Jurnal Scopus Yang Mudah Ditembus

Sedang mencari informasi tentang jurnal scopus yang mudah ditembus? yuk simak artikel ini sekarang! Karena kami tim al-makki publisher akan memberikan informasinya!

Scopus merupakan sebuah database jurnal ilmiah yang berisi kutipan dan abstrak artikel. Scopus juga dapat kita katakan sebagai tolak ukur reputasi jurnal internasional, karena jurnal yang dapat menembus Scopus harus memiliki reputasi yang tinggi di mata dunia internasional tentunya.

Jangan khawatir apabila kamu pernah menulis jurnal di Scopus dan tidak berhasil atau tidak lolos sama sekali. Karena pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi terkait beberapa tips dan daftar jurnal Scopus yang mudah ditembus.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Baca Juga : Ciri-ciri Jurnal Terindeks Sinta

Berikut adalah 20+ Daftar Jurnal Scopus Yang Mudah Ditembus

Belakangan ini kami banyak mendapat pertanyaan mengenai bagaimana caranya agar jurnal Scopus mudah ditembus, dan apa saja ciri-ciri jurnal Scopus yang bisa ditembus.

Sebenarnya ada beberapa fitur yang harus teman-teman ketahui, Yuk kita simak bersama dibawah ini:

  1. Ada masalah besar. Publikasi dapat menampilkan jumlah jurnal yang telah diterbitkan dalam satu tahun. Beberapa jurnal akan menerbitkan edisi tahunan. Artinya hanya ada 1 terbitan saja dalam 1 (satu) tahun, dan isinya biasanya hanya 10-20 makalah. Akan tetapi ada juga jurnal dengan 12 publikasi atau 1 terbitan per bulan. Tidak sampai disitu, ada beberapa jurnal Scopus yang menerbitkan 24 atau bahkan 36 edisi per tahun. Semakin banyak pertanyaan, semakin besar juga persaingan untuk dapat diterima jika kita bandingkan dengan lebih sedikit pertanyaan dari jurnal di tingkat yang sama (kuartil).
  2. Semakin rendah kuartilnya (lowest quartile 4), maka akan semakin mudah pertandingan tersebut untuk diposting di Scopus.
  3. Secara umum, mencari jurnal Scopus dengan kuartil rendah dan jumlah terbitan tinggi, contoh 24 penerbit per tahun.

Berikut ini merupakan daftar beberapa jurnal Scopus yang mudah untuk diakses.

NoNama JurnalBidangQuartileLama WaktuBiaya
1Electronics mdpiElectronic EngineeringQ11 bulan1500 CHF
2Indian Journal of Occupational and Environmental MedicineScienceQ31-3 bulanFree
3Indian Journal of Psychological MedicineMedicalQ31-3 bulanFree
4Journal of Public Health ResearchMedicalQ21-3 bulan300 euro
5BiodiversitasBiologyQ330 hari3.5 juta
6AACL BIOFLUXBiologyQ33 bulan$250
7Journal of Pharmeutical ResearchMedicalQ210 hari 
8Pharmacology research and perspectivesMedicalQ11 bulanFree
9Journal of Advanced Research in Fluid Mechanics and Thermal SciencesEngineeringQ42 bulan$350
10BiodiversitasBiologyQ32 bulan4.5 juta
11Case Studies in Thermal EngineeringEngineeringQ12 bulan 
12Geojournal of tourism and geositesTourismQ22 bulan680 euro
13Evergreen JournalEngineeringQ34 bulanFree
14Journal of Asian Finance, Economic and BussinessEconomy, BusinessQ21 bulan 
15Science of the Total EnvironmentScience, Biology, ChemistryQ12-8 bulanFree
16Non-coding RNA researchMedicalQ12 bulan$555
17Asian Journal of Civil Engineering (Springer Nature)Civil EngineeringQ31 bulan 10 hariFree
18Library Philosophy and PracticeLibrary, social scienceQ22 bulanFree
19International journal economic and PolicyEconomy, PolicyQ11 bulan$590
20BiodiversitasBiologiQ32 bulan4.5 juta

Sekilas Tentang Scopus       

Submit Jurnal Scopus Gratis

Setelah mengetahui jurnal scopus yang mudah ditembus, kita juga harus faham apa itu scopus.Yuk kita simak selengkapnya dibawah ini.

