Perbedaan Jurnal Nasional Dan Jurnal Internasional

Perbedaan Jurnal Nasional Dan Jurnal Internasional

Nah pada pembahasan kita kali ini kami akan informasi mengenai perbedaan jurnal nasional dan jurnal internasional. Sebelum ke pembahasannya kita kenali terlebih dahulu apa itu jurnal nasional dan jurnal internasional.

Apa Itu Jurnal Nasional

Perbedaan Jurnal Nasional Dan Jurnal Internasional

sebelum kamu mengetahui terkait Perbedaan Jurnal Nasional Dan Jurnal Internasional, adabaiknya jika kamu ketahui terlebih dahulu terkait apa itu jurnal nasional

Jurnal nasional merupakan terbitan berkala yang menyebarluaskan perkembangan tentang ilmu pengetahuan, diterbitkan secara resmi dengan ISSN dan disebarluaskan kepada masyarakat ilmiah. Jurnal Nasional ini melibatkan para pakar nasional sebagai mitra bestari, juga diminati pakar dari luar lingkungan sendiri, dan terakhir didistribusikan secara nasional dan diakreditasi oleh DIKTI.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Apa Itu Jurnal Internasional

Sebelum ke pembahasan utama yaitu perbedaan jurnal nasional dan jurnal internasional, tidak ada salahnya kita kenali terlebih dahulu apa itu jurnal internasional supaya kita lebih memahaminya secara detail. Jurnal internasional secara garis besas merupakan kumpulan artikel ilmiah yang ditulis menggunakan bahasa internasional atau bahasa yang disetujui oleh PBB.  Jurnal internasional bisa juga di sebut sebagai jurnal yang diterbitkan oleh lembaga ataupun pihak internasional. Untuk jurnal ini ada yang namanya jurnal bereputasi dan juga ada yang tidak bereputasi.  Ciri utama dari jurnal internasional yang bereputasi adalah terindeks oleh database terkenal salah satunya adalah scopus.

Perlu teman-teman ketahui dalam pembuatan jurnal internasional memiliki tingkat kesulitan tersendiri, seperti penulisanya yang rumit, antrian penulis jurnal dari berbagai negara lain, juga review yang cenderung lebih perfeksionis atau bisa dibilang lebih ketat, Hal-hal tadi kami sebutkan adalah alasan yang membuat jurnal internasioal sulit untuk ditembus. Tentu saja hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi kalian yang ingin memiliki publikasi jurnal internasional.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Perbedaan Jurnal Nasional Dan Jurnal Internasional

Perbedaan Jurnal Nasional Dan Jurnal Internasional

Oke kita langsung saja ke pembahasan utama yaitu perbedaan jurnal nasional dan jurnal internasional. Seperti apa materinya silahkan simak dibawah ini.

1. Cakupan Publikasi

Perbedaan jurnal nasional dan jurnal internasional yang pertama adalah Cakupan publikasi. Seperti namanya, jurnal nasional merupakan jurnal yang di terbitkan secara berkala di tingkat nasional artinya hanya untuk di dalam negeri saja. Dan untuk jurnal internasional merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan dan dapat di akses oleh siapapun di seluruh dunia.

2. Bahasa Yang Digunakan

Perbedaan jurnal nasional dan jurnal internasional selanjutnya adalah Bahasa yang digunakan. Tentunya untuk jurnal nasional menggunakan bahasa Indonesia. Dan jurnal internasional menggunakan bahasa yang disetujui oleh PBB, yaitu bahasa Inggria, Cina, Perancis, Tionghoa, Arab, dan Rusia.

3. Dewan Redaksi

Perbedaan Jurnal Nasional Dan Jurnal Internasional

Perbadaan jurnal nasional dan jurnal internasional yang ketiga adalah dewan redaksi. Dewan redaksi jurnal ilmiah bertugas untuk mereview jurnal yang diajukan penulis untuk dipublish agar layak dan sesuai dengan kriteria jurnal tersebut. Nah untuk dewan redaksi jural nasional merupakan para ahli pada bidang akademik tertentu yang berasal dari dalam negeri tentunya. Dan untuk jurnal interasional memiliki persyaratan untuk dewan redaksi, yaitu minimal empat angora dewan redaksi dari negara yang berbeda untuk mereview jurnal.

4. Faktor Dampak

Perbedaan jurnal nasional dan jurnal internasional yang terakhir adalah Faktor Dampak. Faktor dampak jurnal ilmiah merupakan ukuran yang menyatakan besar kecilnya pengaruh jurnal tersebut kepada masyarakat.

Tentu saja jurnal intenasional harus memiliki dampak yang lebih besar dibandingkan dengan jurnal nasional.

