Kelebihan Dan Kekurangan Jurnal Internasional

Kelebihan Dan Kekurangan Jurnal Internasional

Bagi kamu yang sedang mencari artikel mengenai Kelebihan Dan Kekurangan Jurnal Internasional. kalian bisa cek artikel ini!!

Kamu mungkin mengira jurnal internasional tidak mempunyai kekurangan karena nama nya saja adala jurnal internasional otomatis sudah sangat baik. Tentu saja sekelas inernasional juga memiliki kekurangan dan kelebihan nya.  Tetapi dengan adanya kekurangan dan kelebihan para ilmuan bisa saling membangun satu sama lain. Yu lanjut seperti apa pembahasanya simak artikel ini dengan teliti ya!

Pengertian Jurnal Ilmiah

Kelebihan Dan Kekurangan Jurnal Internasional

Jurnal ilmiah adalah suatu artikel hasil penelitian dalam suatu bidang yang di terbitkan secara berkala oleh institusi akademik atau organisasi profesi dan berbentuk publikasi. Jurnal ilmiah diterbitkan setelah kita menyusun laporan melalui skripsi, tesis, disertasi, atau penelitian lainnya. Jurnal tidak selalu berisi laporan penelitian tetapi ada jurnal yang berisi mengenai literatur review.

Perbedaan jurnal ilmiah dan karya tulis ilmiah lainyya adalah, jurnal biasanya lebih singkat dibandingkan dengan yang lainnya. Karena jurnal ilmiiah berisi rangkuman hasil penelitian, oleh karna itu memungkinkan sekali jurnal dibuat dalam satu halaman saja.

Junal juga memiliki persamaan dengan karya tulis lainnya, yaitu disusun secara sistematis. Yang berarti sudah ada struktur dan format yang sudah ditetapkan yang dijadikan landasan dalam menyusun jurnal ilmiah. Meskipun berisi laporan singkat, Jurnal menjadi salah satu sumber literatur valid untuk penelitian.

Artikel jurnal ilmiah sejatinya dibuat untuk dibaca oleh masyarakat ilmiah/peneliti yang memiliki kedisiplinan keilmuan yang relavan, tetapi jurnal bisa dibaca oleh siapaun karna memang jurnal ilmiah dapat dipublikasikan secara bebas.

Pembahasan Selanjutnya adalah alasan dibuatnya jurnal ilmiah.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Alasan Dan Tujuan Jurnal Dibuat

Kelebihan Dan Kekurangan Jurnal Internasional

Alasan dan tujuan dibuat nya jurnal adalah untuk mempublikasikan hasil penelitian agar dapat dijadikan sebagai acuan untuk penelitian selanjutnya dan sebagai sarana untuk saling berkomunikasi antara orang-orang yang berkecimpung di dunia akademik. Bahkan sekarang jurnal ilmiah menjadi syarat kelulusan dibeberapa akademik. Memang jurnal ilmiah terdiri dari beberapa lembar halaman saja setiap kalimatnya berisi ilmu pengetahuan tersendiri.

Fungsi Jurnal

Untuk fungsi jurnal ilmiah adalah seperti mempublikasikan hasil penelitian, pengembangan budaya akademik di perguruan tinggi, sarana komunikasi antara ilmuan, dan sebagai pertukaran ide-ide baru dalam ilmu pengetahuan dan tekhnologi tinggi.

Aspek penting pendukung keberadaan jurnal ilmiah di perguruan tinggi,antara lain:

  • Sarana pelatihan menulis untuk para dosen
  • Sebagai sumber pengetahuan baru
  • Dapat di gunakan sebagai sarana untuk meningkatkan angka kredit
  • Sebagai pengangkat citra nama baik perguruan tinggi

Jenis-Jenis Jurnal

Ada 6 jenis jurnal diantaranya adalah:

  • Jurnal penelitian

Jurnal penelitian adalah sebuah jurnal yag beris tentang hasil penelitian yang telah dilakukan dengan metode ilmiah dan jurnal penelitian tersebut bisa dipertanggungjawabkan keilmiahannya tergantung metode yang dipakai dalam pembuatan.

  • Jurnal cetak

Jurnal cetak adalah jurnal yang ditulis leh ilmuan kemudian di sebarkan dengan media cetak.

Namun semakin canggihnya teknologi jurnal cetak mengalami penurunan dan digantikan oleh jurnal online.

  • Jurnal online

Jurnal online adalah publikasi elektronik dari jurnal tercetak dan bisa di akses menggunakan jaringan internet.

  • Jurnal nasional

Jurnal nasioal adalah jurnal yang diterbitkan untuk lingkup negara nya sendiri atau bersipat nasional. Dan jurnal nasional ini telah di atur oleh undang-undang no 20 tahu 2003 tentang system pendidikan.

  • Jurnal internasional

Jurnal internasional ini berisi tentang naskah-naskah yang bersipat internasional dan bahasa yang digunakan juga menggunakan bahasa internasional.

  • Jurnal internasional bereputasi

Jurnal inernasional bereputasi adalah jurnal yang telah memenuhi kriteria yang telah terindeks oleh database internasional.

Indeksasi merupakan proses untuk mendaftarkan jurnal pada lembaga pengindeks bereputasi, lembaga ini akan membantu pemilik jurnal yang bersangkutan untuk mempublikasikan jurnalnya kepada publik

Berikut Adalah Kelebihan Dan Kekurangan Dari Jurnal Internasional

nah lanjut ke pembahasan inti mengenai kelebihan dan kekurangan jurnal internasional. Berikut adalah pembasahannya:

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

kelebihan

Kelebihan Dan Kekurangan Jurnal Internasional
  • Pembahasannya detail dan mudah difahami
  • Menyajikan abstrak dan kesimpulan
  • Disusun menggunakan prosedur atau tahapan tertentu
  • Menggunakan lugas atau apa adanya

Kekurangan

  • Tidak memberikan ruang kepada masyarakat untuk memberikan respon
  • Tidak mendorong dilakukannya peneliian lanjutan
  • Terkadang mengandung istilah yang hanya berlaku pada bidang tertentu

Itu adalah kelebihan dan kekurangan dari jurnal internasional. Tetapi seperti yang sudah kita sebutkan dengan adanya kelebihan dan kekurangan tersebut para ilmuan bisa saling membangun satu sama lain.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Akhir Kata

Sekian sedikit pembahasan dari kami terkait kelebihan dan kekurangan jurnal internasional, semoga mudah difahami dan menambah wawasan anda. Terimakasih telah membaca!

error: Content is protected !!