Scopus adalah sebuah database kutipan atau literatur ilmiah (pusat data) yang berada dibawah naungan oleh penerbit terkemuka dunia Elsevier. Perlu kamu ketahui Scopus ini diperkenalkan ke masyarakat luas pada tahun 2004. Scopus ini memiliki saingan yaitu Web of Science (WOS) yang diterbitkan oleh Thomson Reuters, yang juga merupakan pusat data atau database jurnal ilmiah terbesar di dunia.

Meskipun diterbitkan lebih dulu jika kita bandingkan dengan Scopus, scopus sebenarnya lebih populer dan menawarkan lebih banyak jurnal (20% lebih banyak) dibandingkan dengan WOS. Tidak hanya Scopus, database lain yang memiliki jumlah data besar yaitu Sciencedirect. Seperti yang kita ketahui bersama, database ini juga sama-sama diterbitkan oleh Elsevier.

Kedua database Elsevier ini fokus pada 4 bidang keilmuan. Diantaranya, fisika dan teknik, ilmu hayat, ilmu kesehatan, ilmu sosial dan humaniora.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Apa Saja Tingkatan Jurnal Scopus Yang Mudah Di Tembus?

Tentu saja tidak hanya mengetahui daftar jurnal scopus yang mudah ditembus, anda juga harus mengetahui tingkatan jurnal scopus. Ada empat tingkatan jurnal Scopus yang harus diketahui oleh seorang sarjana atau peneliti. Level jurnal Scopus, mulai dari Q1, Q2, Q3, Q4. Saat mengevaluasi jurnal, Scopus membagi kualitas jurnal menjadi empat (4) kuartil Q1-Q4, seperti dilansir ui.ac.id. Q1 adalah jurnal dengan kualitas terbaik, diikuti urutan Q2-Q4.

1. Q1 (Kuartil 1)

Kategori Q1 (kuartil 1) ini berarti di antara jurnal-jurnal tersebut, beberapa jurnal terindeks Scopus memiliki dampak terbesar. Misalnya ada 100 jurnal terindeks Scopus di berbagai bidang keilmuan, biasanya jurnal kategori Q1 menempati peringkat 1-25 atau 25 besar jurnal.

2. Q2 (Kuartil 2)

Kategori Q2 (kuartil 2) ini berarti jurnal dengan banyak indeks Scopus memiliki dampak yang cukup besar. Misalnya, beberapa bidang keilmuan memiliki 100 jurnal yang terindeks Scopus, biasanya jurnal kategori Q2 mendapat skor 26-50.

Baca Juga : Cara Membuat Jurnal Internasional Scopus

3. Q3 (Kuartil 3)

Kategori Q3 (kuartil 3) ini berarti jurnal dengan banyak indeks Scopus memiliki dampak yang lebih kecil. Misalnya, beberapa bidang ilmiah memiliki 100 jurnal terindeks Scopus, dan biasanya jurnal dalam kategori Q3 mendapat skor 51-75.

4. Q4 (Kuartil 4)

Kategori Q4 (kuartil 4) ini berarti beberapa jurnal terindeks memiliki pengaruh yang paling rendah diantara jurnal lainnya. Misalnya, ada 100 jurnal terindeks Scopus di berbagai bidang keilmuan, dan biasanya jurnal di kategori Q4 menempati peringkat 76-100 atau 25 terbawah.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Tips Untuk Membuat Jurnal Scopus Mudah Ditembus

Scopus membagi peringkat kualitas jurnal menjadi 4 bagian, Q1, Q2, Q3 dan Q4. Level terbaik untuk pemula adalah Q4. Jurnal scopus yang mudah ditembus memiliki syarat mutlak yaitu harus menulis artikel yang berkualitas berdasarkan hasil penelitian sendiri, dan harus novel (judul baru).

Berikut adalah beberapa tips agar jurnal Anda dapat ditembus dan ditayangkan di Scopus:

1. Teus belajar dan terus mencari referensi dari sumber terpercaya

2. Membaca, mencatat dan memahami pokok-pokok jurnal

3. Isi artikel tidak kurang dari 5000-7000 kata

4. Artikel baru harus berkualitas tinggi dan jelas

5. Menggunakan tata bahasa/tata bahasa yang baik dan benar

6. Temukan jurnal untuk anda terbitkan, semakin banyak jurnal yang Anda terbitkan, semakin kecil peluang Anda untuk lulus

7. Tingkat plagiarisme tidak melebihi 10%

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Baca Juga : Manfaat Penulisan Karya Ilmiah

Kesimpulan

Nah mungkin cukup sekian sedikit pembahasan dari kami terkait jurnal scopus yang mudah ditembus, semoga bisa bermanfaat dan terimakasih.


error: Content is protected !!