Contoh Judul Penelitian Pengembangan

Halo sobat al-makki publisher! Pada pembahasan ini kami akan memberikan Anda informasi lengkap tentang contoh judul penelitian pengembangan.

Artikel ini mungkin akan berguna bagi teman-teman akademisi terutama mahasiswa, oleh karena itu kami mohon simak dengan teliti ya!

Apa Itu Penelitian Pengembangan?

sumber : freepik

Penelitian dan pengembangan (disingkat litbang) adalah metode penelitian yang digunakan untuk membuat produk dan menguji keefektifan dari hasil produk tersebut.

Baca Juga : 300+ Contoh Judul Penelitian Hukum Normatif

Litbang sering diartikan sebagai suatu proses atau langkah-langkah untuk mengembangkan produk baru atau menyempurnakan produk yang telah ada.

Contoh Judul Penelitian Pengembangan

sumber : freepik

Tentu, berikut ini adalah 250 contoh judul penelitian pengembangan:

  1. Pengembangan Aplikasi E-Learning Berbasis Mobile untuk Pembelajaran Bahasa Inggris
  2. Pengembangan Sistem Pendukung Keputusan untuk Pemilihan Karir Mahasiswa
  3. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Mata Pelajaran Matematika
  4. Pengembangan Teknologi Internet of Things (IoT) untuk Monitoring Lingkungan
  5. Pengembangan Aplikasi Pemesanan Makanan Online dengan Fitur Pemetaan Lokasi
  6. Pengembangan Permainan Edukatif untuk Meningkatkan Keterampilan Kognitif Anak Usia Dini
  7. Pengembangan Algoritma Pencarian Optimal dalam Permasalahan Rute Terpendek
  8. Pengembangan Sistem Informasi Geografis untuk Pemetaan Bencana Alam
  9. Pengembangan Aplikasi Deteksi Emosi pada Teks Berbahasa Indonesia
  10. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Mata Pelajaran IPA
  11. Pengembangan Sistem Monitoring dan Kontrol Kualitas Air Berbasis Sensor IoT
  12. Pengembangan Aplikasi Pencari Tempat Wisata Berbasis Mobile di Daerah X
  13. Pengembangan Teknologi Augmented Reality dalam Pembelajaran Sejarah
  14. Pengembangan Sistem Pakar untuk Diagnosis Penyakit Berbasis Gejala
  15. Pengembangan Model Pembelajaran Jarak Jauh dengan Pendekatan Blended Learning
  16. Pengembangan Aplikasi Pemantauan Kesehatan Berbasis Sensor pada Perangkat Wearable
  17. Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Berbasis Web
  18. Pengembangan Teknologi Otomasi untuk Peningkatan Efisiensi Produksi
  19. Pengembangan Aplikasi Pencitraan Medis untuk Deteksi Dini Kanker Payudara
  20. Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
  21. Pengembangan Sistem Deteksi Plagiat dalam Tugas Akademik Mahasiswa
  22. Pengembangan Teknologi Big Data untuk Analisis Pola Konsumen dalam E-commerce
  23. Pengembangan Aplikasi Pengenalan Tulisan Tangan Berbasis Kecerdasan Buatan
  24. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Game untuk Meningkatkan Minat Belajar Fisika
  25. Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Inventaris dalam Perusahaan Retail
  26. Pengembangan Teknologi Blockchain untuk Keamanan Data dalam Transaksi Elektronik
  27. Pengembangan Aplikasi Pemesanan Tiket Transportasi Publik Berbasis Mobile
  28. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Projek dalam Mata Pelajaran Bahasa Asing
  29. Pengembangan Sistem Pendeteksi Intrusi pada Jaringan Komputer
  30. Pengembangan Teknologi Smart City untuk Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat
  31. Pengembangan Aplikasi Pendukung Pembelajaran Musik Berbasis Mobile
  32. Pengembangan Model Prediksi Cuaca dengan Menggunakan Metode Machine Learning
  33. Pengembangan Sistem Informasi Geografis untuk Pemetaan Potensi Ekowisata
  34. Pengembangan Aplikasi Pencarian Lowongan Kerja Berbasis Web
  35. Pengembangan Teknologi Virtual Reality dalam Pembelajaran Anatomi Manusia
  36. Pengembangan Model Pembelajaran Kolaboratif dalam Mata Pelajaran Sains
  37. Pengembangan Sistem Pengenalan Wajah untuk Keamanan Akses Fisik
  38. Pengembangan Aplikasi Penggajian Karyawan Berbasis Web pada Perusahaan X
