Cara Mencari Jurnal Internasional di Google Scholar

Kami akan membagikan informasi terkait cara mencari jurnal internasional di Google Scholar atau mencari jurnal internasional menggunakan website lainnya.

Bagi yang sedang menulis tugas akhir seperti, karya ilmiah, atau penelitian lainnya, diperlukan referensi yang valid atau terpercaya untuk memperkuat argumentasi dalam penelitian.

Referensi ini bisa berupa makalah, buku, disertasi, jurnal, dll.

Jurnal ilmiah sering digunakan untuk mencari referensi karena prosesnya yang disederhanakan dan topik yang lebih beragam dan juga terkini.

Akan tetapi, terkadang masiih ada topik yang tidak tercakup oleh jurnal nasional.

Dan jika topik yang kamu butuhkan tidak kamu temukan di jurnal nasional, jurnal internasional bisa untuk mengatasinya.

Nah jadi situs apa saja yang bisa kita gunakan untuk mencari jurnal internasional ini?

Berikut ini adalah 8 rekomendasi website jurnal internasional yang bisa kamu gunakan sebagai sumber referensi untuk mencari jurnal inernasional.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Baca Juga Tingkatan Jurnal Internasional

8 Cara Mencari Jurnal Internasional Gratis di Google Scholar

Mencari jurnal internasional saat ini tidak sesulit dulu. Dengan hadirnya kemajuan teknologi internet, saat ini banyak jurnal inetrnasional online yang bertebaran di dunia maya.

Dari jurnal nasional sampai jurnal internasional. Jurnal internasional merupakan rekomendasi referensi yang sangat akurat untuk melakukan penelitian atau makalah ilmiah kamu.

Akan tetapi masih banyak orang yang masih bingung bagaimana cara mencari jurnal internasional. Beriku adalah beberapa situs untuk menemukan jurnal internasional.

1. Google Scholar

Cara mencari jurnal internasional di Google Scholar, nah perlu kamu ketahui  informasi lengkap terkait google scholar. Berikut adalah fungsi dari google scholar:

  • Menyediakan literatur dari berbagai bidang ilmu
  • Memudahkan pengguna untuk mendapatkan referensi
  • Berikan dokumen atau artikel teks lengkap
  • Bisa mengikuti perkembangan terbaru atau isu-isu penelitian
  • Dapat digunakan untuk memeriksa karya yang dikutip. Lihat dokumen atau artikel teks lengkap

Seperti yang penulis jelaskan, fitur atau fungsi dari Google Scholar memungkinkan kamu untuk mencari jurnal internasional melalui platform tersebut.

Berikut adalah cara mencari jurnal internasional melalui Google Scholar:

  1. Silahkan kunjungi situs Scholar di scholar.google.com
  2. Tampilan pencarian akan muncul pada layar awal, seperti halnya pada Google Search
  3. Silahkan kamu masukan kata kunci yang ingin kamu cari. Misalnya, kamu tengah mencari jurnal “Perawatan Covid-19 pada Anak”. Kamu bisa masukkan kata tersebut sebagai kata kunci pada kolom pencarian sebelumnya
  4. Selanjutnya, Google Scholar akan menampilkan beberapa jurnal yang relavan dengan topik tersebut.
  5. Buka hasil pencarian dan pastikan referensi yang ingin kamu gunakan untuk memenuhi persyaratan jurnal internasional diatas, sehingga bisa dikatakan terpercaya dalam memberikan informasi berkualitas
  6. Klik langsung pada hasil pencarian atau klik kanan pada file PDF kemudian pilih “Unduh”.
  7. Terakhir pada sisi kiri halaman yang sama, Kamu bisa mempersempit pencarian untuk apa yang kamu cari.

Hasil pencarian juga bisa di filter dari waktu penerbitan jurnal.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Cara Mencari Jurnal Internasional di Google Scholar

Sebenarnya ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan jurnal atau artikel terbaru dan relevan.

  • Jika kamu ingin mencari artikel ilmiah yang lebih baru, silahkan pilih opsi di sebelah kiri layar Sejak Tahun.
  • Nah untuk melihat dan mengurutkan lembar baru berdasarkan relevansi, kemudian klik urutkan menurut Tanggal.
  • Terakhir silahkan Klik ikon amplop untuk mendapatkan hasil baru secara teratur untuk dikirim melalui email.

2. ScienceDirect

Tidak hanya jurnal internasional, ScienceDirect juga menawarkan artikel ilmiah dan buku. Ini termasuk berbayar dan gratis.

Cukup cari pada bagian “Akses Terbuka”. Cukup kamu masukkan kata kunci yang ingin kamu cari dan judul jurnal serta abstrak akan muncul di kolom yang tersedia.

3. Research Gate

Situs ini merupakan tempat berkumpulnya komunitas peneliti online.

Peneliti juga bisa mengunduh jurnal atau memesan jurnal secara cuma-cuma atau gratis.

Daftar menggunakan email institusi atau kampus kamu. Dan kamu juga bisa mendatangi kampus masing-masing untuk menanyakan alamat email pribadi dari tiap-tiap mahasiswa.

4. Cambridge Core

Jurnal Cambridge juga menawarkan fitur-fitur terkini yang memudahkan par pengguna untuk memilih jenis jurnal yang ingin mereka gunakan.

Cambridge Core juga menawarkan buku-buku yang bisa kamu baca secara gratis kapan pun dan dimana pun.

