Cara Daftar Sinta

Cara Daftar Sinta

Cara daftar sinta adalah hal yang sangat mudah. Bagi kalian yang ingin mengetahuinya, silahkan kalian klik saja artikel berikut ini!!

Sekilas Tentang Sinta

Cara Daftar Sinta

Sinta memiliki singkatan dari Science and Technology Index, dan sinta merupakan database atau pusat data yang bisa digunakan untuk mengukur kinerja penulis, jurnal, penelitian, dan juga institute dalam bidang publikasi ilmiah.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Cara Daftar Sinta Dengan Mudah

Nah, pada bagian ini kami akan memberikan kalian mengenai cara daftar sinta dengan lengfkap dan tentu saja mudah.

Mungkin anda akan bertanya: apa saja yang perlu kami siapkan dalam cara daftar sinta?

Nah, sebelumnya tidak ada persiapan yang khusus yang harus kalian siapkan. Hanya saja kalian perlun akun google scholar atau google cendekia dan email (email yang sama pada akun google cendekia atau google scholar)

Setelah itu, kalian cuman hanya perlu menyiapkan NIDN atau NIDK saja bagi dosen PTS. Dan juga kami menyarankan untuk kalian bisa menyiapkan NIK.

Baiklah langsung saja berikut kami paparkan ccara daftar sinta dengan mudah dan juga cecpat.

Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. pertama-tama yang kalian perlukan adalah membuka browser dan memasukan URL URL https://sinta.kemdikbud.go.id/ author atau bisa dengan melalui menu registrasi pada laman https://sinta.kemdikbud.go.id/ . tampilan laman seperti di bawah ini:

Cara Daftar Sinta

2. selanjutnya kalian perlu memilih status dosen ( peneliti atau dosen ) seperti yang sudah terlihat pada gambar 2. Jika kalian seorang dosen, maka pilih dosen dan kemudian masukan NIDN atau NIDK pada kolom kanan. Tampilan laman seperti dibawah ini:

3. saat kalian memasukan NIDN atau NIDK, kalian pilih data yang muncul pada auto-completion, seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini:

Cara Daftar Sinta

4. pada menu afiliasi, kalian pilih dari data yang muncul di menu afiliasi pelengkapan otomatis, seperti yang ditujukan pada gambar berikut ini, jika tidak, pendaftran tidak bisa dilanjutkan.

5. nah, untuk pada bagian Academic Grade (Functional Position), kalian pilih data yang muncul pad autocomplete seperti yang sudah terlihat pada gambar dibawah ini:

Cara Daftar Sinta

6. yang keenam ini kalian harus memasukan nomor KTP pada kolom nomor kartu tanda penduduk atau KTP dan email pada kolom Email. Setelah itu, kalian harus membuat kata sandi yang bisa diingat atau mudah kalian ingat akan tetapi kata sandi itu sulit atau susah ditebak oleh orang lain. Dan disarankan juga untuk menggunakan kata sandia tau password dengan kata sandi email kalian.

7. Langkah selanjutnya mengenai cara daftar sinta adalah dengan sangat penting karena pada tahap ini kalian akan menautkan atau menghubungkan akun google scholar atau google cendekia kalian kedalam akun Sinta yang sudah kalian buat. Nah, pada kolom URL google scholar atau google cendekia, kalian hanya cuukup copy-paste saja  URL profil google scholar atau google cendekia Cendekia (buka https://scholar.google.co.id/ lalu kalian klik profil saya, selanjutnya salin URL postingan yang akan kalian masukan ke dalam google scholar atau google cendekia URL). Jika ID valid, maka avatar google scholar atau google cendekia akan ditampilkan, seperti yang ditunjukan pada gambar berikut ini. Jika ID google cendekia atau Google Scholar tidak valid, maka pendaftara tidak bisa dilanjutkan atau tidak bisa diteruskan.

Cara Daftar Sinta

8. nah, untuk pada bagian ini, bagi yang memiliki atau mempunyai akun scopus, kalian bisa ikuti Langkah yang sama pada poin yang ke 7 dengan menggunakan URL profil Scopus kalian.

9. untuk bagian yang kesembilan ini kalian harus mengklik tombol daftar untuk bisa mengolah data. pada gambar di bawah ini mewakili data wajib.

10. dan jika pendaftaran itu berhasil, maka penulis secara otomatis akan menerima atau mendapatkan pemberitahuan mengenai pendaftaran berhasil, seperti pada gambar di bawah ini:

Cara Daftar Sinta

11. kemudian setelah registrasi atau pendaftaran berhasil, maka penulis akan mendapatkan atau menerima email dengan link untuk bisa mengaktifkan akun SINTA, seperti yang terlihat pada gambar berikut ini. Dengan catatan: kalian wajib mengaktifkan dalam jangka waktu 24 jam setelah pendaftaran. Jika kalian tidak mengaktifkan, link aktivasi maka secara otomatis akan kadaluwarsa atau basi dan kalian harus mendaftarkannya lagi.

