Cara Publikasi Jurnal Scopus

Cara Publikasi Jurnal Scopus

Nah bagi kamu yang ingin melakukan publikasi jurnal di scopus dan belum mengetahui bagaimana caranya, kamu sekarang berada di artikel yang tepat. Karena pada artikel ini kami akan memberikan informasi mengenai bagaimana cara publikasi jurnal scopus.

Untuk melakukan publikasi di scopus ini sebenarnya mudah kok, tapi masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Bagi kamu yang penasaran seperti apa pembahasanya? Yuk kita simak selengkapnya mengenai cara publikasi jurnal scopus dibawah ini!

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Baca juga cara mencari h indeks scopus

Cara Publikasi Jurnal Scopus

Cara Publikasi Jurnal Scopus

Untuk melakukan publikasi di scopus kamu harus mengatahui poin-poin berikut ini.

1. Mengenal Scopus

Bagi kamu belum mengetahui apa itu scopus silahkan simak pembahasanya berikut ini.

Scopus adalah sebuah database atau pusat data jurnal internasional yang sangat populer diseluruh dunia. Karena ke populerannya tersebut, banyak penulis dari seluruh dunia yang berlomba-lomba supaya tulisan mereka bisa terindeks oleh scopus. Dan scopus juga bisa menjadi sebuah portal rujukan yang menampilkan berbagai penelitian yang bergengsi dari para akademisi di seluruh dunia. Seluruh jurnal hasil penelitian yang terindeks scopus ini telah melewati fase dan tahapan yang sangat ketat, mulai dari menemukan orisinalitas, waktu dari penelitian, sampai kualitas tulisan tersebut.

 2. Pertimbangkan Penerbitan Jurnal Scopus Gratis

Mungki kamu salah satu orang yang berpikir bahwa untuk menerbitkan jurnal di scopus ini memerlukan biaya yang besar. Tapi kenyataannya banyak penerbit jurnal yang tidak memerlukan biaya sedikitpun, dengan syarat tulisan yang kamu berikan ini berkualitas.

Jika kamu sampai saat ini fokus pada penerb jurnal berbayar, sekarang kamu juga harus mempertimbangkan kembali mengenai publikasi jurnal Scopus gratis, yang sama-sama bisa diakses dan tentunya dengan kualitas yang sama.

Berikut adalah beberapa penerbit gratis jurnal scopus:

  • The International Review Research in Open and Distributed Learning (IRRODI)

Jurnal terbitan Universitas Athabasca yang spesifik meneliti kehidupan sosial, terutama bidang pendidikan.

  • International Journal of Management Science and Engineering Management

Jurnal terbitan YTaylor and Francis Online yang banyak mempublikasikan penelitian seputar bidang akuntansi, manajemen bisnis, dan sistem informasi.

  • Temukan Referensi Jurnal Scopus Yang Tepat

Tidak hanya mempertimbangkan mengenai biaya yang dikeluarkan saat publikasi jurnal, kamu juga memperhatikan keakuratan jurnal dan mencari jurnal berkualitas sebagai referensi. Pertanyaannya adalah bagaimana cara kamu mencari jurnal di Scopus? Karena begitu banyak artikel yang terindeks oleh Scopus, kamu pasti kesulitan untuk menemukan jurnal tingkat nasional.

Nah caranya adalah kamu harus selalu teliti dan focus pada penelitian yang paling relavan dengan tulisan yang kamu buat. Dan untuk cara mudah menemukan referensi jurnal yang sesuai, pada kolom pencarian jurnal, masukan kata kunci yang detail seperti nama penerbit, judul, atau bisa juga ISSN.

4. Persiapkan Naskah Dan Sesuaikan Dengan Yang Diminta Jurnal

Cara publikasi jurnal scopus yang ke empat adalah Format naskah yang bisa dikirim ke editor jurnal internasional yang terindeks Scopus biasanya kamu harus mencantukkan sebuah halaman atau dokumen Pedoman Penulis.

Yang harus kamu lakukan yaitu menyesuaikan artikel yang kamu tulis dengan format, mulai dari panjang teks (jumlah kata) hinggaf ormat bibliografi. Pastikan juga semuanya telah memenuhi persyaratan atau kaidah penulisan jurnal. Nah untuk kenyamanan, mereka biasanya menyediakan template naskah yang bisa kamu unduh,  jadi nanti kamu hanya perlu mengunduh dan menyalinnya pada artikel kamu.

5. Mulai Publikasikan Jurnal Penelitian Kamu

Untuk cara publikasi jurnal ke scopus, kamu bisa mengikuti tahapan-tahapannya dibawah ini.