  39. Pengembangan Teknologi Internet of Things (IoT) untuk Pemantauan Kualitas Udara
  40. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Mind Mapping dalam Mata Pelajaran IPS
  41. Pengembangan Sistem Rekomendasi Buku Berbasis Filtrasi Kolaboratif
  42. Pengembangan Aplikasi Pengenalan Objek dalam Gambar Berbasis Deep Learning
  43. Pengembangan Teknologi Chatbot untuk Layanan Pelanggan dalam E-commerce
  44. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Masukan dari Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika
  45. Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web pada Sekolah Menengah Atas
  46. Pengembangan Teknologi Biometrik untuk Identifikasi Individu
  47. Pengembangan Aplikasi Pemesanan Tiket Acara Hiburan Berbasis Mobile
  48. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Simulasi dalam Mata Pelajaran Kimia
  49. Pengembangan Sistem Pengenalan Suara untuk Pengendalian Perangkat Elektronik
  50. Pengembangan Aplikasi Monitoring Kesehatan Berbasis Sensor pada Perangkat Mobile
  51. Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Mobile
  52. Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Pergudangan Berbasis Web
  53. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Mata Pelajaran Sejarah
  54. Pengembangan Teknologi Internet of Things (IoT) untuk Smart Home
  55. Pengembangan Aplikasi Pemantauan Kesehatan Mental Berbasis Mobile
  56. Pengembangan Algoritma Optimasi untuk Perencanaan Rute Transportasi
  57. Pengembangan Sistem Informasi Geografis untuk Pemetaan Sumber Daya Alam
  58. Pengembangan Aplikasi Deteksi Sentimen pada Media Sosial
  59. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris
  60. Pengembangan Sistem Pengenalan Pola untuk Pengenalan Sidik Jari
  61. Pengembangan Aplikasi Pencarian Informasi Wisata Berbasis Mobile di Daerah Y
  62. Pengembangan Teknologi Augmented Reality dalam Pembelajaran Sains
  63. Pengembangan Sistem Pakar untuk Diagnosis Penyakit pada Tanaman
  64. Pengembangan Model Pembelajaran Jarak Jauh dengan Pendekatan Synchronous Learning
  65. Pengembangan Aplikasi Pemantauan Kualitas Lingkungan Berbasis Sensor IoT
  66. Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan Berbasis Web
  67. Pengembangan Teknologi Otomasi untuk Peningkatan Efisiensi Proses Manufaktur
  68. Pengembangan Aplikasi Pendeteksi Objek dalam Citra Berbasis Kecerdasan Buatan
  69. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Game untuk Meningkatkan Keterampilan Matematika
  70. Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Proyek Konstruksi Berbasis Web
  71. Pengembangan Teknologi Blockchain untuk Keamanan Data dalam Sistem Keuangan
  72. Pengembangan Aplikasi Pemesanan Tiket Event Musik Berbasis Mobile
  73. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Mata Pelajaran Bahasa Daerah
  74. Pengembangan Sistem Pendeteksi Anomali pada Jaringan Komputer
  75. Pengembangan Teknologi Smart Grid untuk Pengelolaan Energi Listrik yang Efisien
  76. Pengembangan Aplikasi Pendukung Pembelajaran Musik Berbasis Web
  77. Pengembangan Model Prediksi Penjualan dengan Menggunakan Metode Time Series
  78. Pengembangan Sistem Informasi Geografis untuk Pemetaan Kawasan Wisata
  79. Pengembangan Aplikasi Pencarian Lowongan Kerja Berbasis Mobile
  80. Pengembangan Teknologi Virtual Reality dalam Pembelajaran Bahasa Asing
  81. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Koperasi dalam Mata Pelajaran Ekonomi
  82. Pengembangan Sistem Pengenalan Emosi pada Teks Berbahasa Inggris
  83. Pengembangan Aplikasi Manajemen Proyek Berbasis Web pada Tim Pengembang Perangkat Lunak
  84. Pengembangan Teknologi Internet of Things (IoT) untuk Monitoring Pertanian
  85. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Inkuiri dalam Mata Pelajaran Biologi
  86. Pengembangan Sistem Rekomendasi Film Berbasis Collaborative Filtering