Cambridge Core ini juga terbuka untuk semua orang, termasuk jurnal internasional.

5. Cara Mencari Jurnal Internasional Pada Website DOAJ

Perbedaan DOAJ Dengan Scopus

Website selanjutnya untuk mencari jurnal internasional gratis adalah DOAJ. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat kamu lakukan:

  • Silahkan kamu buka situs web DOAJ, bidang https://doaj.org
  • Kemudian masukkan kata kunci yang relavan dengan jurnal yang kamu cari pada pencarian (kamu bisa membatalkan pilihan “artikel” jika hanya “jurnal” yang diperlukan untuk hasil yang muncul)
  • Silahkan klik tombol pencarian di sebelahnya kemudian tunggu hasil pencarian
  • Silahkan klik untuk melihat detail jurnal yang ada satu per satu
  • Pilih jurnal dan kamu bisa melihat daftar beberapa jurnal beserta judulnya masing-masing. Kamu bisa memilih untuk melihat “Ringkasan” dan “Teks Lengkap”.

6. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan Pendidikan

Tidak hanya cara mencari jurnal internasional di google scholar, kita juga bisa mencari jurnal internasional di LIPI. Nah LIPI adalah lembaga pemerintah non kementerian, tetapi koordinatornya merupakan Kementerian Riset dan Teknologi.

Kamu juga bisa mendownload hampir seluruh jurnal berbahasa Indonesia secara gratis di situs ini. Jadi tunggu apa lagi? Yuk kunjungin LIPI sekarang juga.

7. Perpustakaan Nasional (Perpusnas)

Website selanjutnya yaitu perpunas. Website ini bisa kamu gunakan jika kamu menjadi keanggotaan penuh yang bisa digunakan di perpustakaan nasional. Dan setelah mendapatkan nomor yang valid, kamu bisa menikmati semua layanan digital Perpustakaan Nasional.

Misalnya seperti dberlangganan berbagai jenis jurnal, salah satunya adalah jurnal internasional terakreditasi dan berkualitas.

Perpunas juga memiliki fitur perpustakaan digital. Jadi disini kamu bisa mendownload file soft file jurnal secara gratis.

8. Oxford Journal

Cara mencari jurnal internasional di google scholar selanjutnya adalah dengan menggunakan situs Oxford Journal. Akses ke Situs Afiliasi Kampus Universitas Oxford ini gratis.

Mereka juga menyediakan Jurnal internasional yang sangat lengkap, termasuk fisika, biologi, dan masih banyak lagi.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Keunggulan Google Scholar untuk Mencari Jurnal Internasional

Cara Publikasi Jurnal Internasional

Oke teman-teman setelah mengetahui cara mencari jurnal internasional di google scholar, kamu juga perlu mengetahui keunggulan dari google scholar untuk mencari jurnal internasional. Nah penasaran seperti apa pembahasannya? Yuk simak selengkapnya dibawah ini.

1. Lebih Selektif

Mesin pencari konvensional lain biasanya hanya menyediakan semua artikel dan juga jurnal berdasarkan relevansinya dengan kata kunci yang kamu masukkan sebelumnya.

Semua artikel yang relevan akan otomatis muncul pada hasil pencarian dari berbagai sumber, termasuk blog pribadi juga.

Pada saat yang sama juga, Google Scholar ini bisa menampilkan hasil pencarian secara lebih selektif dan juga lebih relevan. Hanya saja dokumen nilai pendidikan ini berasal dari sumber terpercaya.

Baca Juga : Cara Upload Jurnal Di Sinta

Misalnya seperti Jurnal Universitas, Pubmed, Buku, DOAJ, Scopus dan jurnal internasional lainnya.

Intinya meskipun memiliki sistem kerja yang hampir sama dengan google search. Akan tetapi Google Scholar bisa lebih baik dalam memilih jurnal, Karena pada saat kamu mencari jurnal internasional di google scholar maka yang muncul adalah jurnal-jurnal berkualitas dan layak dijadikan referensi tentunya.

2. Mempermudah Pencarian Artikel Sejenis

DI goole scholar juga memiliki fitur sitasi atau rekomendasi di Google Scholar dimana disini terdapat daftar artikel yang telah disitasi sebelumnya. Secara keseluruhan, mereka juga memiliki kesamaan dalam tema yang dipelajari.

Ini tentunya memudahkan pencarian jurnal internasional di Google Scholar.

3. Mengindeks Seluruh Artikel dan Jurnal

Google Scholar juga mencari semua dokumen nilai pendidikan, mencakup seluruh bidang keilmuan, tentu saja ini sangat berbeda dengan situs lain misalnya seperti Pubmed yang khusus untuk mencari jurnal bidang kedokteran dan kesehatan.

Kesimpulan

Nah mungkin hanya itu yang bisa kami sampaikan terkait cara mencari jurnal internasional di google scholar, semoga bermanfaat dan terimakasih.


Apa Itu Google Scholar / Cendekia?

Google Scholar adalah mesin pencari khusus yang dikembangkan oleh Google untuk mencari literatur ilmiah, seperti jurnal, artikel, tesis, buku, dan makalah akademis dari berbagai disiplin ilmu.

Apa Pengertian Literatur Ilmiah?

Literatur ilmiah merujuk kepada kumpulan karya tulis yang berfokus pada penelitian dan pembahasan ilmiah dalam berbagai bidang studi, seperti ilmu pengetahuan, teknologi, kedokteran, sains sosial, dan humaniora.

error: Content is protected !!