Cara Mengetahui Jurnal Internasional Bereputasi

Cara Mengetahui Jurnal Internasional Bereputasi

Al-Makki Publisher – Bagi kamu yang penasaran dengan Cara Mengetahui Jurnal Internasional Bereputasi, silahkan simak sampai habis!

Berkarir menjadi seorang dosen, pasti adanya sebuah kewajiban dalam menyusun artikel ilmiah dari hasil penelitian yang telah dibuat. Namun, perlu disadari dosen adanya apresiasi dan diakui perlu mempublikasikan karyanya di jurnal internasional bereputasi.

Pada akhirnya bisa dirasakan dampaknya maupun diketahui karyanya oleh peneliti lain dan masyarakat lainnya. Melihat dari pemerintah sudah mengeluarkan aturan pada Permenristekdikti Nomor 44/2015 tentang SNDikti yang mewajibkan para lulusan S2 dan S3 melakukan publikasi ilmiah.

Oleh karenanya dosen maupun mahasiswa perlu di edukasi tentang cara mencari Jurnal Internasional Bereputasi.

Kriteria utama yang harus diketahui dosen dan mahasiswa bahwa dalam jurnal internasional bereputasi sesuai pada pedoman publikasi 2019 telah terindeks Scopus dan Web of Science (WoS).

Jurnal yang terindeks Scopus harus memiliki Scimago Journal Rank (SJR) untuk jurnal SCImago dan peringkat nasional minimal grade Q3.

Saat ini juga dengan aturan terbaru sudah bisa masuk pada jurnal internasional dengan index DOAJ maupun EBSCO yang berada pada index tengah misalnya milik Al-Makki Publisher Journal of Social Science (JoSS) https://joss.al-makkipublisher.com/index.php/js/index.

Ingin mengetahui tentang cara publikasi jurnal internasional yang berkualitas? Lanjut ke scrool ke bawah yaa!

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Grade Quartile (Q) di Jurnal Index Scopus

Quartile

Sebelum kita melihat cara mencari jurnal internasional bereputasi, ada baiknya kita mengetahui apa itu Quartile (Q)Scopus.

Cara termudah untuk melihat jurnal internasional terkemuka yang terindeks Scopus adalah dengan melihat nilai rank SJR. Quartile (Q)adalah peringkat posisi jurnal relatif terhadap jurnal lain dalam bidang tertentu.

Namanya Quartile, jadi SCImago memiliki grade pemeringkatan yang dideteksi pemilihan jurnal internasional yaitu Q1, Q2, Q3, Q4. Grade tertinggi dimiliki oleh Q1 dan paling rendah adalah Q4.

Peringkat utama ditentukan oleh jumlah penulis lain dalam jurnal dengan indeks Scopus yang sama. Dasar penilaian ini bisa kita lihat di SJR.

Jurnal SJR adalah rata-rata tertimbang jumlah kutipan yang diterima pada tahun tertentu untuk setiap artikel yang diterbitkan dalam jurnal selama tiga tahun terakhir.

Ingin belajar tentang publikasi jurnal internasional berkualitas dengan harga terjangkau? Dengarkan bagian bawah!

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Cara Mengetahui Jurnal Internasional Bereputasi Di Scimago

Scimago

Di bawah ini, saya akan memberikan contoh bagaimana menemukan dan mengetahui jurnal internasional bereputasi di Scimagojr.

o Kunjungi halaman Scimagojr di https://www.scimagojr.com/.

o Masukkan nama jurnal yang akan diperiksa. Tekan “Enter” atau klik tombol/tanda cari untuk melanjutkan.

