Cara Download Jurnal Di Scopus

Cara Download Jurnal Di Scopus

Pada pembahasan kali ini kita akan memberikan informasi mengenai cara download jurnal di scopus dengan cepat tentunya. Ingin tahu tipsnya seperti apa? silahkan simak pembahasannya berikut ini.

Nah mungkin jika kalian seorang mahasiswa sering mencari referensi di internet, e-book, dan lain-lain. Salah satunya yang sering digunakan adalah jurnal. jurnal ini menurut KBBI merupakan  majalah khusus yang menerbitkan artikel dalam bidang ilmu tertentu.

Seperti yang telah di sampaikan sebelumnya bahwa jurnal adalah majalah khusus . Dapat kita sebutkan bahwa jurnal memuat artikel-artikel dan diterbitkan secara berkala. Sebuah artikel penelitian akan diterbitkan dari jurnal tertentu melalui beberapa proses dan review oleh reviewer, untuk memastikan jurnal tersebut layak di publikasikan.

Oke sebelum ke inti dari pembahasan utama yaitu cara download jurnal scopus kita kenali terlebih dahulu apa itu scopus.

Bagi Para Author Yang Ingin Terbit Jurnal Scopus, Bisa Langsung Konsultasi dengan Klik Whatsapp Dibawah!!!

Apa Itu Scopus?

Cara Download Jurnal Di Scopus

Sebelum kita masuk kedalam pembahasan Cara Download Jurnal Di Scopus, ada baiknya jika kita ketahui terlebih dahulu apa itu scopus?

Mengenai jurnal akademik, biasanya para penulis jurna atau dosen biasanya mengejar jurnal atau prosiding yang terindeks di Scopus. tetapi, masih banyak orang yang belum mengetahui apa scopus itu.

Pernakah kamu mendengar kata scopus? Mungkin bagi para mahasiswa, dosen dan peneliti sudah tidak asing dengan scopus. Scopus merupakan penyedia database atau sebuah pusat data jurnal yang berada dalam naungan Elsevier, Elsevier adalah organisasi penerbit jurnal ilmiah internasional yang berlokasi di Amsterdam, Belanda, dan telah berdiri sejak tahun 1880.

Artinya Scopus adalah salah satu database (pusat data) sitasi atau literatur ilmiah yang dimiliki oleh penerbit terpopoler di dunia, yaitu Elsevier. Scopus mulai di perkenalkan kepada seluruh dunia pada tahun 2004. Scopus bersaing ketat dengan website terkenal lainnya bernama Web of Science (WOS) yang diterbitkan oleh Thomson Reuters. database ini juga merupakan pusat data terbesar di dunia.

Meski Web Of Science lebih dulu terbit dibanding dengan Scopus, tetapi kenyataannya Scopus lebih banyak diminati oleh masyarakat dunia dan menyediakan lebih banyak jurnal setidaknya kurang lebih 20% lebih banyak jika dibandingkan dengan WOS. Selain Scopus, ada juga database lain yang memiliki banyak data yang bernama Sciencedirect. Sciencedirect ini diketahui juga diterbitkan oleh perusahaan yang sama yaitu Elsevier.

Untuk kedua database dari Elsevier ini, sama-sama berfokus pada 4 bidang ilmiah. Diantaranya adalah, ilmu kesehatan, ilmu hayati, sains teknik dan fisik, dan ilmu sosial humaniora.

Meskipun demikian, Scopus tetap memiliki cakupan jurnal yang lebih besar dan populer jika dibandingkan dengan Sciencedirect. Karena Sciencedirect hanya berisi data terkait artikel dalam jurnal-jurnal terbitan Elsevier. Berbeda dengan scopus, selain menampilkan karya tulis ilmiah, Scopus juga menyajikan data hak paten dari berbagai penelitian yang ada di seluruh dunia.

Selain itu, Scopus juga memiliki sistem penilaian suatu jurnal. system tersebut yang menentukan apakah jurnal berdampak signifikan atau tidak. Tingkat pengaruh suatu jurnal tersebut dinamakan Simago Journal Rank (SJR). SJR berfungsi untuk mengukur sejauh mana dampak saintifik rata-rata artikel dalam karya tulis lmiah dan jurnal ilmiah.

Cara pengukuran tingkat dampak pada SJR terbilang ketat karena memiliki prinsip yang sama dengan perhitungan Impact Factor (IF) yang dikeluarkan oleh Thomson Reuters. IF atau Imfact Factor merupakan rata-rata artikel dalam suatu jurnal, disitasi pada periode 2 tahun. Karena banyaknya keuntungan sudah terkenal di dunia. jadi tidak heran jika banyak penulis yang berlomba-lomba agar jurnalnya bisa terindeks oleh scopus.

Bagi Para Author Yang Ingin Terbit Jurnal Scopus, Bisa Langsung Konsultasi dengan Klik Whatsapp Dibawah!!!

Baca Juga : Cara Membuat Jurnal Scopus

Cara download jurnal di scopus

Oke langsung saja kedalam pembahasan utama yaitu Cara download jurnal di scopus.

Berikut adalah langkah-langkahnya :

  • Pertama silahkan, kunjungi website penyedia database jurnal internasional missal web sciencedirect.com
  • Kemudian, masukkan nama jurnal yang kamu inginkan di kolom pencarian yang telah disediakan
  • Setelah itu, kamu klik tautan Beli PDF
  • Dan salin tautan DOI (https://doi.org/10.1016/j.system.2020.102431)
  • Silahkan kamu kunjungi website https://sci-hub.se/
  • Paste link DOI yang tadi sudah kamu copy kemudian paste di kolom yang tersedia
  • Klik untuk membuka
  • Di sini, jurnal akan secara otomatis diunduh dan disimpan di perangkat kamu

Nah pada pembahasan tadi kamu mungkin bertanya-tanya, kenapa dalam mengunduh jurnal bisa menggunakan Sci-hub?

