Jurnal Internasional Bereputasi Scopus

Jurnal internasional bereputasi Scopus adalah hal yang wajib Anda ketahui. Penasaran seperti apa daftarnya? Silakan merujuk ke artikel ini!

Sebagai dosen, Anda akan diminta untuk menulis karya ilmiah atau jurnal. Namun, untuk mendapatkan karya ilmiah dan jurnal yang baik, seorang dosen harus bisa menampilkan karyanya di jurnal internasional.

Sayangnya, mendapatkan jurnal internasional bergengsi tidaklah mudah. Penulis harus melalui beberapa tahapan sebelum sebuah jurnal dapat berhasil dipublikasikan di berbagai jurnal internasional.

Tidak sampai disitu, penulis harus memastikan bahwa jurnal tersebut juga terakreditasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Saat ini banyak jurnal otoritatif yang bisa membatalkan karir dosen. Sayang sekali, bukan?

Lantas jurnal internasional mana saja yang diakui Kemendikbud, dan mana yang bereputasi Scopus? Lihat komentar di bawah.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Baca Juga : Cara Menerbitkan Jurnal Nasional dan Internasional

Daftar Jurnal Internasional Bereputasi Scopus

Penting bagi Anda untuk mengetahui jurnal internasional ternama Scopus. Selain itu, jurnal internasional bereputasi Scopus juga tersedia untuk referensi dan pengiriman artikel kami.

Oleh karena itu, berikut adalah daftar beberapa jurnal internasional:

1. Google Scholar

Jurnal internasional bereputasi Scopus pertama yang akan kita bahas adalah Google Scholar.

Google Scholar merupakan sebuah layanan yang memungkinkan pengguna untuk mencari topik berupa artikel ilmiah yang telah dipublikasikan di jurnal nasional dan internasional. Selain menampilkan artikel, Google Scholar juga menampilkan penulis, jurnal yang diterbitkan, jumlah sitasi, dan siapa yang mengutip artikel tersebut.

Secara keseluruhan, Google Scholar adalah platform yang menyediakan cara mudah untuk mencari literatur ilmiah secara luas di berbagai bidang ilmu, termasuk artikel, tesis, buku, dan masih banyak lagi.

2. Scopus

Submit Jurnal Scopus Gratis

Dikutip dari lemlit.trisakti.ac.id, Scopus saat ini merupakan penyedia jasa indeks jurnal dan database terbesar. Teman-teman yang ingin mengetahui cara mengakses jurnal Scopus bisa mengklik link tersebut.

Layanan Scopus disponsori oleh Elsevier, sebuah organisasi atau perusahaan yang menerbitkan publikasi ilmiah internasional dan kini berpusat di Amsterdam, Belanda, didirikan pada tahun 1880.

3. Thomson Reuters

Jurnal internasional Scopus ketiga yang akan kita bahas adalah Thomson Reuters.

Thomson Reuters adalah perusahaan informasi yang didirikan pada tahun 2008 dan berlokasi di Toronto, Kanada. Secara keseluruhan, Thomson Reuters bertujuan untuk membantu para profesional membuat keputusan yang percaya diri dan melakukan bisnis yang lebih baik, serta berkomitmen untuk memajukan masyarakat di bidang hukum, pajak, pemerintah, media, dan kebijakan.

4. DOAJ (Directory Of Open Access Journal)

DOAJ, juga dikenal sebagai Direktori Jurnal Akses Terbuka, diluncurkan pada tahun 2003, memiliki 300 jurnal akses terbuka. Saat ini, database independen ini berisi lebih dari 15.000 jurnal akses terbuka yang mencakup semua bidang, yaitu sains, teknologi, kedokteran, ilmu sosial, seni, dan humaniora.

DOAJ bertujuan untuk meningkatkan visibilitas, aksesibilitas, reputasi, penggunaan, dan dampak kualitas dari jurnal penelitian akses terbuka di seluruh dunia, tanpa memandang disiplin ilmu, geografi, dan bahasa.

