Cara Melihat ID Scopus

Untuk cara melihat Id scopus bisa dibiang mudah sekali. Buat teman-teman yang ingin tau cara nya, silahkan simak pembahasan kami sampai habis ya!

Tetapi hal tersebut hanya berlaku kepada para penulis yang telah melakukan lebih dari 1 kali publikasi terindeks scopus. Hal tersebut karena scopus berhati-hati dalam menentukan author ID scopus untuk para penulis baru. Tentu saja ini  dilakukan agar tidak ada kesalahan dalam mencari author karena ada begitu banyak nama orang yang memiliki kesamaan di dunia ini.

Tapi tenang saja karena disini teman-teman akan kami beri cara melihat ID scopus dan cara mencari hanya dalam satu pembahasan. Ada beberapa cara untuk melihat ID scopus jadi silahkan pilih cara yang menurut anda paling mudah dilakukan berikut adalah tiga cara melihat id scopus.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

3 Cara Mudah Melihat ID scopus

Cara Melihat ID Scopus

Oke langsung saja langsung ke pembahasan utama cara melihat id scopus. Untuk cara pertama kita bisa mulai dengan mencari di website resmi scopus.

Berikut langkah-langkahnya:

1. scopus

Cara Melihat ID Scopus
  • Silahkan kunjungi situs resmi website resmi scopus 
  • Kemudian klik pada bagian Author Search
  • Setelah itu, isi nama dan afiliasi di kolom yang sudah disediakan. jika kamu baru mengenal Scopus, maka saran kami lebih baik kosongkan saja kolom afiliasinya. Mengapa demikian? Karena bisa saja nantinya kamu akan bergabung dengan author lain.
  • Silahkan klik Search
  • Untuk selanjutnya nama kamu akan langsung tampil dan muncul di layar. Untuk mendapartkan dan melihat ID scopus,  kamu tinggal cari jumlah artikel (terdapat anka yang menunjukan jumlah artikel yang anda miliki)
  • Lalu klik kanan pada angka tersebut dan kemudian anda copy
  • Kemudian silahkan buka software Notepad dan pastekan link tersebut
  • Di Notepad, kamu akan langsung dapat melihat ID Scopus yang kamu miliki.
  • Selesai

2. Inspect Element

Oke teman-teman untuk cara melihat id scopus yang kedua kita lihat melalui Inspect Element.

Berikut langkah-langkahnya :

  • Kunjungi situr resmi dari Inspect element
  • Klik pada bagian Author Search
  • Selanjutnya isi nama dan afiliasi di kolom yang sudah disediakan. Jika ini adalah situs yang baru kamu kenali seperti biasa saran kami lebih baik kosongkan saja kolom afiliasi agar kamu tidak bergabung dengan author lainnya.
  • Silahkan Search
  • Nama kamu akan langsung tampil dan muncul di monitor, kamu tinggal mencari jumlah artikel.
  • selanjutnya, kamu bisa melakukan Inspect Element (bisa dengan CTRL+SHIFT+C atau Klik Kanan + Inspect Element)
  • Nah, kamu akan bisa langsung mengetahui berapa ID Scopus yang kamu miliki

3. Melalui Contact Us Scopus

Oke untuk cara melihat id scopus yang terakhir adalah melalui Contact Us Scopus

Cara yang terakhir ini merupakan cara alternatif jika kamu tidak faham dengan cara yang pertama dan kedua.

Di sini, kamu tidak perlu repot tinggal menghubungi pihak Scopus dengan klik Contact Us Scopus yang berada pada bagian sidebar atau footer. Tetapi mungkin cara ini memrlukan waktu yang lebih banyak karena kamu harus menunggu respon dari pihak scopus terlebih dahulu.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Baca Juga : Cara Mengecek Jurnal Terindeks Scopus

Cara Mengetahui Id Scopus

Cara Melihat ID Scopus

Oke pembahasan selajutnya adalah cara mengetahui ID scopus. Untuk mengetahui dan mengkonfirmasi ID scopus yang kamu dapatkan dari cara yang telah kami berikan sebelumnya. Untuk pembahasanya silahka simak cara berikut ini.

Caranya adalah dengan menambahkan ID Scopus pada bagian akhir.

Contoh : “http://www.scopus.com/authid/detail.url?authorId=[……….]”

