Syarat Jurnal Terindeks Scopus

OKe teman-teman kita bertemu kembali, untuk pembahasan kali ini kami akan memberikan informasi terkait syarat jurnal terindeks scopus. Nah mungkin teman-teman ada yang sedang kebingungan bagaimana sih jurnal bisa terindeks scopus? Atau ada dari kamu yang belum mengenal scopus? Tenang di pembahasan kali ini akan di bahas secara lengkap, jadi simak dengan teliti ya!

Apa Itu Scopus?

Syarat Jurnal Terindeks Scopus

Sebelum ke pembahasan utama yaitu syarat jurnal terindeks scopus. Kita kenali terlebih dahulu apa itu scopus. Scopus merupakan salah satu layanan indeksasi (pedaftaran jurnal pada lembaga pengindeks bereputasi) dan merupakan database atau bisa kita sebut sebagai pusat data jurnal. Scopus ini berada dalam naungan Elsevier, merupakan organisasi penerbit jurnal ilmiah internasional yang berbasis di Amsterdam, Belanda, berdiri sejak 1880.

Wajib kamu ketahui bahwa saat ini scopus telah mengindeks lebih dari 22.000 jurnal dari 5000 lebih penerbit. Sekitar 20.000 artikel terindeks merupakan artikel peer-reviewed. Selain menampilkan karya tulis ilmiah, Scopus juga menyajikan data hak paten dari berbagai institusi dan penelitian di dunia, serta scopus juga menyediakan layanan untuk menilai suatu jurnal berdampak signifikan atau tidak.

Kegunaan scopus adalah untuk mengaitkan seluruh artikel yang telah tersusun ke portal yang merupakan alat ukur prestasi peneliti dari masing-masing negara. Scopus mempunyai sistem penilaian sendiri yang dinamakan Scrimago Journal Rank (SJR) berfungsi untuk mengukur sebuah artikel ilmiah.

Selain Scopus juga, ada beberapa layanan indeksasi jurnal lain. Jurnal Indonesia yang telah terindeks Scopus dianggap sebagai jurnal berkualias tinggi dan diakui secara internasional, sangat layak dijadikan referensi untuk menghasilkan jurnal-jurnal baru yang lebih berkualitas.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Baca Juga : Cara Melihat ID Scopus

Syarat Jurnal Terindeks Scopus

Nah teman-teman kita langsung saja ke pembahasan utama yaitu syarat jurnal terindeks scopus yang wajib kamu ketahui. Seperti apa pembahasannya simak dengan teliti ya.

Berikut adalah syarat jurnal terindeks scopus:

1. Topik Yang Sesuai

Syarat Jurnal Terindeks Scopus

Untuk yang pertama dalam Syarat Jurnal Terindeks Scopus adalah kamu bisa menulis topik yang sesuai dengan hasil penelitian kalian karena jika tidak sesuai hal tersebut akan menghambat proses index.

Jika dalam hal ini kamu melakukan kesalahan maka jurnal kamu akan langsung ditolak, oleh karena itu kamu harus benar-benar serius dan teliti pada subjek penelitian yang sedang di jalani

2. Menggunakan Bahasa Yang Standar

yang kedua dalam Syarat Jurnal Terindeks Scopus adalah menggunakan bahasa yang standar. Penggunaan bahasa dalam penulisan jurnal scopus tentu sangatlah penting, karena umumnya jurnal internasional ditulis menggunakan bahasa inggris ataupun bahasa yang telah disepakati oleh PBB.

Oleh karena itu buatlah jurnal menggunakan bahasa yang telah teridentifikasi oleh scopus agar jurnal kamu terindex oleh scopus.

3. Kebaruan

Syarat Jurnal Terindeks Scopus

yang ketiga dalam Syarat Jurnal Terindeks Scopus adalah kebaruan. Kebaruan juga merupakan elemen penting dalam penulisan jurnal scopus, karena dengan adanya kebaruan menjadi faktor yang membedakan jurnal kamu dengan jurnal yang lain.

Tentu saja dengan sebuah perbedaan akan membuat jurnal kamu terlihat menarik oleh orang-orang unutk dibaca dan diteliti.

4. Perhatikan Deadline

berikutnya dalam Syarat Jurnal Terindeks Scopus adalah dengan memperhatikan deadline. Jika jurnal kamu ingin terindeks scopus, perhatikan deadline yang telah diberikan. Karena jika sudah melebihi batas deadline maka secara otomatis naskah kalian akan langsung ditolak dan didiskualifikasi oleh pihak terkait.

