Cara Menulis Jurnal Internasional

Pada pertemuan kali ini kami akan membahas mengenai bagaimana cara menulis jurnal internasional yang masih di pertanyakan banyak orang terutama para mahasiswa. Jurnal internasional ini biasanya memiliki urutan yang teratu yaitu mulai dari judul hingga referensi.

Perlu kamu ketahui bahwa jurnal internasional memiliki penulisan baku dan tidak sesulit yang kamu bayangkan. Bagi kamu yang penasaran yuk kita simak selengkapnya mengenai struktur jurnal internasional dan cara menulis jurnal internasional !!

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Baca Juga : Publisher Jurnal Internasional

Struktur Jurnal Internasional

Jika kamu ingin menulis artikel atau jurnal internasional, kamu harus memenuhi struktur atau susunan penulisan dari jurnal internasional terlebih dahulu. Berukut adalah struktur atau sistematika penyusunannya :

  • Judul artikel atau karya ilmiah / titile
  • Nama penulis / Authors
  • Unit kerja dan alamat lengkap / Affiliation
  • Abstrak artikel atau karya ilmiah / Abstract
  • Bab 1 yang berisi pendahuluan / Introduction
  • Bab 2 yang berisi metode penelitian / Materials And Method
  • Bab 3 yang berisi hasil dan pembahasan / Result
  • Bab 4 yang berisi kesimpulan dan saran / Discussion      
  • Ucapan Terimakasih / Acknowledgements
  • Dilengkapi dengan daftar pustaka yang merupakan sumber atau referensi yang menjadi acuan / References

Nah itu adalah struktur dari penulisan jurnal ilmiah yang harus kamu penuhi dan fahami bagaimana cara pembuatannya.

Cara Menulis Jurnal Internasional

Oke akhirnya kita sampai pada pembahasan utama, jadi untuk cara menulis jurnal internasional ini terbagi mencari 8 cara, seperti apa pembahasannya, yuk kita simak !!

1. Tentukan Tema Penelitian

Untuk cara yang pertama adalah dengan menentukan tema dari penelitian. Bagian ini sangat penting untuk kamu perhatikan. Karena hal ini dapat mengacu pada seberapa populer jurnal milikmu agar bisa dibaca oleh banyak orang. Saran dari kami, teman-teman dapat mencoba untuk memilih tema yang saat ini sedang hangat atau banyak diperbincangkan dan tentunya masih relavab dengan bidang ilmu yang kalian kuasai. Juga tema tersebut harus memiliki unsur kebaruan supaya bisa selalu update.

2. Relevan Dengan Bidang Keilmuan

Cara menulis jurnal internasonal yang selanjutnya adalah menggunakan referensi yang berkualitas. Jadi pada saat proses pencarian sebuahrefrensi jurnal kamu tidak boleh sembarangan, sebab kaliah harus menyesuaika terbelebih dahulu dengan bidang keiimuan yang kalin benar-benar kuasai. Nah dengan begitu ini bida menjadi factor yang meminimalisir terjadinya kegagalan pada penulisan jurnal karena relavan maka jurnal tersebut akan dianggap kompetendi bidang keilmuan tersebut.

3. Buat Reviewer Terpikat

Tentunya pada penulisan jurnal internasional haruslah sesuai dengan yang diinginkan oleh para viewers. Oleh karena itu bagian ini sangat penting untuk kalian lakukan.

Jadi pada saat menggunakan referesi jurnal dari penelitian, pembaca harus mengetahui jurnal tersebut searah dengan bidang ilmu yang kamu kuasai.

4. Pakai Alat Supaya Tidak Human Error

Cara menulis jurnal internasional selanjutnya yaitu menggunakan tools. Jadi pada saat pembuatan jurnal juga diusahakan untuk sesuai dengan panduan penelitian yang berlaku supaya dapat memudahkan pada saat proses penerbitan dan juga sebisa mungkin kamu untuk menghindari kesalahan yang mengakibatkan human error.
Seperti kesalahan penulisan/typo, salah tata bahasa, salah pada penyusunan bagian jurnal, dan masih banyak lagi.