  87. Pengembangan Aplikasi Pengenalan Tulisan Tangan Berbasis Deep Learning
  88. Pengembangan Teknologi Chatbot untuk Layanan Bantuan Pelanggan dalam Industri Jasa
  89. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Masukan dari Siswa dalam Mata Pelajaran Bahasa Daerah
  90. Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Mobile pada Perguruan Tinggi
  91. Pengembangan Teknologi Biometrik untuk Identifikasi Pengguna pada Perangkat Mobile
  92. Pengembangan Aplikasi Pemesanan Tiket Transportasi Berbasis Web
  93. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Simulasi dalam Mata Pelajaran Fisika
  94. Pengembangan Sistem Pengenalan Suara untuk Pengendalian Kendaraan
  95. Pengembangan Aplikasi Monitoring Kesehatan Berbasis Sensor pada Perangkat Wearable
  96. Pengembangan Teknologi Internet of Things (IoT) untuk Monitoring Keamanan Rumah
  97. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Mata Pelajaran Seni Budaya
  98. Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Inventaris dalam Industri Manufaktur
  99. Pengembangan Teknologi Augmented Reality dalam Pembelajaran Matematika
  100. Pengembangan Aplikasi Pengenalan Objek dalam Video Berbasis Deep Learning
  101. Pengembangan Sistem Pendukung Keputusan untuk Investasi Saham
  102. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Permainan dalam Mata Pelajaran Sejarah
  103. Pengembangan Teknologi Internet of Things (IoT) untuk Smart Agriculture
  104. Pengembangan Aplikasi Pemantauan Kualitas Udara Berbasis Sensor IoT
  105. Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian Berbasis Web
  106. Pengembangan Aplikasi Deteksi Berita Hoaks Berbahasa Indonesia
  107. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Mata Pelajaran Bahasa Daerah
  108. Pengembangan Sistem Pengenalan Pola untuk Pengenalan Wajah
  109. Pengembangan Aplikasi Pencarian Tempat Wisata Berbasis Mobile di Daerah Z
  110. Pengembangan Teknologi Augmented Reality dalam Pembelajaran Kimia
  111. Pengembangan Sistem Pakar untuk Diagnosis Penyakit pada Hewan
  112. Pengembangan Model Pembelajaran Jarak Jauh dengan Pendekatan Asynchronous Learning
  113. Pengembangan Aplikasi Pemantauan Kualitas Air Berbasis Sensor IoT
  114. Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Keuangan Berbasis Web pada Organisasi Nirlaba
  115. Pengembangan Teknologi Otomasi untuk Peningkatan Efisiensi Proses Logistik
  116. Pengembangan Aplikasi Pendeteksi Objek dalam Video Berbasis Kecerdasan Buatan
  117. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Game untuk Meningkatkan Keterampilan Bahasa Inggris
  118. Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Proyek Konstruksi Berbasis Mobile
  119. Pengembangan Teknologi Blockchain untuk Keamanan Data dalam Sistem Pemerintahan
  120. Pengembangan Aplikasi Pemesanan Tiket Event Olahraga Berbasis Mobile
  1. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Mata Pelajaran Seni Rupa
  2. Pengembangan Sistem Pendeteksi Serangan pada Jaringan Komputer
  3. Pengembangan Teknologi Smart Home untuk Pengelolaan Energi yang Efisien
  4. Pengembangan Aplikasi Pendukung Pembelajaran Musik Berbasis Augmented Reality
  5. Pengembangan Model Prediksi Harga Saham dengan Menggunakan Metode Machine Learning
  6. Pengembangan Sistem Informasi Geografis untuk Pemetaan Infrastruktur Kota
  7. Pengembangan Aplikasi Pencarian Lowongan Kerja Berbasis Augmented Reality
  8. Pengembangan Teknologi Virtual Reality dalam Pembelajaran Sejarah
  9. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Koperasi dalam Mata Pelajaran Matematika
  10. Pengembangan Sistem Pengenalan Emosi pada Teks Berbahasa Daerah
  11. Pengembangan Aplikasi Manajemen Proyek Berbasis Mobile pada Tim Pengembang Perangkat Lunak
  12. Pengembangan Teknologi Internet of Things (IoT) untuk Monitoring Lingkungan Perusahaan
  13. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Inkuiri dalam Mata Pelajaran Fisika
