Cara Indeks DOAJ

Bagi kamu yang ingin mengetahui bagaimana cara indeks doaj, kamu bisa simak artikel ini. Baca sampai habis ya!

Directory of Open Access Journals (DOAJ) merupakan sebuah situs web ilmiah yang mencantumkan direktori jurnal akses terbuka dari seluruh dunia. DOAJ pertama kali diluncurkan. Pada tahun 2003, pengelolaan kampus Lund di Swedia diambil alih sejak Januari 2013 oleh Infrastructure Services for Open Access (IS4OA).

DOAJ bertujuan menjadi titik awal untuk menyediakan layanan referensi akses terbuka dan materi ilmiah. Peningkatan visibilitas dan aksesibilitas jurnal ilmiah terbuka diharapkan dapat meningkatkan penggunaan dan efektivitas kekuatan jurnal ilmiah tersebut.

Saat ini, terdapat lebih dari 9.000 jurnal terbuka terdaftar dari 130 negara, dengan lebih dari 2,2 juta artikel ilmiah. Dari seluruh karya ilmiah, lebih dari 41.000 karya ilmiah berasal dari Indonesia.

Seperti yang sudah kita ketahui, DOAJ adalah salah satu indexin jurnal yang namanya telah terkenal hingga ke penjuru dunia. Di DOAJ juga sudah banyak jurnal-jurnal berkulitas yang berhasil terindeks.

Jadi oleh karena itu saat ini DOAJ menjadi primadona bagi para akademisi seperti pengelola jurnal. Tentu saja alasannya agar jurnal mereka bisa dikenal oleh dunia.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Baca Juga : Cara Daftar Sinta

Cara Indeks DOAJ Agar Cepat Di Terima

Cara Indeks DOAJ

Tanpa basa-basi langsung saja kami akan memberikan beberapa cara indeks doaj agar jurnal yang kamu kelola bisa cepat diterima.

Yuk simak pembahasan selengkapnya dibawah ini!

1. Persiapan

Dalam cara indeks DOAJ, kamu perlu mempersiapkan terlebih dahulu integritas website jurnal yang kamu kelola untuk memenuhi standar DOAJ.

Dengan ini, kita dapat memudahkan pengelola jurnal untuk mengirimkan formulir pendaftaran.

Di sini kita dapat mengatur menggunakan akun Manajer Jurnal OJS dengan menambahkan blok ke plugin pengelola blog khusus / plugin custom blog manager.

Jadi, di sini kami akan memberi kamu kode HTML untuk blog kustom kamu dan halaman statis yang dapat kamu gunakan.

Langkah-Langkah Menambahkan Block :

  • Pertama tama, silahkan kamu masuk sebagai Journal Manager
  • Kemudian, klik Setting Website
  • Dan terakhir klik Plugins dan lalu Custom Blog Manager

Langkah-Langkah Menambahkan Static Page :

  • Langkah pertama, silahkan kamu masuk ke Journal Manager
  • Lalu pilih Setting Website
  • Kemudian klik Static Page

Baca Juga : Manfaat Penulisan Karya Ilmiah

Berikut Cara Indeks DOAJ :  

  • Pertama-tama, silahkan klik Register / Daftar
  • Kemudian, lengkapi formulir yang tersedia
  • Disii silahkan kamu input email konfirmasi (email ini berguna untuk berkomunikasi antara Pengelola Jurnal & Reviewer DOAJ)
  • Langkah terakhir, silahkan Klik Save / Simpan

Nah, apabila sudah selesai, kamu hanya perlu menunggu review dari pihak DOAJ. Maksimal 6 bulan.

Di sini, kamu akan diberikan beberapa masukan akan pergantian atau perbaikan akan komponen-komponen pada OJS jurnalmu dalam waktu yang telah ditentukan. (1 Hari, 1 Minggu, 1 Bulan & Tanpa Deadline)

Jika masih kebingungan, dibawah ini kami akan memberikan conroh cara pengisian formulir DOAJ:

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Berikut 5 keuntungan jika jurnal terindeks oleh DOAJ.

Tentu saja setelah mengetahui bagaiman cara indeks doaj, kamu juga harus mengetahui keuntungan atau manfaat yang didapat jika memiliki jurnal terindeks doaj. Untuk pembahasan selengkapnya kamu bisa simak dibawah ini!

1. Meningkatkan Nilai Akreditasi Jurnal Ilmiah

Cara Indeks DOAJ

Jurnal terindeks DOAJ bisa kita katakan memenuhi standar tata kelola jurnal ilmiah, sehingga jurnal terindeks DOAJ memiliki nilai tambah di hadapan reviewer jurnal.

2. Mendapatkan skor kredit hingga 20 kum.

Jurnal yang terindeks DOAJ dapat berdampak positif terhadap penilaian skor kredit dosen untuk promosi akademik. Artikel ilmiah yang diterbitkan pada jurnal terindeks DOAJ mendapat SKS maksimal 20 (lihat PO PAK Dosen Ristekdikti 2019). Coba hitung berapa kredit yang akan kita dapatkan jika kita bisa menerbitkan 4 artikel di jurnal terindeks DOAJ dalam satu tahun. Pasti cepat dipromosikan.

3. Meningkatkan Jumlah Kunjungan Ke Website Jurnal

Cara Indeks DOAJ

Laporan dari laman duaj.org menunjukkan bahwa DOAJ memuat database artikel jurnal. DOAJ dapat diakses dari seluruh pelosok tanah air. Dapat diakses publik oleh siapa saja. Ketika pencari informasi menggunakan DOAJ untuk menemukan artikel yang sesuai dengan penelitian yang diteliti, mereka cukup memasukkan variabel yang diperlukan dan DOAJ menampilkan judul artikel, file PDF, dan informasi jurnal. Ketika Anda mengklik jurnal, maka secara otomatis akan masuk ke situs web jurnal, sehingga Anda dapat meningkatkan lalu lintas ke situs web jurnal.

4. Membantu Penerbit Dalam Mengelola Jurnalnya Dengan Sebaik-Baiknya Dan Menjadikannya Lebih Menarik (Doaj.Org)

Kita tahu bahwa DOAJ berisi kumpulan jurnal yang memenuhi kriteria kelayakan yang ketat. Jurnal yang tidak memenuhi syarat akan dikenakan sanksi yang mengakibatkan penghentian indeks. Penerbit dan pengelola jurnal harus memperhatikan hal ini. Jika kita melihat jurnal terindeks DOAJ, kreativitas pengelolaan jurnal semakin meningkat. Melihat best practice dalam pengelolaan jurnal lain sangat bermanfaat bagi kemajuan jurnal yang kami kelola.

5. Pencarian Referensi Yang Disederhanakan

Cara Membuat Jurnal Internasional Scopus

DOAJ dapat dioptimalkan bagi para pencari informasi terkait referensi seperti peneliti, pengajar, dan mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir. Referensi terbaru yang relevan dengan penelitian disajikan secara real time di DOAJ. Sangat mudah bagi peselancar DOAJ untuk menemukan referensi yang mereka cari.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Kesimpulan

Nah mungkin hanya itu yang bisa kami sampaikan terkait cara indeks doaj dan manfaatnya, semoga bisa bermanfaat dan terimakasih.

error: Content is protected !!