5. Menghindari Plagiarisme

Syarat Jurnal Terindeks Scopus

selanjutnya dalam Syarat Jurnal Terindeks Scopus adalah dengan menghindari plagiarisme. Plagiarisme merupakan hal yang sangat dilarang dalam sebuah penulisan jurnal dan tentunya plagiarisme ini akan berdampak sangat besar tentunya dengan hasil yang akan kamu dapatkan.

Kamu boleh saja melihat referensi dari karya orang lain, tapi kalian juga harus merubah kata-kata tersebut agar tidak sama dengan karya tersebut dan sebisa mungkin untuk menghindari plagiarisme ini.

Ingat meskipun kamu merubah bahasa dari karya tulis orang lain, jangan pernah mencoba untuk merubah isi nya.

6. Tingkat Kualitas Data

dan untuk yang terakhir dalam Syarat Jurnal Terindeks Scopus adalah tingkat kualitas data. lengkapi tulisan kamu sebaik mungkin bila tulisan kamu lengkap tentunya orang-orang akan lebih tertarik untuk membacanya, karena dengan lengkapnya data jurnal kamu maka akan semakin banyak juga orang-orang yang mencari.

Oleh karena itu sebelum menulis sebuah karya ilmiah kamu harus mengumpulkan referensi sebanyak mungkin untuk mendapatkan data-data yang lebih lengkap dari karya ilmiah milik orang lain tentunya.

Nah berikut adalah syarat jurnal terindeks scopus yang wajib kamu ketahui. Yuk kita lannjut ke pembahasan selanjutnya.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Cara Cek Prosiding Terindeks Scopus

Syarat Jurnal Terindeks Scopus

setelah kita membahas mengenai Syarat Jurnal Terindeks Scopus, selanjutnya kita akan membahas cara cek prosiding terindeks scopus

Oke teman-teman lanjut ke pembahasan selanjutnya yaitu cara cek prosiding terindeks scopus. Ternyata cara cek prosiding terindeks scopus itu sangat mudah loh, ingin tau seperti apa pembahasanya? Simak dengan teliti ya.

Berikut adalah langkah-langkahnya :

  • Nah untuk langkah yang pertama, teman-teman bisa memulainya dengan memeriksa scopus terlebih dahulu. Yaitu dengan cara mengunjungi situs web resmi dari scopus
  • selanjutnya kamu bisa memilih sumber atau judul di bagian sudut kanan atas
  • kemudian kamu bisa memasukan nama jurnal di kolom pencarian
  • Jika kamu mencari jurnal dengan ISSN kamu bisa memilih menu ISSN
  • Selanjutnya yaitu pilih Conference untuk cek materi terindeks Scopus dan juga masukan nama seminar yang ingin kamu cek
  • Jika pencarian diindeks oleh scopus, maka hasilnya akan otomatis muncul
  • Dan untuk langkah terakhir kamu bisa memilih nama Prosiding/Jurnal yang muncul lalu pantau ruang lingkup scopus dan artikel yang telah diterbitkan
  • Selesai

Nah gimana cara cek prosiding terindek scopus mudah bukan? Oke kita langsung saja ke pembahasan terkahir tentang ciri-ciri jurnal terindeks scopus

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Ciri-Ciri Jurnal Terindeks Scopus

setelah kita membahas mengenai Syarat Jurnal Terindeks Scopus dan cara cek prosiding terindeks scopus, berikutnya kita akan membahas mengenai ciri-ciri jurnal yang terindeks oleh scopus.

Oke pada pembahasa terakhir yang tidak kalah penting yaitu ciri-ciri jurnal terindeks scopus. Seperti apa pembahasannya simak dengan teliti ya!.

1. Ditulis Menggunakan Kaidah Keilmuan

Syarat Jurnal Terindeks Scopus

Untuk ciri ciri jurnal terindeks yang pertama dalam Syarat Jurnal Terindeks Scopus adalah, terdapat prinsip-prinsip ilmiah yang didalamnya. Jika sebuah jurnal tidak mengandung karya tulis ilmiah maka hanya bisa disebut karya fiksi belaka.

2. Ditulis Dengan Bahasa Internasional Atau Bahasa Resmi PBB

Untuk yang kedua dalam Syarat Jurnal Terindeks Scopus adalah jurnal internasional harus ditulis menggunakan bahasa resmi yang telah di akui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa, yang saat ini tersedia dalam enam bahasa resmi, yaiu Prancis, Rusia, Spanyol, Inggris, Arab, dan Mandarin.

