Nilai Kum Jurnal Sinta

nilai kum jurnal Sinta

Selamat datang di Al-Makki Publisher! Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai nilai Kum jurnal Sinta.

Bagi Kamu yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai pengertian dan berbagai informasi nilai kum pada jurnal SInta. Kamu dapat menyimak pembahasannya berikut ini.

Pengertian Nilai Kum

Nilai kum jurnal Sinta

Nilai Kredit Usaha Mandiri (KUM) dari sebuah jurnal dihitung berdasarkan jumlah poin yang diperoleh seorang akademisi dalam menjalankan tugas dan aktivitas ilmiahnya.

Nilai KUM ini sangat penting bagi pengembangan karir akademik, termasuk dalam proses pengajuan kenaikan pangkat, misalnya untuk menjadi guru besar.

Berdasarkan Pedoman Penilaian Kredit (PO PAK), publikasi ilmiah baik dalam bentuk jurnal maupun bukumemberikan kontribusi terbesar terhadap peningkatan nilai KUM.

Misalnya, nilai KUM dari buku teks atau buku referensi akademik sering kali lebih tinggi dibandingkan kegiatan mengajar atau membimbing siswa tingkat akhir.

Untuk aktivitas mengajar atau membimbing, seorang dosen biasanya hanya mendapatkan nilai KUM yang lebih rendah, yaitu satu poin saja.

Jika sudah memahami konsep nilai KUM untuk jurnal Sinta, kita bisa melanjutkan ke pembahasan lebih rinci tentang Nilai KUM Sinta.

Dengan struktur ini, teks menjadi lebih jelas dan relevan bagi para akademisi serta peneliti.

Nilai Kum Jurnal Sinta

nilai kum jurnal Sinta

Masih banyak teman-teman akademisi yang belum mengetahui berapa sih nilai Kredit Usaha Mandiri atau nilai KUM yang bisa didapatkan saat mempublikasikan naskah penelitian di jurnal nasional maupun internasional.

Mau tau jawabannya? Yuk simak artikel ini sampai habis!

No.Jenis Artikel JurnalNilai PAKKeterangan
AJurnal
1Jurnal International Bereputasi40Web of Science memiliki IF WoS paling sedikit 0,05 dan atau Scopus dengan SJR jurnal paling sedikit 0,15 atau SJR jurnal di atas 0,10 dan Q3
2Jurnal Internasional30Web of Science memiliki IF WoS kurang dari 0,05 dan atau Scopus dengan SJR jurnal kurang dari 0,15
3Jurnal Internasional Berindeks20Terindeks: INSPEC, ESCI, EBSCO, Gale
4Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta 1 dan 225Jika Sinta 1 yang termasuk kategori Jurnal Internasional golongan 1 & 2, maka dihitung sebagai golongan 1 & 2
5Jurnal Nasional berbahasa Inggris atau 1ahasa resmi PBB lainnya20Terindeks: CABI, Index Copernicus International (ICI), ACI, DOAJ
6Jurnal Nasional berbahasa Indonesia Terakreditasi Sinta 3 dan 420Cukup jelas
7Jurnal Nasional berbahasa Indonesia Terakreditasi Sinta 5 dan 615Cukup jelas
8Jurnal Nasional10Author min. dari 2 institusi berbedaEditor min. dari 2 institusi berbeda
9Jurnal Ilmiah yang ditulis dalam Bahasa Resmi PBB namun tidak memenuhi syarat sebagai Jurnal Internasional10Cukup jelas
BProsiding
1Internasional terindeks pada Scimagojr dan Scopus30Untuk prosiding IEEE xplore yang merupakan flag ship nya IEEE masuk kategori ini
2Internasional terindeks pada WoS, Scopus, IEEE xplore, SPIE25Cukup jelas
3Internasional15Tidak terindeks di Kategori 2
4Nasional10Cukup jelas
CHasil penelitian/pemikiran yang tidak disajikan dalam seminar/simposium/lokakarya, tetapi dimuat dalam prosiding
1Internasional10Prosiding online tak berindeks
2Nasional5Prosiding online tak berindeks

Ketentuan Penulis Pertama dan Penulis Korespondensi dalam PAK 2019

1. Penulis yang berperan sebagai penulis pertama sekaligus penulis korespondensi akan menerima 60% dari total angka kredit karya ilmiah yang dihasilkan.

2. Jika penulis korespondensi dan penulis pertama adalah orang yang berbeda, masing-masing akan mendapatkan 40% dari total angka kredit. Sisanya, yaitu 20%, akan dibagi di antara penulis pendamping.

3. Dalam kasus karya ilmiah yang hanya memiliki penulis pertama dan penulis korespondensi, keduanya akan mendapatkan masing-masing 50% dari total angka kredit. Ketentuan ini berlaku bagi dosen.

4. Untuk mendapatkan angka kredit, penulis korespondensi harus menyertakan bukti komunikasi dengan pengelola jurnal, seperti bukti pengiriman paper, surat penerimaan, dan dokumentasi proses review yang menunjukkan bahwa karya ilmiah tersebut layak untuk dipublikasikan.

Akhir Kata

Mungkin itu saja yang dapat kami sampaikan mengenai nilai kum jurnal Sinta. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Suhendi Al Wasim
Suhendi Al Wasim merupakan seorang youn entrepreneur
error: Content is protected !!