5. Taylor & Francis

Taylor & Francis adalah jurnal internasional bereputasi Scopus, menyediakan platform jurnal yang menyatukan penelitian tervalidasi dan tepercaya dari akademisi terbaik dunia. Taylor & Francis bertujuan untuk meningkatkan kehidupan dengan menyusun penelitian dari para peneliti terbaik dunia.

6. Web Of Science (Wos) – Jurnal Internasional Bereputasi Scopus

Web of Science (WoS), sebelumnya dikenal sebagai Web of Knowledge, adalah indeks kutipan yang awalnya diproduksi oleh Institute for Scientific Information (ISI). Namun, WoS sudah dikelola oleh Clarivate Analytic. Majalah terindeks WoS dari tahun 1900 hingga sekarang. Saat ini, namanya muncul di daftar jurnal top Web of Science.

7. Sciencedirect

ScienceDirect adalah situs web yang menyediakan akses berlangganan ke database penelitian ilmiah dan medis dari seluruh dunia. Situs tersebut memuat lebih dari 12 juta artikel dan 34.000 eBook dari 3.500 jurnal ilmiah. Situs ini dibuat pada tahun 1997.

8. Ebsco

EBSCO adalah layanan informasi yang menyediakan database penelitian, jurnal elektronik, majalah langganan, buku, dan layanan digital untuk perpustakaan akademik. EBSCO sendiri sudah ada sejak tahun 1984.

9. Index Copernicus

Copernicus Index adalah jurnal internasional bergengsi Scopus dengan platform data online untuk mengakses informasi dengan kontribusi dari para sarjana dan peneliti. Selain informasi, Indeks Copernicus juga menunjukkan tinjauan para sarjana, lembaga ilmiah, publikasi, dan proyek yang sedang berlangsung. Situs ini didirikan di Polandia pada tahun 1999.

10. Pubmed – Jurnal Internasional Bereputasi Scopus

PubMed adalah database akses terbuka ilmu dan pengetahuan biomedis. PubMed dikelola oleh National Library of Medicine dari National Institutes of Health. Situs ini dibuat pada tahun 1996.

11. Jurnal Internasional Bereputasi Scopus Lainnya

Pada bagian ini, kami akan mencantumkan beberapa jurnal internasional bereputasi tinggi di Scopus dalam bentuk tabel. Silakan lihat tabel di bawah ini:

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Syarat Agar Jurnal Internasional Terakreditasi dan Bereputasi Scopus

Lukman (2015) menjelaskan bahwa ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh jurnal internasional agar diakui dan memiliki reputasi Scopus. Standar jurnal terkenal internasional dapat dipelajari di bawah ini.

  • Karya ilmiah yang diterbitkan berdasarkan ilmu pengetahuan dan prinsip-prinsip ilmiah
  • Memiliki ISSN (Nomor Seri Standar Internasional)
  • Ditulis dalam bahasa resmi PBB, yaitu Inggris, Prancis, Arab, Rusia, dan Cina
  • Dengan memposting online (online)
  • manajemen profesional
  • Redaktur atau anggota dewan redaksi adalah para ahli di bidangnya, biasanya dari negara-negara di lima benua
  • Penulis yang menerbitkan artikel ilmiah dalam edisi yang sama di berbagai negara
  • Setiap publikasi berisi karya ilmiah oleh penulis dari berbagai negara
  • Diindeks oleh database internasional terkenal dengan faktor dampak.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Kesimpulan

Mungkin hanya itu yang bisa kami sampaikan mengenai jurnal internasional bereputasi scopus, semoga bermanfaat dan terimakasih.


Apakah Scopus termasuk jurnal internasional?

Scopus dikenal sebagai database atau pusat data yang berisi daftar jurnal internasional berkualitas tinggi

Mencari jurnal Scopus dimana?

Pertama-tam buka laman Scopus melalui https://www.scopus.com/home.uri. Selanjutnya Cari fitur pencarian dengan kata Source yang terletak pada bagian kanan atas. Kemudian ketik negara asal jurnal atau Ketik judul jurnal tersebut, atau negara asal dari publisher jurnal.

error: Content is protected !!