Journal of Educational Psychology
Journal of Educational Psychology 1

o Jika muncul nama jurnal yang sama persis saat dimasukkan, berarti jurnal tersebut telah terindeks Scopus dan terdaftar di SCImago. Namun, jika nama jurnal tidak muncul, ada dua kemungkinan. Pertama, jurnal tidak terindeks Scopus. Kedua, jurnal telah diindeks oleh Scopus, tetapi tidak oleh database Scimago. Seringkali jurnal baru terindeks Scopus mengalami kasus seperti itu.

o Ketika nama yang Anda cari muncul, klik nama jurnal internasional yang terkenal.

o Kita akan dibawa ke halaman detail jurnal internasional.

detail jurnal internasional

o Untuk melihat status Quartile jurnal ilmiah, navigasikan ke bawah layar sampai Anda menemukan blok Quarters.

detail jurnal internasional Q1

Dari sudut pandang di atas, nilai Quartile jurnal di berbagai bidang berbeda. Perbedaan warna di atas adalah perbedaan antara Q:

o Hijau menunjukkan jurnal berada di kuartil 1

o Kuning menunjukkan jurnal di kuantil ke-2

o Oranye menunjukkan jurnal di kuartil 3

o Jurnal dalam kuartil 4 berwarna merah

Ketika kursor mouse menunjuk ke suatu warna, warna itu akan muncul pada posisi Q-nya.

Baca Juga : Cara Menulis Jurnal Internasional

Nah, beginilah cara melihat Q jurnal terkenal di Scimago. Jadi jika Q membuat perbedaan, mana yang Anda gunakan? Jawabannya mungkin berbeda, tetapi yang paling masuk akal adalah berdasarkan artikel atau bidang pengetahuan Anda.

Ini biasanya terkait dengan peringkat atau insentif. Jadi biasanya terserah pengulas untuk memutuskan. Namun, Scimago memberikan ringkasan posisi Q terbaik jurnal dan SJR-nya di bagian bawah layar deskripsi jurnal. Seperti gambar di bawah ini.

Scimago memberikan ringkasan posisi Q terbaik

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Cara Mencari Jurnal Internasional Bereputasi Di Scopus

Jurnal Internasional Bereputasi Di Scopus

Ada cara lain untuk mengetahui status jurnal internasional bereputasi yang terkenal relatif terhadap jurnal terkenal lainnya. Salah satunya dengan melihat langsung ke halaman Scopus. Berikut langkah-langkah mencari jurnal internasional bereputasi.

o Kunjungi halaman Scopus di https://www.scopus.com/. Kemudian klik “Sumber/Source” di sudut kanan atas halaman.

Scopus Preview

o Masukkan nama jurnal pada bagian Enter Title dan klik Find Source.

o Hasil pencarian akan muncul sebagai berikut. Jika tidak muncul, jurnal mungkin telah ditangguhkan oleh Scopus.

jurnal scopus tidak ditemukan

o Klik nama jurnal pada hasil pencarian di atas untuk lebih jelasnya.

menemukan jurnal scopus

o Untuk melihat posisi relatif jurnal internasional berbasis CiteScore di Scopus, navigasikan ke bagian bawah layar. Seperti gambar di bawah ini.

CiteScore scopus

o Dari hasil di atas, status jurnal ini di berbagai bidang keilmuan tergolong cukup tinggi dibandingkan dengan jurnal lainnya.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Cara Mengetahui Jurnal Internasional Bereputasi di WoS

Jurnal Internasional Bereputasi di WoS

Pada bagian ini kami akan memberikanmu langkah-langkah untuk menemukan Jurnal Internasional Bereputasi di WoS.

Seperti disebutkan sebelumnya, standar jurnal internasional terkenal diindeks di WoS. Sekarang, mari kita periksa apakah jurnal yang kita coba juga diindeks oleh WoS? Jika tidak, tidak apa-apa karena tidak harus diindeks di keduanya.