  • Untuk tahap pertama silahkan kamu ikuti semua petunjuk dan ketentuan supaya jurnal kamu tulis bisa di terbitkan oleh penerbit yang kamu tuju.
  • Cobalah untuk berkomunikasi dengan sarjana dari universitas atau perguruan tinggi lain, dan disarakan berkomunikasi dengan universitas dari negara yang berbeda, tujuannya agar penelitian bersipat kolaboratif dan memiliki nilai plus dihadapan penerbit
  • Penelitian yang sesuai haruslah tepat sasaran
  • Menulis jurnal penelitian dengan kata 5000 sampai 7000 kata, dengan terjemahan yang benar, kaidah kebahasaan yang benar , referensi yang memadai, dan terkahir tidak mengandung unsur plagiarisme
  • Terus meningkatkan dan membangun rekam jejak pencapaian yang kuat dan rekam jejak untuk diri sendiri dan terutama untuk perjalanan karier kamu.

Jadi itu adalah beberapa cara publikasi jurnal di scopus yang bisa kamu ikuti, oke lanjut ke pembahasan selanjutnya mengenai keuntungan jurnal terindeks scopus. Seperti apa pembahasannya, yuk kita simak!

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Keuntungan Jurnal Terindeks Scopus

Bagi mereka para akademisi terutama peniliti dan dosen, memiliki publikasi yang terindeks oleh scopus, tentu saja memiliki banyak keuntungan yang signifikan. Diantaranya adalah mempercepat kenaikan jabatan, memudahkan yang mereka untuk lolos dana hibah dari DIKTI dan berbagai benefit lainnya yang bisa mereka dapatkan.

Nah mungkin kau bertanya-tanya, bagaimana jika seorang mahasiswa yang memiliki publikasi jurnal dan berhasil terindeks scopus apa keuntungan yang ia dapat? Untuk jawabannya silahkan simak dibawah ini!

Mengasah Kemampuan Menulis

Untuk keuntungan yang pertama yaitu mengasah kemampuan menulis artikel ilmiah, pada saat menulis artikel ilmiah haruslah lebih dari 5000 kata, dan semua itu haruslah ditulis dengan runut, sistematis dan pastinya harus sesuai dengan kaidah penulisan jurnal. dan jika kamu seorang mahasiswa yang memilik jurnal dan berhasil terindeks scopus tentunya ini akan menjadi pengalaman berharga juga kemampuan menulis artikel illmiahmu selangkah lebih baik dari mahasiswa lainnya.

Mengasah Kemampuan Bekerja Sama

Dan untuk keuntungan selanjutnya adalah mengasah kemampuan bekerja sama dengan tim, pada saat nanti kamu terjun ke dunia professional, pastinya kamu tidak akan bekerja sendiri dan yang artinya kamu akan memerlukan kerja sama dengan orang lain atau membutuhkan rekan tim supaya bisa saling melengkapi kekurangan satu sama lain. Kamu pasti menyadari tidak mudah mencari rekan yang memiliki pikiran sejalan.

Tetapi pada saat penulisan artikel ilmiah terutama tingkat internasional, minimal kamu harus berlatih menulis artikel ilmiah dengan dosen. Biasanya pada penelitian tingkat s1 akan melakukan kolaborasi bersama dosen pembimbing. Oleh karena itu kamu akan belajar bekerja sama dengan orang yang dewasa dan lebih berpengalaman dari kam.

Membuat Curriculum Vitae Kamu Semakin Menarik

Selanjutnya bagi kamu yang ingin bekerja di bidang akademik atau penelitian, pengalaman publikasi ini tentu saja akan menjadi poin yang sangat penting dan pastinya akan mendukung pada karier kamu nantinya. Dan jika kamu berkeinginan untuk melanjutkan studi di luar negeri pun publikasi jurnal scopus ini akan membantu peluangmu diterima semakin besar.

Membubuhkan Namamu Secara Internasional

Pada saat karya ilmiahmu berhasil tembus oleh jurnal internasional apalagi berhasil terindeks oleh scopus, maka nama kamu akan muncul dan akan tetap ada pada Google Scholar sebagai salah satu penulis jurnal internasional atau auhtorKarya ilmiahmu akan menjadi bahan referensi dan bacaan bagi peneliti lain di masa depan. Tentu saja hal ini memiliki arti bahwa kamu telah berkontribusi secara nyata bagi kemajuan ilmu pengetahuan di dunia.

Kesimpulan

Telah kami sampaikan mengenai bagaimana cara publikasi jurnal scopus dan keuntungan yang didapat jika memiliki tulisan terindeks scopus, semoga artikel ini bisa membantu dan semoga bermanfaat. Terimakasih.

error: Content is protected !!