Cara Cek ID Scopus

Pada pertemuan kita kali ini, kami akan memberikan informasi mengenai bagaimana cara cek id scopus dengan cepat dan mudah tentunya. Perlu teman-teman ketahui fungsi ID scopus untuk sarjana adalah untuk menautkan atau untuk menghubungkan seluruh artikel yang terindeks scopus ke portal sinta. portal sinta merupakan sebuah alat ukur prestasi peneliti di Indonesia berdasarkan pencapaian H-indeks sebagai seorang penulis di scopus dan google scholar.

Kegunaan Dan Fungsi ID scopus

Cara Cek ID Scopus

Untuk fungsi ID scopus telah kami sebutkan di atas yaitu ID Scopus bagi sarjana adalah untuk menautkan atau untuk menghubungkan semua artikel yang telah berhasil terindeks scopus ke dalam portal Sinta.

ID socpus juga bisa kalian gunakan untuk meyediakan link untuk mengitegrasikan berbagai artikel ilmiah terindeks scopus masuk ke dalam portal sinta. Tidak hanya itu, ID scopus juga dapat mempermudah para pengguna yang telah memiliki artikel terindeks scopus. Pengguna dan pemilik ID scopus dapat menilai ataupun mengukur kemampuannya sendiri sebagai seorang ilmuan atau peneliti.

Misalnya ada seorang penulis yang mengaku bahwa dirinya merupakan seorang pakar ahli di bidang pendidikan. Jika ia benar seorang pakar ahli, hanya dengan melihat ID scopus saja, kita dapat mengetahui apakah peneliti tersebut benar-benar kredibel dengan cara cek id scopus klaim dan juga reputasinya sebagai seorang pakar ahli atau peneliti..

Dan ID scopus juga berguna untuk seorang penulis atau sarjana yang ingin menulis atau memasukan artikel atau jurnal ilmiah mereka yang telah berhasil terindeks oleh scopus dengan cara memasukan ID scopus mereka. Dan untuk melakukannya, kamu harus mengetahui cara cek ID scopus terlebih dahulu. Yuk kita simak!

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Cara Cek ID Scopus

ID scopus sangat berguna bagi peneliti dan sarjana, oleh karena itu kamu juga harus mengetahui bagaimana cara cek id scopus dengan cepat dan mudah. Untuk pembahasaannya kamu bisa simak dibawah ini.

Berikut adala cara mudah cek id scopus:

  1. Silahkan kamu buka browser dan buka laman Scopus atau kamu bisa klik url berikut https://www.scopus.com
  2. Kemudian masuk ke menu di atas dan klik Author search
  3. Masukan data diri nama dan afiliasi kamu yang pernah kamu terbitkan pada Jurnal kamu.
  4. Apabila tulisan kamu pernah terbit lebih dari satu kali, kamu hanya perlu masukan nama kamu saja.
  5. Langkah terakhir silahkan kamu cek pada bagian link yang tadi baru kamu kunjungi, contoh: https://www.scopus.com/authid/detail.uri?authorId=56766236300. Maka untuk nomor ID Scopus kamu adalah 56766236300

Bagaimana teman-teman? tidak sesulit yang kamu bayangkan bukan? Kalian hanya perlu mengikuti tahap demi tahap yang kami berikan dan selesai deh kamu sudah mengetahui bagaimana cara cek id scopus.

Syarat Mendapatkan ID Scopus

Cara Cek ID Scopus

Nah setelah kamu mengetahui bagaimana cara cek id scopus, yuk kita lanjut ke materi selanjutnya yaitu apa saja syarat untuk mendapatkan ID scopus. pasti dari kalian sangat ingin untuk memiliki ID scopus kan? Oleh karena itu yuk simak pembahasannya dibawah ini.

Penting bagi teman-teman para mahasiswa maupun dosen untuk memiliki ID Scopus. jadi untuk memiliki ID scopus ini tidak sembarangan orang bisa mendapatkannya. Ada beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi terlebih dahulu baru kamu bisa memilikinya.

Perlu kamu ketahui saat ini banyak orang yang percaya bahwa untuk bisa mendapatkan ID Scopus adalah dengan mendaftar akun ke scopus, misalnya seperti membuat akun pada Google scholar atau Gmail kita akan memiliki sebuah ID dan profil lengkap. Kenyataannya scopsu ini berbeda. Dan untuk cara mendapatkan ID Scopus tidak hanya sekedar mendaftar seperti pada Google Scholar atau Gmail saja, ID scopus ini bisa kamu dapatkan dengan  menulis sebuah artikel ilmiah.

Pihak scopus akan memberikan beberapa deretan angka yang kita sebut ID Scopus apabila seorang penulis telah berhasil menulis 1 artikel ilmiah yang kemudian diterbitkan dan berhasil terindeks oleh Scopus sebagai tulisan hasil sebuah penelitian, workshop, dan masih banyak lagi. Dan intinya apabila seorang penulis (baik itu mahasiswa maupun dosen) belum menerbitkan artikel ilmiah tetapi telah mendaftar atau memiliki akukn di scopus, mereka tidak dapat memiliki ID Scopus.

