Cara Mereview Jurnal

Cara Mereview Jurnal

Nah buat temen-temen yang belum tau cara mereview jurnal ilmiah dalam dan luar negeri, apakah benar? Lihat artikel ini untuk informasi.

Jadi dalam bahasa Indonesia, review berarti review atau ulasan. Jurnal adalah kumpulan artikel yang diterbitkan secara teratur. Oleh karena itu, review merupakan kegiatan yang memberikan wawasan tentang kualitas sebuah jurnal.

Kegiatan ini mencakup banyak tahapan, mulai dari mengidentifikasi dan meringkas kelemahan hingga akhirnya kekuatan artikel yang diterbitkan di jurnal.

Untuk memberikan gambaran yang baik, review jurnal ini dirancang untuk membantu orang lain memahami isi dan tujuan jurnal.

 Review jurnal biasanya dilakukan oleh orang-orang yang sangat terspesialisasi di bidangnya. Nah, penelitian saat ini lebih mengarah atau terfokus pada perkembangan keilmuan di bidang pendidikan.

Review jurnal merupakan kegiatan yang melibatkan pencarian referensi atau review penelitian yang telah dipublikasikan dalam jurnal ilmiah.

Adapun cara mereview jurnal dengan cepat, langkah-langkahnya sederhana dan mudah digunakan. Nah, sekarang, izinkan saya memperkenalkan cara review naskah dengan cepat dan mudah.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Baca Juga : Cara Mentranslate Jurnal Internasional

Cara Mereview Jurnal

Cara Mereview Jurnal

Artikel ini ditujukan untuk teman-teman yang belum mengetahui cara cepat mereview naskah, baik itu jurnal sinta, jurnal internasional, jurnal nasional, dll.

Tentunya untuk semua rumpun ilmu, baik hukum, psikologi, ekonomi, ilmu politik, akuntansi, kuantitatif, kesehatan, dll.

Perlu anda ketahui cara review jurnal yang sangat sederhana dan cepat, berikut adalah cara cepat review jurnal :

1. Review Jumlah Halaman – Cara Mereview Jurnal

Langkah pertama dalam melakukan review jurnal adalah mereview jumlah halaman. Anda harus bisa menjelaskan jumlah halaman jurnal yang Anda ulas.

Tentu saja, Anda juga harus menjelaskan secara detail, termasuk jenis makalah dalam jurnal, mengevaluasinya, dan mengetahui bahwa Anda sedang dipelajari oleh dosen.

2. Perhatikan Hal Penting Pada Jurnal

Carilah materi yang mudah dideskripsikan dalam ulasan, atau Anda dapat mengilustrasikannya dengan membaca poin-poin penting dalam jurnal, yang akan menghemat waktu Anda daripada harus membaca seluruh jurnal.

Catat juga poin-poin ini jika nanti Anda lupa menulis ulasan. Nah, ini adalah langkah kedua dalam cara mereview jurnal.

3. Buatlah Pembuka – Cara Mereview Jurnal

Langkah selanjutnya adalah Anda juga bisa menulis pembukaan, seperti berterima kasih kepada orang yang membantu proses peninjauan, tetapi Anda juga bisa melewatinya dengan bantuan orang yang membantu. Misalnya, mulailah seperti ini:

Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan waktu dan tempat untuk menyelesaikan review jurnal ini.

Kami juga sangat berterima kasih kepada mereka (sebutkan siapa yang membantu) (Anda juga bisa mengatakan lebih sedikit atau melakukan apa yang Anda bisa) yang membantu proses peninjauan ini agar tepat waktu.

4. Membuat Daftar Isi

Cara lain untuk mereview jurnal adalah dengan membuat daftar isi di review jurnal Anda agar pembaca lebih mudah membaca dan memahaminya.

5. Membuat Judul Yang Sesuai

Cara Mereview Jurnal

Beri judul pada jurnal Anda, karena judul tidak bisa diubah, maka judul juga harus diperhatikan, harus sesuai dengan isi dan tidak menyesatkan pembaca.

6. Buatlah Keterangan Jurnal

Cara review jurnal yang keenam adalah dengan melakukan deskripsi jurnal, artinya Anda harus menulis deskripsi jurnal, termasuk gaya penulisan, seperti nama penulis, penerbit, alamat email, dan terakhir tahun penerbit.

Jelaskan dengan sangat rinci apa yang telah Anda baca di edisi sebelumnya, tanpa mengecualikan kata-kata.

Terakhir, Anda juga akan dinilai oleh dosen untuk mengidentifikasi atau mendemonstrasikan keahlian Anda dalam mereview naskah.

7. Introduction Jurnal – Cara Mereview Jurnal

Metode review jurnal nasional selanjutnya adalah jurnal pendahuluan. Jelaskan jurnal yang Anda ulas, yaitu tulis berapa banyak orang yang membaca jurnal tersebut, atau seberapa terkenal jurnal tersebut, sehingga Anda bisa mendapatkan poin bonus.

Pendekatannya adalah mengidentifikasi penulis, membaca output dari penulis jurnal, dan terakhir jika tidak ada artikel tentang jurnal tersebut.

8. Metodelogi Pada Jurnal

Cara kedelapan untuk mengulas jurnal adalah dengan menulis metodologi (bagaimana melakukan sesuatu dengan hati-hati dengan pikiran Anda untuk mencapai suatu tujuan) yang merinci jurnal yang dimaksud.

9. Sumber Jurnal Tersebut – Cara Mereview Jurnal

Selanjutnya, jelaskan juga dari mana dan bagaimana Anda memperoleh jurnal tersebut.

10. Bagian Review Kamu

Saat ini, Anda cukup menuliskan isi buku harian, seperti prosedur dan informasi yang dapat diambil audiens dari buku harian setelah Anda membaca buku harian di atas pada langkah kedua.

Nah mungkin itu sebabnya saya menulis “baca yang penting di jurnal” di langkah kedua, supaya cepat memproses isi review jurnal tersebut.

11. Kesimpulan

Tulis apapun yang kamu mau di diary kamu, saran kami simpan sepositif mungkin lalu jelaskan kekurangan diary tersebut agar penulis diary tidak merasa diremehkan.

Tentunya dengan cara ini Anda bisa mendapatkan review yang bagus dari dosen Anda.

12. Buatlah Penutup

Cara Mereview Jurnal

Cara mengulas edisi sebelumnya atau membuat sampul. Akhiri ulasan Anda dengan kata-kata yang menyentuh hati pembaca atau pendengar Anda.

Misalnya seperti contoh ini:

Demikian mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan, terima kasih telah membaca atau menyimak (sesuaikan seperlunya) resensi jurnal yang saya sampaikan.

Mungkin kritik dan saran silahkan hubungi teman via email, atau bisa juga mengisi bagian dibawah ini – jika ada sesi tanya jawab – ok sekian yang bisa saya sampaikan.

Mungkin review tentang majalah ini sudah cukup. (Pengembangan atau penggunaan kata dapat dikurangi sesuai dengan kemampuan).

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Kesimpulan

Nah mungkin itu saja sedikit pembahasan kita tentang cara mereview jurnal dengan cepat dan mudah, semoga postingan ini membantu sobat dan bisa menambah wawasan kita semua. Terima kasih.

error: Content is protected !!