  14. Pengembangan Sistem Rekomendasi Musik Berbasis Content Filtering
  15. Pengembangan Aplikasi Pengenalan Tulisan Tangan Berbasis Augmented Reality
  16. Pengembangan Teknologi Chatbot untuk Layanan Bantuan Pelanggan dalam Industri Perhotelan
  17. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Masukan dari Siswa dalam Mata Pelajaran Seni Budaya
  18. Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web pada Sekolah Menengah Pertama
  19. Pengembangan Teknologi Biometrik untuk Identifikasi Pengguna pada Perangkat Elektronik
  20. Pengembangan Aplikasi Pemesanan Tiket Transportasi Publik Berbasis Augmented Reality
  21. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Simulasi dalam Mata Pelajaran Kimia
  22. Pengembangan Sistem Pengenalan Suara untuk Pengendalian Sistem Domotik
  23. Pengembangan Aplikasi Monitoring Kesehatan Berbasis Sensor pada Perangkat Kesehatan
  24. Pengembangan Teknologi Internet of Things (IoT) untuk Monitoring Keamanan Lingkungan
  25. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Mata Pelajaran Seni Tari
  26. Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Inventaris dalam Industri Perdagangan
  27. Pengembangan Teknologi Augmented Reality dalam Pembelajaran Bahasa Daerah
  28. Pengembangan Aplikasi Pengenalan Objek dalam Citra Berbasis Augmented Reality
  29. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris
  30. Pengembangan Sistem Pendukung Keputusan untuk Manajemen Aset Perusahaan
  31. Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Matematika Berbasis Mobile
  32. Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian Berbasis Mobile
  33. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Mata Pelajaran Geografi
  34. Pengembangan Teknologi Internet of Things (IoT) untuk Smart City
  35. Pengembangan Aplikasi Pemantauan Kesehatan Fisik Berbasis Mobile
  36. Pengembangan Algoritma Optimasi untuk Perencanaan Rute Distribusi Barang
  37. Pengembangan Sistem Informasi Geografis untuk Pemetaan Wilayah Rawan Bencana
  38. Pengembangan Aplikasi Deteksi Sentimen pada Konten Media Sosial
  39. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Mata Pelajaran Bahasa Daerah
  40. Pengembangan Sistem Pengenalan Pola untuk Pengenalan Iris Mata
  41. Pengembangan Aplikasi Pencarian Informasi Kuliner Berbasis Mobile di Daerah X
  42. Pengembangan Teknologi Augmented Reality dalam Pembelajaran Biologi
  43. Pengembangan Sistem Pakar untuk Diagnosis Penyakit pada Manusia
  44. Pengembangan Model Pembelajaran Jarak Jauh dengan Pendekatan Blended Learning
  45. Pengembangan Aplikasi Pemantauan Kualitas Tanah Berbasis Sensor IoT
  46. Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Perusahaan Berbasis Web
  47. Pengembangan Teknologi Otomasi untuk Peningkatan Efisiensi Proses Produksi
  48. Pengembangan Aplikasi Pendeteksi Objek dalam Video Berbasis Kecerdasan Buatan
  49. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Game untuk Meningkatkan Keterampilan Bahasa Daerah
  50. Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Proyek Konstruksi Berbasis Augmented Reality
  51. Pengembangan Teknologi Blockchain untuk Keamanan Data dalam Transaksi Finansial
  52. Pengembangan Aplikasi Pemesanan Tiket Event Teater Berbasis Mobile
  53. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani
  54. Pengembangan Sistem Pendeteksi Serangan DDoS pada Jaringan Komputer
  55. Pengembangan Teknologi Smart Building untuk Pengelolaan Energi yang Efisien
  56. Pengembangan Aplikasi Pendukung Pembelajaran Musik Berbasis Virtual Reality
  57. Pengembangan Model Prediksi Penjualan dengan Menggunakan Metode Data Mining
  58. Pengembangan Sistem Informasi Geografis untuk Pemetaan Kawasan Perdagangan
  59. Pengembangan Aplikasi Pencarian Lowongan Kerja Berbasis Virtual Reality
  60. Pengembangan Teknologi Virtual Reality dalam Pembelajaran Matematika