Nah bagi kamu yang penasaran mengapa pihak scopus melakukan system ini? Alasannya karena ini adalah salah satu bentuk tindakan pencegahan yang dibuat oleh pihak scopus agar bisa menetapkan ID penulis scopus kepada para penulis berkualitas yang baru saja menerbitkan artikel ilmiah mereka di scopus. ID scopus ini diberlakukan karena banyaknya kesamaan nama yang tersebar dari seluruh dunia dan sama-sama menjadi penulis dan mempublikasikan hasil karya ilmiah mereka di laman scopus.

Nah bagi kamu yang hanya memiliki satu publikasi artikel ilmiah yang terindeks scopua, kamu juga bisa mendapatkan ID scopus lho. Penasaran seperti apa pembahasannya? Yuk kita simak selengkapnya dibawah ini!

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Cara Mendapatkan ID Scopus

Setelah mengetahui bagaimana cara cek ID scopus yuk kita lanjut ke materi selanjutnya, Nah untuk cara mendapatkan ID scopus bagi kamu yang hanya memiliki satu terbitan atau publikasi terindeks scopus ternyata sangan lho. Berikut adalah cara mendapatkan ID scopus.

1. Melalui Website

Nah untuk cara yang pertama adalah melalui website resmi scopus, untuk tahapan-tahapannya kamu bisa simak dibawah ini.

  • Tahap pertama silahkan kamu buka browser dan buka situs resmi Scopus atau kamu juga bisa klik utl beriktu : www.scopus.com
  • Setelah masuk ke halaman scopus silahkan cari lalu klik Author Search
  • Kemudian masukan nama dan afiliasi kamu pada kolom pencarian yang telah disediakan. Perlu kamu perhatikan jika tulisan kamu adalah seorang pemula, sebaiknya kalian mengosongkan saja kolom Afiliasi ini, alasannya karena memungkinkan jurnal kamu untuk menambahkan tulisan dari penulis lain. Dan tidak hanya itu, kamu juga harus menuliskan nama institusi atau perguruan tinggi kamu dengan menggunaan bahasa Inggris, dan apabila nama institusi atau perguruan tinggi yang kamu masukkan sebelumnya tidak menggunakan bahasa Inggris. Maka nama kamu pada author seardh tidak dapat ditemukan.
  • Selanjutnya setelah kamu mengklik tombol “Search”, maka nama kamu akan otomatis muncul sebagai seorang Author. Dan untuk cara mendapatkan ID scopus, kamu bisa mengarahkan navigasi ke jumlah artikel yang menunjukkan angka 1 (artinya kamu telah memiliki 1 artikel yang telah berhasil terindeks Scopus).
  • Tahap selanjutnya silahkan klik kanan angka satu tersebut, selanjutnya kamu hanya perlu klik salin maupun copy.
  • Silahkan kamu buka aplikasi notepad Word atau MS, selanjutnya paste atau tepelkan link yang tadi kamu copy sebelumnya.
  • Nah, disinilah kamu bisa melihat ID SCOPUS. ID ini berupa angka-angka yang berada di bagian akhir link tersebut (angka merah yang disorot kuning).

2. Inspect Element

Untuk cara yang kedua adalah menggunakan bantuan Inspect Elemen. Ini merupakan sebuah fitur yang memungkinkan kamu melihat kode HTML dan CSS pada suatu website. Untuk cara mendapatkannya kamu bisa simak dibawah ini.

  • Silahkan kamu lakukan langkah 1 sampai 4 pada cara sebelumnya yang sudah kamu berikan diatas.
  • Kemudian klik kanan dan pilih Inspect Element, sampai muncul sebuah tautan laman yang biasanya berada pada kanan halaman layar pada pc/laptop kamu.
  • Dan untuk Id Scopus akan segera muncul yang berupa angka-angka berada pada bagian akhir tautan website tersebut.

3. Cara Mendapatkan ID Scopus Dengan Bantuan

Dan cara yang terakhir ini dikhusukan bagi kalian yang tidak mau ambil pusing dengan melakukan kedua cara yang kami berikan di atas.untk cara mendapatkan ID scopus yang ketiga ini kamu hanya perlu mengirim pesan ke pihak scopus via contact us scopus. Akan tetapi untuk cara ini biasanya memiliki proses yang membutuhkan waktu lama untuk bisa mendapatkan respon dari pihak scopus ini.

Nah itu adalah tiga cara mendapatkan ID scopus, silahkan kamu pilih cara mana yang kamu inginkan.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Kesimpulan

Telah kami sampaikan bagaiman cara cek id scopus dan cara mendapatkan ID scopus dengan cepat dan mudah, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan terimakasih.

error: Content is protected !!