Nah berdasarkan contoh di atas terdapat titik-titik yang kosong, silahkan kamu isi titik-titik tersebut dengan ID Scopus yang kamu miliki. Misalnya  “[57264109663]”.

Jadi hanya seperti itu untuk cara mengetahui id scopus. Mudah bukan.

Syarat Memiliki ID scopus

Mungkin kamu berfikir untuk memiliki ID scopus kamu harus daftar scopus terlebih dahulu. Kemudian kamu akan mencari cara daftar scopus. Tapi sebenarnya tidak seperti itu, untuk memiliki id scopus tidak bisa didapatkan hanya dengan kamu mendaftar akun scopus saja.

Melainkan kamu harus memiliki setidaknya 1 artikel atau lebih yang telah terindeks scopus. Kemudian jika kamu sudah memiliki hal tersebut otomatis kamu memiliki ID scopus.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Cara Mencari Jurnal Terindeks Scopus

Selanjutnya ke pembahasan yang tidak kalah penting yaitu cara mencari jurnal di scopus

Berikut langkah-langkahnya.

1. scopus

  • Klik “sumber” dibagian atas
  • Isikan nama jurnal pada kolom “enter title” dan tekan Enter atau klik “find source”
  • Kemudian jika jurnal yang ketik sudah ditemukan di kolom pencarian, klik jurnal dan periksan tahun liputannya.
  • Centang juga scopus “Scopus Content Coverage’ dibagian bawah. Jurnal Scopus dengan data tahun 2020 yang dimasukan akan tetap terindeks

2. Scimago JR

Selanjutnya adalah sebuah website yang bernama Scimago Journal & Country Rank (SJR). Sjr ini sering digunakan untuk melihat ranking sebuha jurnal yang terbagi  menjadi 4 kuartil yaitu Q1, Q2, Q3, dan Q4. Untuk langkah-langkah nya seperti berikut:

  • Pertama anda kunjungisitus web SJR dengan url : scimago.com
  • Pilih bidang yang sesuai dengan jurnal anda. Contoh anda sedang mencari farmasi, maka bidang yang anda cari adalah “Farmakologi, Toksikologi Dan Farmasi”
  • Pilih subjek kategoti jurnal yang diinginkan, subjej kategori adlah subkategori dari subjek area jurnal internasional yang dicari
  • Selanjutnya cari kuartil yang anda inginkan lalu unduh datanya ke excel
  • Pastikan jurnal terindeks scopus

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

4 Tingkatan Jurnal Scopus Yang Wajib Ditehui

Cara Melihat ID Scopus

Oke untuk pembahasan terakhir yaitu tingkatan jurnal scopus yang wajib kamu ketahui. Seperti apa pembahasanya simak dengan teliti ya!

1. Q1 (Quartile 1)

Kategori Q1 (quarteli 1) ini berarti ada jurnal internasional terindeks scopus dengan pengaruh paling besar. Misalnya ada 100 jurnal terindeks scopus pada bilang tertentu, dalam kategori Q1 ini dari 100 jurnal tersebut hanya 1-25 jurnal yang berkategori Q1 atau jurnal teratas.

2. Q2 (Quartile 2)

Kategori Q2 (quartile 2) berarti ada jurnal internasional terindeks scopus dengan pengaruh cukup besar. Misalnya dari 100 jurnal terindeks scopus, kategori Q2 ini biasana berada di tingkat 26-50.

3. Q3 (Quartile 3)

Kategori Q3 (quartile 3) ini berarti bahwa ada beberapa jurnal internasional terindeks scopus dengan pengaruh yang kurang besar. Misalnya dari 100 jurnal terindeks scopus, kategori Q3 ini biasana berada di tingkat 51-75.

4. Q4 (Quartile 4)

Tingkat yang terakhir yaitu Kategori Q4 (quartile 4) ini memiliki arti bahwa ada beberapa jurnal internasional terindeks dengan pengaruh yang paling rendah. Misalnya dari 100 jurnal terindeks scopus, kategori Q4 ini biasana berada di tingkat 76-100 atau paling bawah.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

 Kesimpulan

Oke sekian pembahasan dari kami terkait cara melihat id scopus, syarat memiliki id scopus dan tingkatan jurnal scopus. Semogamenambah wawasan teman-teman terimakasih.  

error: Content is protected !!