  61. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Koperasi dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris
  62. Pengembangan Sistem Pengenalan Emosi pada Teks Berbahasa Daerah
  63. Pengembangan Aplikasi Manajemen Proyek Berbasis Mobile pada Tim Pengembang Perangkat Lunak
  64. Pengembangan Teknologi Internet of Things (IoT) untuk Monitoring Kualitas Tanaman
  65. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Inkuiri dalam Mata Pelajaran Kimia
  66. Pengembangan Sistem Rekomendasi Buku Berbasis Hybrid Filtering
  67. Pengembangan Aplikasi Pengenalan Tulisan Tangan Berbasis Virtual Reality
  68. Pengembangan Teknologi Chatbot untuk Layanan Pelanggan dalam Industri Penerbangan
  69. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Masukan dari Siswa dalam Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani
  1. Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Mobile pada Sekolah Dasar
  2. Pengembangan Teknologi Biometrik untuk Identifikasi Pengguna pada Perangkat Komputer
  3. Pengembangan Aplikasi Pemesanan Tiket Transportasi Berbasis Augmented Reality
  4. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Simulasi dalam Mata Pelajaran Seni Musik
  5. Pengembangan Sistem Pengenalan Suara untuk Pengendalian Perangkat Elektronik
  6. Pengembangan Aplikasi Monitoring Kesehatan Berbasis Sensor pada Perangkat Kesehatan Rumah Tangga
  7. Pengembangan Teknologi Internet of Things (IoT) untuk Monitoring Keamanan Lingkungan Rumah
  8. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Mata Pelajaran Seni Drama
  9. Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Inventaris dalam Industri E-commerce
  10. Pengembangan Teknologi Augmented Reality dalam Pembelajaran Bahasa Inggris
  11. Pengembangan Aplikasi Pengenalan Objek dalam Video Berbasis Virtual Reality
  12. Pengembangan Sistem Pendukung Keputusan untuk Analisis Sentimen pada Data Teks
  13. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Permainan dalam Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani
  14. Pengembangan Teknologi Internet of Things (IoT) untuk Smart Farming
  15. Pengembangan Aplikasi Pemantauan Kualitas Udara Berbasis Sensor IoT
  16. Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian Berbasis Augmented Reality
  17. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Mata Pelajaran Ekonomi
  18. Pengembangan Teknologi Internet of Things (IoT) untuk Smart Traffic
  19. Pengembangan Aplikasi Deteksi Emosi pada Konten Media Sosial
  20. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani
  21. Pengembangan Sistem Pengenalan Pola untuk Pengenalan Sidik Jari pada Pintu Akses
  22. Pengembangan Aplikasi Pencarian Informasi Wisata Berbasis Virtual Reality
  23. Pengembangan Teknologi Augmented Reality dalam Pembelajaran Biologi
  24. Pengembangan Sistem Pakar untuk Diagnosis Penyakit pada Hewan Peliharaan
  25. Pengembangan Model Pembelajaran Jarak Jauh dengan Pendekatan Peer-to-Peer Learning
  26. Pengembangan Aplikasi Pemantauan Kualitas Air Berbasis Sensor IoT
  27. Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan Berbasis Mobile
  28. Pengembangan Teknologi Otomasi untuk Peningkatan Efisiensi Proses Logistik dan Distribusi
  29. Pengembangan Aplikasi Pendeteksi Objek dalam Citra Berbasis Kecerdasan Buatan
  30. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Game untuk Meningkatkan Keterampilan Pendidikan Jasmani
  31. Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Proyek Konstruksi Berbasis Virtual Reality
  32. Pengembangan Teknologi Blockchain untuk Keamanan Data dalam Transaksi Elektronik
  33. Pengembangan Aplikasi Pemesanan Tiket Event Olahraga Berbasis Augmented Reality
  34. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Mata Pelajaran Kewirausahaan
  35. Pengembangan Sistem Pendeteksi Anomali pada Jaringan Komputer dengan Metode Machine Learning