12. jika kalian benelum diberikan atau belum menerima link aktivasi akun Sinta, pendaftran bisa meminta supaya link aktivasi dikirim ulang dengan mengklik link kirim ulang aktivasi pada kanan bawah aplikasi https://sinta.ristekbrin. go.id/author/ terlihat pada gambar dibawah ini:

Cara Daftar Sinta

13. selanjutnya jika sesudah proses aktivasi itu selesai, maka secara otomatis pendaftaran akan menerima email pemberitahuan bahwa akun telah diaktifkan.

14. Sesudah atau setelah Menara baru mengaktifkan akun kalian, kalian bisa masuk dengan menggunakan email dan kata sandia tau password yang sudah kalian buat saat pendaftaran.

15. nah, pada tahap yang terakhir ini, tim verifikasi atau tim verifikator SINTA akan memberivikasi data kalian. Setelah akun kalian dinyatakan valid atau lolos oleh tim varifikasi ristekdikti, data dokumen akan disinkron atau dihubungkan dengan google scholar atau google cendekia ID dan Scopus ID kalian.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Fungsi Akun Sinta

Setalah kita mengetahui mengenai bagaimana cara daftar sinta, kurang rasanya jika kita tidak membahas mengenai fungsi akun sinta.

Nah, berikut ini kami paparkan beberapa fungsi Sinta yang telah jarang sekali diketahui para akademisi.

Berikut adalah fungsinya:

1. Berfungsi Untuk Memotivasi Dosen

Cara Daftar Sinta

Yang pertama dalam cara daftar sinta aadalah. Dengan adanya sinta ( Indeks Teknologi ), diharapkan dosen dan juga peneliti agar lebih giat lagi dalam menulis atau membuat dan menerbitkan atau mempulikasikan jurnal atau karya ilmiah lainnya.

2. Sebagai Pengukur Kinerja

Sinta juga bisa dipakai atau digunakan untuk mengukur prestasi penyelidik dan pensyarah, prestasi institute dan prestasi jurnal.

3. Mendata Publikasi Dosen

Cara Daftar Sinta

Fungsi Sinta adalah merekam kutipan dan publikasi dosen dengan melalui Google Scholar atau Google Cendekia.

4. Melihat Peringkat Institusi

Selanjutnya dengan Melalui akun Sinta kalian, kalian bisa melihat peringkat publikasi institusi serta peringkat publikasi penulis atau publisher.

5. Memantau Kinerja Dosen

Cara Daftar Sinta

Yang teralhir dalam cara daftar sinta adalah. Akun Sinta juga bisa memantau kinerja dosen dalam bentuk publikasi ilmiah.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Fitur di Laman Jurnal Sinta

Jurnal sinta kemudian dilengkapi dengan beberapa atau banyak fitur yang bisa mempermudah atau memudahkan dosen dengan mengetahui progress publikasinya. Sekaligus bisa memudahkan pengguna sinta untuk bisa menemukan sumber referensi jurnal dengan kualitas yang terjamin sesuai kebutuhan dan juga harapan. Fitur-fitur tersebut diantaranya:

1. Citation

Cara Daftar Sinta

Fitur yang pertama adalah citation. Citation adalah informasi mengenai H-indeks dalam jangka waktu satu tahun terakhir pada google scholar atau google cendekia. Sehingga H-indeks di dalam kedua database ini termuat pada reputasi jurnal didalam sinta.

2. Networking

Selanjutnya adalah fitur Networking. Networking adalah informasi yang di khususkan untuk menjelaskan semua pihak yang sudah atau pernah Kerjasama dengan dosen yang kemudian menjadi penulis atau author jurnal didalam sinta.

Sehingga semua orang dapat mengetahui jaringan yang dipunyai atau dimiliki oleh penulis atau author tentunya dapat ikutr menentukan kualitas pada jurnalnya. oleh sebab itu jurnal yang memuat atau menampung hasil penelitian atau kolanorasi tentu bisa dianggap lebih mumpuni.

3. Research Output

Cara Daftar Sinta

Fitur selanjutnya adalah Research Output. Fitur Research Output adalah fitur yang menampilakan semua output atau luaran yang sudah dihasilkan. Baik itu dalam berbentuk buku ilmiah, publikasi jurnal, ataupun bentuk lainnya.

4. Score

Fitur yang terakhir adalah Score. Score adalah fitur yang dikhususkan untuk menampilkan indeks keseluruhan atau semuannya publikasi jurnal. Mulai dari google scholar, kemudian di sinta, lalu di scopus, sampai hasil indeks di instansi.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Kesimpulan

Nah, mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan mengenai cara daftar sinta, semoga bisa bermanfaat dan juga berguna bagi rekan-rekan semua. Terimakasih!!

error: Content is protected !!