Kamu harus tau bahwa Sci-hub ini adalah mesin pencari berbasis online yang telah memiliki lebih dari 80 juta artikel ilmiah yang bisa kamu unduh tanpa ada blokir dari penerbit. Setiap harinya banyak jurnal yang diterbitkan dan dapat kamu akses melalui server lembaga pendidikan.

Bagi Para Author Yang Ingin Terbit Jurnal Scopus, Bisa Langsung Konsultasi dengan Klik Whatsapp Dibawah!!!

Cara Mengecek Jurnal Di Scopus

Cara Download Jurnal Di Scopus

Setelah mengetahui cara download jurnal di scopus, yuk kita lanjut ke pembahasan selanjutnya yaitu cara mengecek jurnal di scopus. Seperti apa pembahasanya simak dengan teliti ya!

1. Cek di website resmi scopus

Untuk yang pertama dalam Cara Download Jurnal Di Scopus tentunya kamu bisa mengecek jurnal di website resmi scopus. Berikut adalah langkah-langkahnya :

  • Silahkan masuk ke website scopus dengan url: https://www.scopus.com/home.url
  • Klik “sumber” pada bagian atas
  • Masukan nama jurnal yang kamu cari pada kolom pencarian “enter title” dan tekan Enter atau klik “find source”
  • Lalu jika jurnal yang kamu ketik telah ditemukan di kolom pencarian, klik jurnal tersebut dan periksa tahun liputannya.
  • Silahkan centang juga scopus “Scopus Content Coverage’ dibagian bawah. Jurnal Scopus dengan data tahun 2020 yang dimasukan akan tetap terindeks oleh scopus.

Scimago JR

Selanjutnya website yang kedua untuk mengecek jurnal terindeks scopus adalah sebuah website yang bernama Scimago Journal & Country Rank atau di singkat menjadi SJR. SJR ini sering digunakan untuk melihat ranking sebuah jurnal yang terbagi menjadi 4 kuartil yaitu Q1, Q2, Q3, dan Q4. Untuk langkah-langkah mengeceknya seperti berikut:

  • Pertama kamu kunjungi situs web SJR dengan url : https://www.scimago.com
  • Pilihlah bidang yang sesuai dengan jurnal kamu. Contoh, kamu sedang mencari jurnal bidang farmasi, maka bidang yang anda cari adalah “Farmakologi, Toksikologi Dan Farmasi”
  • Pilih subjek kategori jurnal yang kamu diinginkan, subyek kategori adalah subkategori dari subjek area jurnal internasional yang dicari
  • Selanjutnya cari kuartil yang kamu inginkan kemudian unduh datanya ke excel
  • Pastikan jurnal terindeks scopus.

Bagaimana mengecek jurnal di scopus itu mudah bukan? Yuk kita lanjut ke pembahasan terakhir yang tidak kalah penting.

Bagi Para Author Yang Ingin Terbit Jurnal Scopus, Bisa Langsung Konsultasi dengan Klik Whatsapp Dibawah!!!

4 Kuartil Jurnal Scopus Yang Wajib Ditehui

Nah setelah mengetahui cara downlod jurnal di scopus. Pembahasan kali ini adalah tingkatan jurnal scopus seperti yang sudah kami sebutkan di atas tentang kuartil jurnal scopus. Oke langsung saja berikut adalah pembahasannya.

1. Q1 (Kuartil 1)

Kategori yang pertama dalam Cara Download Jurnal Di Scopus adalah Q1 (quarteli 1) ini berarti ada jurnal internasional terindeks scopus dengan dampak paling besar. Misalnya ada 100 jurnal terindeks scopus pada bidang tertentu, dalam kategori Q1 ini dari 100 jurnal tersebut hanya 1-25 jurnal yang berkategori Q1 atau bisa dibilang jurnal teratas.

2. Q2 (kuartil 2)

Kategori yang kedua dalam Cara Download Jurnal Di Scopus adalah Q2 (kuartil 2) mengacu pada jurnal internasional dengan pengaruh yang cukup besar dan termasuk dalam Scopus. Misalnya, dari 100 jurnal yang terindeks Scopus, kategori Q2 ini biasanya berada pada skala 26-50 peringkat jurnal.

3. Q3 (kuartil 3)

Kategori yang ketiga dalam Cara Download Jurnal Di Scopus adalah Q3 (kuartil 3) ini berarti ada beberapa jurnal internasional yang telah terindeks Scopus, yang memiliki dampak yang lumayan. Misalnya, dari 100 jurnal yang terindeks oleh Scopus, kategori Q3 ini biasanya berada pada skala 51-75 peringkat jurnal.

4. Q4 (kuartil 4)

kategori terakhir dalam Cara Download Jurnal Di Scopus adalah Kategori Q4 (kuartil 4), artinya jurnal internasional dengan beberapa indeks memiliki dampak paling rendah diantara yang lainnya. Misalnya, di antara 100 jurnal yang terindeks Scopus, kategori Q4 ini biasanya berada di skala 76-100.

Tentunya kita mau membuat jurnal yang terbaik dan berada di kategori terbaik juga. Jadi teruslah berusaha agar dapat mencapai hal tersebut.

Bagi Para Author Yang Ingin Terbit Jurnal Scopus, Bisa Langsung Konsultasi dengan Klik Whatsapp Dibawah!!!

Kesimpulan

Nah sekian sedikit pembahasan dari kami mengenai cara download jurnal di scopus, semoga artikel kami membantu kalian dan menambah wawasan kita semua. Terimakasih.

error: Content is protected !!