  36. Pengembangan Teknologi Smart Building untuk Pengelolaan Energi yang Efisien dan Ramah Lingkungan
  37. Pengembangan Aplikasi Pendukung Pembelajaran Musik Berbasis Augmented Reality dan Virtual Reality
  38. Pengembangan Model Prediksi Penjualan dengan Menggunakan Metode Neural Network
  39. Pengembangan Sistem Informasi Geografis untuk Pemetaan Potensi Pariwisata
  40. Pengembangan Aplikasi Pencarian Lowongan Kerja Berbasis Virtual Reality dan Augmented Reality
  41. Pengembangan Teknologi Virtual Reality dalam Pembelajaran Sejarah
  42. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Koperasi dalam Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani
  43. Pengembangan Sistem Pengenalan Emosi pada Teks Berbahasa Daerah menggunakan Metode Sentiment Analysis
  44. Pengembangan Aplikasi Manajemen Proyek Berbasis Mobile pada Tim Pengembang Perangkat Lunak Skala Besar
  45. Pengembangan Teknologi Internet of Things (IoT) untuk Monitoring Kualitas Lingkungan Perusahaan
  46. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Inkuiri dalam Mata Pelajaran Fisika
  47. Pengembangan Sistem Rekomendasi Film Berbasis Content-Based Filtering
  48. Pengembangan Aplikasi Pengenalan Tulisan Tangan Berbasis Augmented Reality dan Virtual Reality
  49. Pengembangan Teknologi Chatbot untuk Layanan Bantuan Pelanggan dalam Industri Perbankan
  50. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Masukan dari Siswa dalam Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani
  51. Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web pada Perguruan Tinggi
  52. Pengembangan Teknologi Biometrik untuk Identifikasi Pengguna pada Sistem Keamanan
  53. Pengembangan Aplikasi Pemesanan Tiket Transportasi Publik Berbasis Virtual Reality
  54. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Simulasi dalam Mata Pelajaran Seni Tari
  55. Pengembangan Sistem Pengenalan Suara untuk Pengendalian Kendaraan Otonom
  56. Pengembangan Aplikasi Monitoring Kesehatan Berbasis Sensor pada Perangkat Kesehatan Pribadi
  57. Pengembangan Teknologi Internet of Things (IoT) untuk Monitoring Keamanan Lingkungan Rumah Tangga
  58. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Mata Pelajaran Kesenian
  59. Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Inventaris dalam Industri Retail
  60. Pengembangan Teknologi Augmented Reality dalam Pembelajaran Bahasa Daerah
  61. Pengembangan Aplikasi Pengenalan Objek dalam Video Berbasis Augmented Reality dan Virtual Reality
  62. Pengembangan Sistem Pendukung Keputusan untuk Analisis Sentimen pada Teks Bahasa Daerah
  63. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Permainan dalam Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani
  64. Pengembangan Teknologi Internet of Things (IoT) untuk Smart Farming dan Pertanian Vertikal
  65. Pengembangan Aplikasi Pemantauan Kualitas Udara Berbasis Sensor IoT
  1. Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian Berbasis Virtual Reality
  2. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Mata Pelajaran Ekonomi
  3. Pengembangan Teknologi Internet of Things (IoT) untuk Smart Transportation
  4. Pengembangan Aplikasi Deteksi Sentimen pada Konten Media Sosial berbahasa Daerah
  5. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani
  6. Pengembangan Sistem Pengenalan Pola untuk Pengenalan Wajah dengan Metode Deep Learning
  7. Pengembangan Aplikasi Pencarian Informasi Wisata Berbasis Virtual Reality dan Augmented Reality di Daerah X
  8. Pengembangan Teknologi Augmented Reality dalam Pembelajaran Fisika
  9. Pengembangan Sistem Pakar untuk Diagnosis Penyakit pada Hewan Peliharaan menggunakan Metode Rule-Based
  10. Pengembangan Model Pembelajaran Jarak Jauh dengan Pendekatan Synchronous Learning dan Asynchronous Learning
  11. Pengembangan Aplikasi Pemantauan Kualitas Air Berbasis Sensor IoT