Karena dewan redaksi jurnal jurnal internasional merupakan para ahli berkompetensi internasional dan cakupan pembaca jurnal yang jauh lebih luar dibanding dengan jurnal nasional.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Website Mencari Jurnal Internasional

Perbedaan Jurnal Nasional Dan Jurnal Internasional

Setelah mengetahui perbedaan jurnal nasional dan jurnal internasional, yuk kita lanjut ke pembahasan selanjutnya yaitu rekomendasi website mencari jurnal internasional. Silahkan simak materinya dibawah ini.

1. Google scholar/cendekia

Google scholar/cendekia sama seperti google seperti umunya. Keunggulan dari google scholar/cendekia ini adalah mempermudah kita untuk menelusuri karya ilmiah dengan cakupan yang luas. Kelebihan dan kekurangannya akan di bahas di artikel ini. Jadi simak terus pembahasannya ya!

Untuk  Cara mencari jurnal di google scholar kurang lebih seperti dibawah ini:

  • Buka situs google scholar di perangkat kamu gunakan.
  • Buka dokumen artikel yang menjadi referensi
  • Lihat dulu kata kunci biasanya ada pada bawah abstrak. Disini saya akan contohkan : Archivist, Records Management, Industry 4.0 sebagainya
  • Ketik kata kunci  atau topic pada kolom
  • Lakukan pencarian artikel
  • Google akan menampilkan hasil penelusuran kemudian klik kanan untuk mengunduh (PDF)

Keunggulan Dari Menggunakan Google Scholar/Cendekia

  • Layanan gratis akses
  • Koleksi karya ilmiah
  • Menyediakan fitur seleksi
  • Mengutif tulisan secara langsung
  • Notifikasi lewar email

2. Science Direct

Situs yang sudah tidak asing dikalangan dosen ini menyediakan referensi jurnal internasioal. Namun, situs ini banyak memuat artikel jurnal ilmiah berbayar.

  • Masuk ke situs dengan url: http://www.sciencedirect.com.
  • Masuk ke opsi pencarian
  • Masukan kata kunci
  • Jurnal ilmiah da ringkasan akan muncul di kolom

3. Microsoft Academic

Perbedaan Jurnal Nasional Dan Jurnal Internasional

Microsoft Academic ini menyediakan referensi jurnal ilmiah dengan dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

4. Research gate

Situs yang satu ini bisa kita sebut adalah tempat berkumpulnya para peneliti. Peneliti bisa mengakses jurnal secara gratis maupun berbayar. Untuk mendaftar menggunakan emai institusi atau kampus, kamu bisa pergi ke kamous untuk meinta email pribadi mahasiswa.

Kamu bisa masuk ke research gate dengan url : https://www.researchgate.net/

5. Directory of Open Acces Journals (DOAJ)

Perbedaan Jurnal Nasional Dan Jurnal Internasional

Situs yang dirilis sejak 2003 ini merupakan situs yang bersi direktori jurnal dan artikel dengan akses terbuka atau open acces. Sejak di rilis telah tersedia 11.000 jurnal dari 127 negara dan lebih dari 4 juta artikel tersimpan di situs ini. Untuk mengaksesnya bisa kita lihat seperti berikut:

  1. Masuk ke situs dengan url : https://doaj.org/
  2. Masukan kata kunci dan klik “search” di samping kiri
  3. Kemudian klik satu per satu untuk melihat detail jurnal.

Nah tentu saja setelah mengetahui perbedaan jurnal nasional dan jurnal internasional kita wajib mengetahui cara mencari jurnal juga.

6. Perpustakaan Nasional (Perpunas)

JIka kamu ingn menggunakan website ini kamu harus menjadi anggota resmi. Setelah menjadi anggota resmi kamu bisa menggunakan semua layanan digital di situs ini. Seperti berlangganan majalah internasional  dan masih banyak lagi

Kamu bisa mengunjungi situs ini dengan url :  https://www.perpusnas.go.id/

7. Cambridge journal

Situs internasional yang satu ini tidak jauh berbeda dengan situs lainnya yaitu dengan

8. Oxpord journals

Perbedaan Jurnal Nasional Dan Jurnal Internasional

Untuk mengakses jurnal dari situs ini tidak dipungut biaya juga jurnal internasiona yang tersedia juga sangat lengkap. Kamu bisa mengakses situs dengan masuk ke url : https://academic.oup.com/journals

9.International journal Of Education

Situs terakhir ini tidak berbeda dengan situs sebelumnya.

Tentunya seluruh situs yang kami sebutkan sangat direkomendasikan untuk kalian yang bingung mencari jurnal.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Kesimpulan

Mungkin cukup sekian pembahasan dari kami mengenai perbedaan jurnal nasional dan jurnal internasional, semoga membantu teman-teman dan semoga pembahasan kali ini menambah wawasan kita semua. Terimakasih.

error: Content is protected !!