Perbedaan DOAJ Dengan Scopus

Perbedaan DOAJ Dengan Scopus

Bagi kamu yang ingin mengetahui perbedaan DOAJ dengan Scopus, kamu bisa simak pembahasannya disini. Tentu saja untuk bisa mengetahui perbedaan dari keduanya, kita harus mengenal apa itu DOAJ dan Scopus terlebih dahulu. yuk kita simak!

Apa itu DOAJ?

Perbedaan DOAJ Dengan Scopus

Directory of Open Acces Journals (DOAJ) atau Direktori Jurnal Akses Terbuka merupakan situs web yang mencantumkan daftar jurnal dengan akses terbuka. DOAJ dikelola oleh infrastructure Services for Open Acces (IS4OA). Perusahaan ini didirikan pada 26 november 2012 dan mendefinisikan tentang jurnal open acces sebagai jurnal ilmiah dan keilmuan yang telah memenuhi standard berkualitasi tinggi melalui penelusuran sejawat atau control editorial. Dan juga “menggunanakan model pendanaan yang tinggi tidak dikenakan biaya kepada para pembaca maupun institusi untuk mengakses atau menggunakannya”.

Didefinisikan oleh Budapest Open Access Initiative (BOAI) atau dalam bahasa Indonesia Inisiatif Akses Terbuka Budapest mengenai “open acces” digunakan untuk menentukan hak-hak yang diperlukan dan diberikan kepada pengguna situs DOAJ, Dan bagi jurnal yang dimasukkan kedalam DOAJ adalah sebagai hak untuk “membaca, menyalin, mendistribusikan, mencetak , mengunduh, mencari, atau menautkan ke naskah lengkap artikel-artikel terkait”. Tujuan dari DOAJ adalah untuk “meningkatkan visibilitas dan memberikan kemudahan kepada pengguna jurnal ilmiah dan akademik dengan akses terbuka agar meningkatkan kualitas pengguna dan memperbesar dampak yang diberikan”.

Pada Maret 2015, database DOAJ memiliki lebih dari 10.000 jurnal yang berasal dari para akademisi di dunia. Menurut data sekitar empat jurnal ditambahkan setiap hari pada tahun 2012 di DOAJ ini. Dan pada bulan Mei tahun 2016, DOAJ telah mengumumkan bahwa mereka menghapus sekitar 3.300 jurnal dari database DOAJ, tujuannya agar bisa memberikan keandalan yang lebih berkualitas pada konten yang termuat didalamnya. Dan untuk jurnal-jurnal yang dihapus tadi bisa melakukan permohonan pengajuan kembali sebagai bagian dari prosedur yang tengah berjalan. Pada 25 Februari 2018, database DOAJ telah memiliki 11.210 jurnal.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Apa Itu Scopus?

Scopus adalah salah satu layanan indeksasi dan sebuah database atau pusat data jurnal internasional terpopuler didunia yang berada dibawah naungan perusahaan Elsevier, perusahaan penerbit publikasi ilmiah internasional ini berlokasi di Amsterdam, Belanda, dan telah berdiri sejak tahun 1880. Perlu kamu ketahi sebelum lanjut ke perbedaan DOAJ dengan Scopus, saat ini scopus telah mengindeks lebih dari 22.000 judul jurnal dari 5000 penerbit dari seluruh dunia. Dan 20.000 artikel yang telah berhasil terindeks scopus  adaah artike peer-reviewed.

Selain menampilkan karya tulis ilmiah, Scopus juga memberikan data hak paten dari berbagai penelitian dari seluruh dunia, dan yang menarik lagi adalah scopus ini memiliki sebuah menyediakan layanan untuk menilai sebauah jurnal berdampak signifikan atau tidak dalam ilmu pengetahuan dunia.

Perlu kamu ketahui bahwa layanan indeksasi itu tidak hanya scopus. masih banyak layanan besar lainnya seperti WOS dan lain-lain. Mengapa jurnal scopus begitu terkenal di Indonesia? Alasannya karena menurut peneliti indonesia, Jurnal Indonesia yang berhasil terindeks oleh Scopus dianggap sebagai jurnal yang berkualitas tinggi dan telah diakui secara internasional sehingga jurnal tersebut layak dijadikan sebuah referensi, sitasi dan lain-lain.

baca juga : jasa publikasi jurnal scopus

Perbedaan DOAJ Dengan Scopus

Perbedaan DOAJ Dengan Scopus

Nah setelah kita mengetahui apa itu DOAJ dan Scopus, kita bisa menyimpulkan beberapa perbedaan DOAJ dengan Scopus, untuk lebih detailnya kamu bisa simak materinya dibawah ini.

1. Tujuan

Perbedaan DOAJ dengan Scopus yang pertama adalah Tujuan. Berdasarkan pengertian keduannya di atas kita bisa mengetahui bahwa tujuan mereka berbeda. Perlu kita ketahui tujuan dari DOAJ yaitu untuk meningkatkan visibilitas dan juga kemudahan penggunaan jurnal ilmiah serta mempromosikan atau menyebarluaskan peningkatan penggunaan dan dampak jurnal ilmiah di seluruh dunia.

Dan untuk tujuan dari scopus adalah mengaitkan seluruh artikel ilmiah yang telah tersusun ke dalam portal yang berfungsi sebagai tolak ukur prestasi peneliti dari masing-masing Negara.

2. Pengertian

Perbedaan DOAJ dengan Scopus yang kedua yaitu pengertiannya. Pengertian dari DOAJ adalah sebuah situs web ilmiah yang memuat daftar directory jurnal dengna akses terbuka yang bisa digunakan oleh semua orang di dunia gratis.

Dan pengertian scopus secara garis besar  bisa kita simpulkan adalah sebuah database atau pusat data dari jurnal internasional bereputasi. Yang dimana reputasi jurnal internasional ini bisa kita lihat dari kinerja jurnal dan juga kinerja beberapa aspek yang mendukungnya. Misalnya seperti penulis, author, dan masih banyak lagi. 

3. Tahun Peluncuran

Perbedaan DOAJ dan scopus yang ketiga yaitu tahun peluncurannya, seperti yang sudah kami sebutkan pada bagian pengertian di atas, DOAJ diluncurkan pada tahun 2002 dan scopus merupakan basis data milik perusahaan publikasi Elsevier ini diluncurkan pada tahun 2004.

4. Manfaat

Perbedaan DOAJ dengan scopus selanjutnya yaitu manfaat, Nah berikut adalah manfaat dari DOAJ :

1. Meningkatkan nilai akreditasi jurnal ilmiah di dunia

2. Memperoleh angka kredit maksimal 20 KUM

3. Meningkatkan traffic kunjungan ke website jurnal

4. Membantu penerbit untuk mengadopsi cara-cara terbaik dalam pengolahan dan membuat jurnal lebih atraktifs

Dan untuk manfaat scopus adalah untuk melayani kebutuhan masyarakat dunia akan informasi penelitian terutama bagi para akademisi seperti peneliti, pengajar, administrator, mahasiswa, dan juga pustakawan. Baik itu dalam hal pencarian ebuah informasi yang spesifik maupun penjelajahan topik, penulis, dan jurnal serta buku, Scopus ini juga menyediakan titik awal yang tepat bagi kamu untuk menuju kumpulan literatur berkualitas di bidang sains, ilmu pengobatan, ilmu sosial, teknologi, dan seni & humaniora.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Kesimpulan

Jadi mungkin hanya itu yang bisa kami sampaikan mengenai perbedaan DOAJ dengan Scopus yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

error: Content is protected !!