Cara Mencari ISSN Jurnal Internasional

Cara Mencari ISSN Jurnal Internasional

ISSN memiliki kepanjangan International Standard Serial Number ( Nomor Seri Standard Internasional).

Berfungsi sebagai identitas publikasi berkala. Baik berupa media cetak maupun media elektronik. Sama seperti ISBN pada buku yang terbit di Indonesia dan seluruh dunia. Nah yang berbeda ISSN biasanya ditunjukan untuk artikel yang ingin dipublikasikan secara internasional.

Cara Upload Jurnal SINTA

Tentu saja mahasisw dan dosen perlu mengetahui cara mencari ISSN jurnal internasional. Karena adanya ISSN pada sebuah jurnal menandakan jurnal tersebut berkualitas dan bisa masuk ke database bereputasi. Sehingga jurnal tersebut bisa di jadikan referensi penelitian, menyusun karya tulis ilmiah dan masih banyak lagi.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Cara Mencari ISSN Jurnal Internasional

Cara Mencari ISSN Jurnal Internasional

Memang benar tidak semua jurnal memiliki ISSN, karena tidak diwajibkan. Tetapi jika peneliti mendaftar ISSN maka menjadi nilai tambahan terhadap kualitas jurnal tersebut. Hal inilah penyebab jurnal tersebut dijadikan banyak referensi.

Karena tidak sedikit jurnal yang tidak memiliki ISSN mungkin aa beberapa dari kalian yang bingung bagaimana cara mencari ISSN. Di artikel kali ini kami akan memberi tahu cara cek ISSN jurnal internasional, seperti apa pembahasanya kami mohon simak dengan teliti!

1. Perpustakaan Kampus

Cara pertama adalah mencari jurnal adalah dengan mencari di perpustakaan. Biasanya dosen yang sudah melakukan publikasi  sudah mengurus ISSN. Sehingga koleksi jurnal di perpustakaan kampus di pastikan sudah ber-ISSN juga.

Nah jika koleksi perpustakaannya tidak terlalu lengkap kamu bisa mencari di perpustakaan online. Salah satu nya adalah Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PERPUNAS). Anda bisa masuk dengan url : http://e-resources.perpusnas.go.id/ setidaknya dengan adanya perpustakaan online anda bisa mendapatkan jurnal ber-ISSN dengan mudah, lengka, dan gratis. Yang terpeting adalah di perpunas ini bukan hanya jurnal nasional tapi tersedia juga internasional.intinya anda bisa mendapatkan banyak jurnal dalam sekali akses

2. IPI

Selanjutnya adalah IPI. IPI adalah portal Garuda Indonesia Index. Secara garis besar intinya jika kamu mencari jurnal di perpunas tidak ada, kamu isa mencari jurnal tersebut di IPI. IPI adalah portal resmi yang dimiliki Portal Garuda. Sudah tercata bahwa ada 5000 jurnal yang ada di portal. Ditambah, jurnal didalamnya sudah dijamin berkualitas dan hampir seluruhnya terakreditasi juga masuk database bereputasi internasional. Ini tentunya ini memudahkan anda untuk mencari refensi disini.

3. LIPI

LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) tidak banyak yang mengetahui tentang lembaga yang satu ini mungkin hanya dosen dan peneliti saja yang mengetahuinya. Karena memang hanya sedikit dari masyarakat yang menggunakan layanan ini.

Jika kamu mencari jurnal ISSN baik nasional atau internasional, tidak ada salahnya mampir ke laman yang satu ini. Karena lembaga ini menyediakan jurnal online secara gratis.

4. DOAJ

Selanjutnya adalah DOAJ, anda mungkin sudah menetahui tentang DOAZ. Yang menarik disini adalah anda tidak hanya bisa mengakses jurnal tetapi anda juga bisa mengakses artikel-artikel ilmiah. Yang terpenting adalah DOAJ bisa diakses secara bebas siapapun dan dimanapun. Situs yang satu ini menyediakan setidaknya ada 20.000 jurnal.

Bukan hanya fasilitanya saja yang mebuat menarik melainkan tersedianya artikel-artikel ilmiah yang bisa jadi seseuai topic penelitian yang sedag dijalankan. Sehingga DOAJ bisa menjadi referensi berkualitas, dan yang terakhir jurnalnya sudah ber-ISSN.

5. Google scholar

Mungkin kita sudah tidak asing dengan yang satu ini. Iya google scholar atau google cendekia ini bisa menjadi salah satu situs untuk mencari jurnal ISSN. Di google sholar kamu juga bisa mengunduh jurnal kedalam bentuk (PDF). Tidak hanya jurnal saja yang tersedia di sini tetapi referensi ilmiah yang lain juga ada seperti tesis, skripsi, paper, dan yang lainnya, semua bisa diunduh secara gratis. Untuk link nya adalah https://scholar.google.com/

6. Citeaseer

Selanjutnya adalah citeaseer, mungkin terdengar asing tapi situs yang satu ini tidak berbeda dengan google scholar. Tinggal memasukan kata kunci dan kemudian akan muncul jurnal ilmiah yang anda cari.

7. PubMed Central

Jika kamu membutuhkan jurnal ber-ISSN dari dunia kesehatan kamu bisa kunjungi situs PubMed Central. Karena memang situs ini khusus menyediakan akses jurnal medis dari seluruh dunia bereputasi tentunya. Jurnal yang dikembangkan oleh U.S NATIONAL LIBRARY OF MEDICINE ini terbilang lengkap dan terjamin kualitasnya. Yang terpenting adalah gratis atau tanpa dipungut biaya untuk mengaksesnya.

7. BioMed Central

Sama seperti PubMed Central ang membedakan adalah jika PubMed Central menyediakan khusus medis atau kesehatan nah jika BioMed Central khusus menyediakan jurnal jurnal bidang biologi dan perobatan.

8. IOSR

Nah jika kamu butuh jurnal ber-ISSN khusus dunia pendidikan, anda bisa mencari nya di IOSR. IOSR ini dikelola secara swasta. Meskipun demikian koleksi jurna ilmiah disini sangat lengkap dan berkualitas yang terpentig adalah anda tetap bisa mengaksesnya dengan gratis. Di IOSR  ini tersedia banyak jurnal bidang pendidikan yang berasal dari para peneliti seluruh negara dan menggunakan bahasa PBB.

Jika anda bingung bagaimana cara mencari ISSN jurnal internasional, cara di atas bisa anda praktekan.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Akhir Kata

Mungkin hanya itu yang bisa kami sampaikan terkait cara mencari ISSN jurnal internasiona, semoga dengan membaca artikel ini bisa menambah wawasan teman-teman semua. Terimakasih telah membaca!

error: Content is protected !!