Template Jurnal Sinta

Template Jurnal Sinta

Pada pertemuan kali ini kami akan memberikan materi mengenai template jurnal sinta. Nah bagi yang belum mengetahuinya template jurnal ini sangat penting dalam penulisan jurnal ilmiah. Nah dengan mengikuti template jurnal sinta, format penulisan dan penyesuaian template akan sangat membantu jika kamu mengetahui template dalam penyusunan karya tulis ilmiah ini.

CALL FOR PAPER Jurnal SINTA

Al-Makki Publisher di bawah naungan Yayasan Mansyur Al-Makki memberikan layanan Call For Paper Jurnal SINTA 1,2,3,4,5,6 seluruh rumpun ilmu kepada seluruh akademisi Dosen dan Mahasiswa baik untuk syarat kelulusan maupun peningkatan karir dosen. Dengan sistem dan skema yang akan dijelaskan di bagian akhir artikel.

Ingin tahu info lebih lanjut tentang Call For Paper? Silahkan hubungi kami melalui Whatsapp di bawah ini!

Apa Itu Template Jurnal ?

Template Jurnal Sinta

Perlu kamu ketahui template jurnal merupakan sebuah dokumen atau file yang memliki format dan sudah ditetapkan. Kegunaannya adalah sebagai awal untuk menulis sebuah artikel ilmiah, sehingga ini bisa menjadi identitas bagi sebuah lembaga atau institusi.

Format Template Jurnal Ilmiah

Sebelum ke pembahasan utama yaitu template jurnal sinta, kita kenali terlebih dahulu format template jurnal ilmiah. Jurnal ilmiah atau scientific journal adalah salah satu bentuk publikasi yang berisikan data hasil dari sebuah penelitian dalam bidang ilmu pengetahuan dan ilmu teknologi.

Jurnal ilmiah biasanya diterbitkan oleh lembaga ilmiah seperti, universitas, atau perusahaan dengan tujuan untuk penyebarluasan ide hasil penelitian kepada para akademik.

Adapun format template jurnal ilmiah yang sering orang-orang pakai adalah sebagai berikut.

Format jurnal ilmiah biasanya terdiri dari beberapa bagian, yaitu: 

  • bagian depan (front matter), 
  • bagian tubuh/pembahasan (body), 
  • dan bagian belakang (back matter).

Bagian depan jurnal biasanya berisi: 

  • judul, 
  • penjabaran singkat tentang isi jurnal, 
  • nama penulis, 
  • lain-lain. 

Bagian ini biasanya ditulis menggunakan bahasa Inggris. 

Bagian tubuh/pembahasan jurnal berisi: 

  • abstrak, 
  • pendahuluan, 
  • metode penelitian, 
  • hasil penelitian, dan 
  • pembahasan nya. 

Abstark merupakan ringkasan isi dari sebuah jurnal yang mencakup pendahuluan, metode penelitian, hasil penelitian, dan sampai denan pembahasan. Biasanya untuk abstark ini ditulis menggunakan Bahasa inggris dan Bahasa indonesia.

Pendahuluan jurnal ini berisikan latar belakang masalah yang nanti akan dibahas di dalam jurnal. Metode penelitian jurnal menggambarkan alur terkait perkerjaan dari sebuah penelitian yang telah dilakukan untuk mendapatkan hasil dari penelitian tersebut.

Hasil penelitian ini merupakan serangkaian fakta atau temuan baru hasil dari suatu aktivitas atau riset penelitian tertentu yang telah dilakukan oleh satu orang atau lebih.

Pembahasannya sendiri berisikan interpretasi atau analisis lebih lanjut mengenai hasil penelitian. Kata kunci: format jurnal ilmiah.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Baca Juga : Cara Upload Jurnal Di Sinta

Download Template Jurnal Sinta

Template Jurnal Sinta

Nah untuk kalian yang saat ini sedang mencari template jurnal Sinta 1, 2, 3, 4, 5, dan 6, kalian bisa mendapatkannya dengan klik download template dibawah ini.

Template Jurnal Internasional

Setelah mengetahui template jurnal sinta tidak ada salahnya kita mengetahui template jurnal internasional, supaya wawasan lebih bertambah. Berikut adalah cara mencari template jurnal internasional.

Berikut adalah cara mencari template jurnal internasional scopus :

1.Langkah pertama, silahkan kamu cari website pengindeks jurnal. Kali ini, kita akan menggunakan situs Moreref.

Moraref ini merupakan mesin pengindeks jurnal dengan beberapa koleksi jurnal yang disponsori oleh Kementerian Agama. Kami masih dapat menggunakan situs untuk mencari template jurnal dan memudahkan publikasi di jurnal terindeks Scopus.

2. Selanjutnya, silahkan kamu klik opsi Journal

3. Di sini, akan muncul daftar jurnal dan pilih saja salah satu. Atau kamu juga dapat memilih tujuan jurnal yang ingin kamu publish artikelnya.

4. Setelah jurnalnya terbuka, silahkan kamu cari dan klik Visit Website

5. di sini, kamu hanya perlu mencari tulisan Template Journal yang biasanya terletak pada sidebar kanan layar. Biasanya terdapat 3 versi yaitu DocPDF RTF. Kemudian tinggal download saja.

6. Jika ternyata kamu tidak menemukan template jurnal pada sidebar, kamu juga bisa mencarinya di bagian Submission Author Guidelines

7. selesai

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Mengapa Template Jurnal Itu Penting ?

Template Jurnal Sinta

Nah selain pembuatan artikel ilmiah yang baik, menata format jurnal template juga merupakan hal penting yang harus kamu perhatikan, dan wajib kamu gunakan.

Jika tidak menggunakan template maka artikel yang kamu ajukan akan otomatis ditolak oleh tim publisher. Dalam penataan format dalam templete yang ditentukan oleh publisher juga biasanya memerlukan waktu berjam-jam.

Belum lagi jika jurnal yang kamu tuju adalah ditujukan menuju index scopus, artikel ilmiah kalian akan 100% ditolak jika tidak sesuai dengan format dan penulisan referensi yang tidak sesuai.

Oleh karena itu selain penulisan artikel ilmiah yang baik, penataan dalam template jurnal juga harus sesuai supaya jurnal kamu bisa diterbitkan dengan cepat.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Kesimpulan

Nah telah kami sampaika informasi mengenai template jurnal sinta dan template jurnal internasional, semoga sedikit pembahasan dari kami membantu teman-teman semua, dan semoga menambah wawasan kita semua. Terimakasih.

error: Content is protected !!