  12. Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan Berbasis Mobile dan Web
  13. Pengembangan Teknologi Otomasi untuk Peningkatan Efisiensi Proses Logistik dan Distribusi Barang
  14. Pengembangan Aplikasi Pendeteksi Objek dalam Citra Berbasis Kecerdasan Buatan dan Deep Learning
  15. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Game untuk Meningkatkan Keterampilan Pendidikan Jasmani
  16. Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Proyek Konstruksi Berbasis Virtual Reality dan Augmented Reality
  17. Pengembangan Teknologi Blockchain untuk Keamanan Data dalam Transaksi Finansial dan Sistem Keuangan
  18. Pengembangan Aplikasi Pemesanan Tiket Event Olahraga Berbasis Augmented Reality dan Virtual Reality
  19. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Mata Pelajaran Kewirausahaan
  20. Pengembangan Sistem Pendeteksi Anomali pada Jaringan Komputer menggunakan Metode Machine Learning
  21. Pengembangan Teknologi Smart Building untuk Pengelolaan Energi yang Efisien, Ramah Lingkungan, dan Aman
  22. Pengembangan Aplikasi Pendukung Pembelajaran Musik Berbasis Augmented Reality, Virtual Reality, dan Artificial Intelligence
  23. Pengembangan Model Prediksi Penjualan dengan Menggunakan Metode Neural Network dan Time Series
  24. Pengembangan Sistem Informasi Geografis untuk Pemetaan Potensi Pariwisata dan Daya Tarik Wisata
  25. Pengembangan Aplikasi Pencarian Lowongan Kerja Berbasis Virtual Reality, Augmented Reality, dan Artificial Intelligence
  26. Pengembangan Teknologi Virtual Reality dalam Pembelajaran Sejarah dan Kebudayaan
  27. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Koperasi dalam Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani
  28. Pengembangan Sistem Pengenalan Emosi pada Teks Berbahasa Daerah menggunakan Metode Sentiment Analysis dan Natural Language Processing
  29. Pengembangan Aplikasi Manajemen Proyek Berbasis Mobile pada Tim Pengembang Perangkat Lunak Skala Besar dan Multi-Lokasi
  30. Pengembangan Teknologi Biometrik untuk Identifikasi Pengguna pada Sistem Keamanan dan Akses Fisik
  31. Pengembangan Aplikasi Pemesanan Tiket Transportasi Publik Berbasis Virtual Reality, Augmented Reality, dan Artificial Intelligence
  32. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Simulasi dalam Mata Pelajaran Seni Tari dan Musik
  33. Pengembangan Sistem Pengenalan Suara untuk Pengendalian Kendaraan Otonom dan Sistem Kecerdasan Buatan
  34. Pengembangan Aplikasi Monitoring Kesehatan Berbasis Sensor pada Perangkat Kesehatan Pribadi dan Internet of Things (IoT)
  35. Pengembangan Teknologi Internet of Things (IoT) untuk Monitoring Keamanan Lingkungan Rumah Tangga dan Sistem Smart Home
  36. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Mata Pelajaran Kesenian dan Teknologi
  37. Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Inventaris dalam Industri Retail dan E-commerce
  38. Pengembangan Teknologi Augmented Reality dalam Pembelajaran Bahasa Daerah dan Budaya Lokal
  39. Pengembangan Aplikasi Pengenalan Objek dalam Video Berbasis Augmented Reality, Virtual Reality, dan Artificial Intelligence
  40. Pengembangan Teknologi Chatbot untuk Layanan Pelanggan dalam Industri Perbankan dan Keuangan
  41. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Masukan dari Siswa dalam Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
  42. Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web pada Perguruan Tinggi dan Sekolah Menengah Atas
  43. Pengembangan Teknologi Biometrik untuk Identifikasi Pengguna pada Sistem Keamanan dan Akses Fisik
  44. Pengembangan Aplikasi Pemesanan Tiket Transportasi Publik Berbasis Virtual Reality, Augmented Reality, dan Artificial Intelligence
  45. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Simulasi dalam Mata Pelajaran Fisika dan Matematika
  46. Pengembangan Sistem Rekomendasi Musik Berbasis Hybrid Filtering dan Collaborative Filtering