Untuk hal penggunaan bahasa internasional ini, ada beberapa indikator, diantaranya adalah:

  •  Sejarah panjang skrip
  •  Status bahasa resmi dari beberapa negara
  •  Kegunaannya bahasanya dalam berbagai kehidupan, seperti sarana perdagangan, diplomasi, pendidikan dan ilmu pengetahuan

3. Memiliki International Standard Serial Number (ISSN)

Syarat Jurnal Terindeks Scopus

Oke yang ketiga dalam Syarat Jurnal Terindeks Scopus adalah harus memiliki ISSN. ISSN merupakan nomor seri yang bersipat seperti ISBN yang terdapat pada buku. Fungsi issn ini untuk mengindentifikasi jurnal ilmiah. Perlu kamu ketahui juga bahwa jurnal internasional harus memiliki ISSN. Karena dengan adanya ISSN jurnal tersebut memiliki sedikit nilai plus.

4. Memiliki Terbitan Versi Daring (Online)

Ciri Ciri Jurnal Terindeks Scopus yaitu dengan memiliki dua edisi terbitan yaitu edisi cetak dan edisi online atau daring. Dalam terbitan versi online, artikel ilmiah biasanya sering disajikan dalam bentuk PDF, sehingga para pembaca harus mengunduh versi lengkapnya terlebih dahulu.

5. Dewan Redaksi Harus Berasal Dari Minimal 4 Negara

Syarat Jurnal Terindeks Scopus

Selanjutnya ciri ciri jurnal terindeks scopus kelima dalam Syarat Jurnal Terindeks Scopus adalah harus memiliki dewan redaksi, atau editor, yang minimal berasal dari 4 negara berbeda. Dewan redaksi tersebut haruslah berada di tingkat ahli dalam bidang atau jurnal mereka.

6. Ditulis Oleh Penulis Dari Berbagai Negara

Nah untuk ciri ciri jurnal terindeks scopus keenam adalah jurnal terindeks scopus harus ditulis oleh penulis dari negara berbeda agar bisa disebut jurnal internasional. Contoh sebuah jurnal ditulis oleh penulis dari 2 negara berbeda dan di terbitkan atau di publikasi.

7. Terindeks Internasional

Ciri-ciri jurnal internasional selanjutnya dalam Syarat Jurnal Terindeks Scopus adalah sebuah jurnal harus teindeks oleh database jurnal internasional, seperti Scopus, Web of Science, atau database jurnal internasional lainnya yang dipertimbangkan oleh Dikti.

8. Merupakan Artikel Orisinil Bukan Sekadar Riview Atau Ulasan

Syarat Jurnal Terindeks Scopus

Ciri-ciri jurnal terindeks Scopus selanjutnya dalam Syarat Jurnal Terindeks Scopus adalah sebuah jurnal harus artikel original, bukan sekedar review saja.

Artikel ilmiah tersebuh harus memuat konten ilmiah berupa artikel asli, atau karya berdasarkan hasil penelitian. Oleh karena itu, kita perlu untuk menghindari artikel jurnal yang isinya hanya review jurnal atau hasil review saja.

9. Bukan Jurnal Yang Berasal Dari Jurusan

Ciri-ciri jurnal terindeks scopus kesembilan adalah harus menonjolkan jurnal tersebut bukan dari spesialisasi. Yaitu seperti sebuah jurnal yang berasal dari perguruan tinggi atau institusi, atau bisa dibilang jurnal tersebut mencerminkan lembaga dalam suatu bidang tertentu.

10. Terbit Secara Teratur

Syarat Jurnal Terindeks Scopus

Tentu saja ciri-ciri jurnal terindeks scopus adalah diterbitkan secara berkala sesuai dengan jadwal sistematis yang sudah ditentukan. Jika sebuah jurnal diterbitkan tidak berkala maka terlihat tidak professional.

11. Bertujuan Menampung Hasil Penelitian Dalam Disiplin Ilmu Tertentu

Ciri-ciri jurnal terindeks Scopus selanjutnya adalah jurnal harus dapat dipertanggung jawabkan. Jurnal yang berkualitas ditandai oleh posisinya sebagai forum untuk hasil dari penelitian dari disiplin ilmu tertentu. Jurnal tersebut merupakan forum yang memberikan kesempatan bagi para peneliti untuk saling mengeksplorasi, oleh karena itu forum ini tidak boleh menjadi scam.

12. Terindeks DOAJ

Syarat Jurnal Terindeks Scopus

Oke untuk yang terakhir dalam Syarat Jurnal Terindeks Scopus adalah jurnal terindeks DOAJ. Mungkin teman-teman belum mengenal dengan DOAJ. DOAJ adalah sebuah directory online yang biasa digunakan untuk mengakses jurnal. DOAJ juga bisa kita sebut sebagai mesin pengindeks internasional yang terpercaya.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Kesimpulan

Sekian sedikit pembahasa dari kami terkait syarat jurnal terindeks scopus dan ciri-ciri jurnal terindeks scopus, semoga artikel kami menambah wawasan teman-teman sekalian. Terimakasih.

error: Content is protected !!