Oke, ini dia langkah-langkah mencari jurnal internasional bereputasi baik

Cara Menemukan Jurnal Internasional Bereputasi di WoS
  • Penjelasan rinci tentang jurnal ditunjukkan di bawah ini. Untuk melihat faktor yang mempengaruhi, navigasikan ke bagian bawah layar.

o Hasilnya adalah sebagai berikut. Ternyata jurnal ini belum masuk dalam standar jurnal ternama internasional. Karena meskipun masuk dalam WoS, impact factornya tetap 0,000.

o Yang masuk jurnal internasional bergengsi dengan indeks WoS adalah mereka yang impact factor-nya sudah di atas 0,000, seperti terlihat pada contoh di bawah ini.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Manfaat Publikasi Di Jurnal Scopus

Manfaat Publikasi Di Jurnal Scopus

Secara garis besar, manfaat Scopus dapat dibedakan berdasarkan 5 kategori pengguna:

1. Manfaat Scopus Bagi Peneliti/Penulis

o Peneliti/penulis dapat mencari topik dan artikel yang berhubungan dengan penelitian yang dilakukan selama tahap literature review.

o Scopus juga membantu peneliti/penulis mengikuti perkembangan terkini di dunia akademis dan pemerintahan

o Peneliti juga dapat menganalisis jurnal berkualitas tinggi dalam disiplin ilmu masing-masing untuk mengidentifikasi media untuk mempublikasikan penelitian mereka​​​​

o Scopus juga memungkinkan penulis untuk mengetahui siapa yang mengutip makalah tertulis

o Manfaat Scopus juga mencakup data kutipan untuk artikel atau penulis, dan identifikasi calon peneliti yang berkolaborasi

o Scopus juga dapat digunakan untuk mencari informasi untuk mendukung aplikasi hibah penelitian, dll.

2. Scopus Untuk Dosen & Mahasiswa

o Scopus dapat digunakan untuk mencari sumber bahan kuliah pelengkap,

  • Scopus memfasilitasi pencarian sumber bahan kuliah tambahan, termasuk artikel dan gambar pendukung, untuk meningkatkan kualitas kegiatan perkuliahan dan meningkatkan minat mahasiswa terhadap materi yang diajarkan

o Selama kegiatan penelitian (disertasi/disertasi/disertasi) selama studi Anda, manfaat Scopus termasuk mengidentifikasi artikel untuk membantu dalam tinjauan literatur dan mendukung pengembangan disertasi dan makalah penelitian.

3. Manfaat Bagi Administrator Penelitian

o Scopus mampu menyediakan berbagai metode untuk mengevaluasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh peneliti individu di dalam institusi

o Scopus juga dapat digunakan untuk melacak dampak publikasi ilmiah peneliti atau departemen untuk membantu menentukan alokasi dana/sumber pendanaan penelitian

o Administrator penelitian juga dapat menggunakan Scopus untuk memeriksa calon peneliti/profesor, terutama dalam hal sitasi, h-index, dan membandingkannya dengan peneliti/profesor lain di bidang keilmuan yang sama.

4. Pentingnya Scopus Bagi Manajer Riset

o Mengurangi waktu ke pasar – manajer riset internal dapat mempercepat proses inovasi dengan meningkatkan produktivitas dan efektivitas riset

o Mengurangi kebuntuan dan kegagalan – Scopus memfasilitasi pengambilan keputusan dan proses verifikasi berbasis pengetahuan

o Identifikasi peluang pasar – Manfaat Scopus juga mencakup membandingkan/membandingkan dengan pesaing dan mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan mereka

o Temukan Pemimpin Pemikiran Terbaik – Temukan pemikir berbakat di bidang industri/profesional tertentu

o Memeriksa makalah ilmiah, kutipan, dan indeks-h kandidat penelitian secara menyeluruh dan membandingkannya dengan yang lain di bidang yang sama.

5. Penggunaan Khusus Untuk Editor Dan Pengulas

o Scopus membantu editor jurnal ilmiah mengidentifikasi dan menghubungkan calon anggota dewan redaksi

o Editor jurnal juga dapat mengambil manfaat dari Scopus yang mengevaluasi karya penulis sebelumnya

o Manfaat Scopus juga mencakup pencarian dan evaluasi pengulas dan penulis untuk meninjau manuskrip dan isu-isu topikal.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Kesimpulan

Jadi itulah pembahasan legnkap tenteang cara mengetahui jurnal internasional bereputasi, kami harap dengan membaca artikel ini bisa menambah wawasan kita semua. Terimakasih!

error: Content is protected !!