Kendala yang Sering Dihadapi Dalam Melakukan Penelitian Pengembangan

sumber : freepik

Penelitian dan pengembangan (litbang) merupakan sebuah proses sistematis untuk menghasilkan produk atau perangkat baru, atau untuk menyempurnakan yang sudah ada.

Dalam pelaksanaannya, litbang tak jarang menemui berbagai kendala yang bisa menghambat proses dan hasil penelitian. Berikut beberapa kendala yang sering dihadapi:

1. Keterbatasan Dana

Dana merupakan faktor penting dalam litbang, mulai dari biaya penelitian, pengadaan alat dan bahan, hingga publikasi hasil penelitian. Keterbatasan dana dapat menghambat kelancaran penelitian, seperti:

  • Membatasi jumlah sampel yang diteliti
  • Membatasi jenis dan jumlah alat yang digunakan
  • Menghambat publikasi hasil penelitian

2. Kurangnya Tenaga Ahli

Penelitian yang berkualitas membutuhkan tenaga ahli yang memiliki keahlian dan pengalaman di bidangnya. Kurangnya tenaga ahli, seperti peneliti, teknisi, dan ahli statistik, dapat menghambat proses penelitian, seperti:

  • Kesulitan dalam merancang penelitian yang tepat
  • Kesalahan dalam pengambilan data
  • Kesulitan dalam menganalisis data

3. Akses Data dan Informasi

Data dan informasi yang akurat dan terkini sangat penting untuk menghasilkan penelitian yang berkualitas. Akses yang terbatas terhadap data dan informasi, seperti:

  • Data yang tidak tersedia
  • Data yang tidak akurat
  • Kesulitan dalam mendapatkan izin akses data

4. Fasilitas dan Infrastruktur

Fasilitas dan infrastruktur yang memadai, seperti laboratorium, ruang penelitian, dan peralatan, sangat penting untuk mendukung proses penelitian. Kurangnya fasilitas dan infrastruktur, seperti:

  • Laboratorium yang tidak memadai
  • Alat penelitian yang tidak lengkap
  • Kurangnya akses internet

5. Koordinasi dan Kerjasama

Penelitian yang kompleks often membutuhkan kerjasama antar berbagai pihak, seperti peneliti, lembaga penelitian, dan instansi pemerintah. Kurangnya koordinasi dan kerjasama dapat menghambat proses penelitian, seperti:

  • Kurangnya sinkronisasi antar penelitian
  • Tumpang tindih penelitian
  • Kesulitan dalam sharing data dan informasi

6. Regulasi dan Birokrasi

Proses perizinan dan birokrasi yang rumit dapat menghambat proses penelitian, seperti:

  • Lamanya waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan izin
  • Prosedur yang berbelit-belit
  • Biaya perizinan yang mahal

7. Etika dan Moral

Penelitian harus dilakukan dengan memperhatikan etika dan moral, seperti:

  • Melindungi hak-hak responden
  • Menghormati privasi responden
  • Menghindari plagiarisme

Penutup

Jadi itulah informasi lengkap tentang 250+ contoh judul penelitian pengembangan, kami harap dengan adanya artikel ini bisa menambah wawasan serta membantu teman-teman semua. Terimakasih!

error: Content is protected !!