penerapannya selanjutnya menemukan poin atau posisi utama dari sebuah artikel. Dengan memahami makna dari argumen utama. kamu akan dapat lebih memahami dan lebih menguasai isi pembahasan jurnal tersebut. Tentu saja dengan memahami poin penting akan membuat kamu tidak perlu mengulangnya lagi intinya mempersingkatn waktu. Meskipun begitu, tidak ada salahnya membaca ulang catatan pada buku harian, agar jurnal yang kamu analisis bisa lebih dalam dan tentu saja dapat lebih efektif.
  5. Meninjau ulang argumen. Setelah kamu menyelesaikan tips di atas, harap membaca faktor-faktor penting yang ada pada jurnal, kemudian tinjau kembali terkait poin-poin penting yang sudah dicatat peneliti.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

kesimpulan

Nah mungkin cukup sekian pembahasan dari kami mengenai cara menganalisis jurnal dan cara penerepannya, semoga artikel kami membantu teman-teman semua dan semoga menambah wawasan kita semua. Terimakasih.

error: Content is protected !!