5. Menghindari Plagiat

Dalam penulisan jurnal entah itu jurnal nasional atau internasional, plagiasi merupakan hal yang harus benar-benar kamu hindari, karena jika pada tulisanmu mengandung plagiasi maka tulisan tersebut akan langsung ditolak, tentu saja itu sangat merugikan kamu bukan.

6. Menyusun Daftar Pustaka

Pada saat penulisan daftar pustaka juga harus kamu perhatikan, kamu harus benar-benar cermat dan sesuai dengan peraturan yang berlaku, pada saat proses penulisan
Tapi tenang saja kamu juga dapat mencoba untuk menggunakan aplikasi khusus atau tools yang bisa digunakan pada proses penyusunan supaya terhindar dari human error.

7. Ucapan Terimakasih

Selanjutnya cara menulis jurnal internasional adalah menyampaikan ucapan terima kasih dan mengapresiasi bantuan dari semua pihak yang telah membantu proses penelitian sampai selesai. Bagian persembahan ini kamu letakan pada bagian akhir jurnal, yang pastinya bagian ini juga harus ada.

8. Pembayaran

Nah apabila kamu telah berhasil menerima LoA Letter of Acceptance dari hasil jurnal yang kalian sudah susun, bagian ini biasanya juga di dalam tersebut akan ada sebuah invoice.
Maka kamu telah bisa melakukan pembayaran, dan untuk melakukan pembayarannya sendiri yaitu dengan menggunakan mata uang negara asal dan kamu juga bisa juga memakai dollar Amerika sebagai pembayaran.

Nah telah kami sampaikan bagaimana cara menulis jurnal interasional yang tepat, sekarang yuk kita pelajari apa saja keuntungan menerbitkan jurnal internasional. Simak terus ya!

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Baca Juga : Cara Mencari Jurnal Internasional Di Google Scholar

Apa Kuntungan Publikasi Jurnal Internasional?

Nah mungkin dari teman-teman banyak yang bertanya apa sih keuntungan publikasi jurnal internasional ini? Untuk mengetahui jawabannya, yuk simak pembahasannya berikut ini!

Keuntungan menerbitkan jurnal internasional bagi para akademisi adalah sebagai syarat untuk kenaikan jabatan. Dan juga bisa digunakan untuk kenakian guru besar(professor) atau bisa juga untuk kenaikan jabatan Lektor Kepala (Associate Professor).

Memang di Indonesia keuntungan yang didapat tidak terlalu terasa, tapi perlu kamu ketahui di luar negeri 1 publikasi dengan mencantumkan institusi atau perguruan tinggi, maka institusi tersebut akan membayar si penulis/pemilik jurnal sebesar USD 3000-5000 tergantung grade jurnalnya.

Itu adalah keuntungan publikasi jurnal internasional yang wajib ketahui.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

5 Kesulitan Menulis Jurnal Internasional

Dibawah ini kami paparkan 5 kesulitan yang akan Anda hadapi pada saat menulis jurnal internasional. Penasaran apa saja 5 kesulitan itu? yuk simak selengkapnya dibawah ini!

1. Bahasa / Grammar

Kesulitan dalam menulis dalam bahasa asing, terutama bagi peneliti yang bukan penutur asli bahasa tersebut.

2. Standar Penulisan

Mematuhi standar penulisan jurnal internasional yang ketat, termasuk format, gaya penulisan, dan aturan penulisan ilmiah.

3. Kualitas Penelitian

Memastikan bahwa penelitian yang dilakukan memiliki kualitas yang cukup baik dan relevan untuk dipublikasikan di jurnal internasional.

4. Persaingan yang Ketat

Bersaing dengan peneliti dari seluruh dunia untuk mendapatkan tempat di jurnal internasional yang diakui.

5. Proses Review

Menghadapi proses peer review yang ketat, di mana artikel akan dinilai oleh para ahli sebidang sebelum diterbitkan.

Kesimpulan

Telah kami sampaikan informasi mengenai struktur jurnal internasioal, bagaimana cara menulis jurnal internasional, dan keuntungan yang didapat dari publikasi jurnal internaisonal. Semoga dengan artikel ini bisa menambah wawasan teman-teman semua. Terimakasih.

error: Content is protected !!