Cara Upload Jurnal Di Sinta

Cara Upload Jurnal Di Sinta

Bagi kalian ingin mengetahui cara upload jurnal di sinta, kamu bisa simak pembahasan yang akan kami berikan untuk mendapatkan informasinya.

Untuk publikasi jurnal ilmiah tingkat nasional ada halaman jurnal yang dikenal dengan nama SINTA. SINTA merupakan singkatan dari Science and Technology Index yang merupakan halaman atau portal ilmiah online yang kini dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi, dimana halaman jurnal ini menyajikan daftar jurnal nasional yang terakreditasi.

Berdasarkan Peraturan Menteri Riset dan Teknologi Nomor 9 Tahun 2018, segala informasi terkait jurnal ilmiah harus memenuhi standar tertentu. Salah satu syarat mutlak yang harus dipenuhi adalah jurnal harus terakreditasi.

Tujuan akreditasi ini adalah untuk meningkatkan kualitas dan relevansi jurnal ilmiah. Selain itu juga meningkatkan daya saing jurnal ilmiah di Indonesia. Sehingga melalui laman SINTA jurnal-jurnal yang diterbitkan menjadi lebih kredibel.

Cara Upload Jurnal Di Sinta

Cara Upload Jurnal Di Sinta

Nah cara upload jurnal sinta ini mudah lho! ada beberapa tahapan-tahapan yang sebenarnya tidak sesulit yang kalian bayangkan, jadi jangan khawatir. Penasaran seperti apa tahapan-tahapannya? Berikut adalah cara upload jurnal di sinta dengan mudah:

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

1. Mendaftar Akun Sinta 

Oke pada langkah pertama cara upload jurnal di sinta, kalian perlu mendaftarkan akun di sinta terlebih dahulu, nah bagi dosen dan para peniliti mendaftar akun ke sinta itu penting unutk mempublikasikan hasil karya ilmiah mereka.

Nah pada cara pendaftaran akunnya sendiri bisa dibilanf mudah. Kalian hanya perlu masuk ke laman remi sinta. Atau kamu bisa masuk lewat url berikut: https://sinta.kemdikbud.go.id/.

Dalam pendaftarannya kamu bisa langsung mengunjungi menu registration yang biasanya berada di pojok kanan atas layar monitor kamu, dan bagi kalian yang sudah memiliki akun sinta, kalian bisa langsung login saja ke menu author login  di halaman utama.

2. Mengisi Formulir Registrasi 

Oke cara upload jurnal di sinta kedua adalah silahkan kamu mengisi formulir registrasi akun, pada menu auhor login, kamu diharuskan mengisi datadiri formulir yang telah disediakan oleh SINTA dan isilah sesuai dengan benar seperti nama lengkap, id google scholar, nomor KTP, Id Scopus, dan lain-lain.

3. Masukan ID Google Scholar 

Langkah selanjutnya cara upload jurnal di sinta adalah pengisian ID scopus dan juga ID google scholar. Nah ini wajib di isi seluruhnya. mengapa demikian? Karena ID tersebut akan disinkronkan dengan database sinta pada tahap selanjutnya. Tentu saja untuk memenuhi langkah ketiga ini kamu harus sudah memiliki akun google scholar dan akun scopus supaya proses pembuatan akun di sinta bisa diproses tanpa ada hambatan.

4. Periksa Kelengkapan Data 

Untuk cara upload jurnal di sinta selanjutnya adalah dengan memeriksa kembali kelengkapan data apakah data yang tadi kamu inputkan sudah lengkap dan benar atau tidak. Karena jika data tersebut ada yang salah atau tidak lengkap akan menganggu pada proses registrasi. Kamu juga bisa mengosongkan data jika data tersebut terdapat keterangan boleh untuk dikosongkan. Pastikan kembali data yang kamu masukan tersebut adalah data yang valid. Karena setelah kamu menekan tombol registrasi data tadi akan otomatis di proses oleh pengelola laman sinta dan akan segera melakukan proses verifikasi akun sinta.

5. Proses Verifikasi 

Cara Upload Jurnal Di Sinta

Cara upload jurnal di sinta yang kelima adalah proses verifikasi. Ini merupakan langkah akhir dari proses pendaftaran sinta. Dalam proses verifikasi akan dilakukan oleh tim verifikator dari sinta sendiri kamu tidak perlu melakukan apapun.

Tetapi sebelum kamu melakukan verifikasi, tim sinta akan terlebih dahulu mengecek validasi data berdasarkan dengan nomor instruktur. Oleh sebab itu universitas atau instiusi yang bersangkutan akan memverifikasi ID dengan google scholar, scopus, NIDN, dan data-data lainnya terlebih dahulu.

Apabila proses ini tidak ada hambatan atau lancar dan telah terbukti data yang diinputkan asli atau valid maka untuk proses verifikasi telah sukses kamu lakukan.

Jika proses verifiakasi telah berhasil maka status akun sinta pada perangkat kamu akan berubah menjadi Terverifikasi, untuk proses ini biasanya memerlukan waktu beberapa hari jadi kamu harus menunggu proses tersebut terlebih dahulu.

6. Update Data Profil Dan Dokumen 

Nah Setelah akun kamu terverifikasi, untuk langkah selanjutnya dari cara upload jurnal di sinta adalah memperbarui data profil kamu. Yang berarti setelah akun terverifikasi, kamu bisa melengkapi data pribadi pada akun Sinta yang telah kamu buat.

Dan setelah kamu melengkapi data pribadi seperti yang kami sebutkan diatas, kamu juga bisa menentukan nama penulis jurnal ilmiah yang nanti akan diterbitkan ke database Sinta tentunya. Saran dari kami gunakanlah nama dan data pribadi yang valid supaya nanti akan mempermudah pada proses pencarian jurnal.

7. Tahap Sinkronisasi 

Pada langkah selanjutnya dari cara upload jurnal di sinta adalah kamu dapat melakukan sinkronisasi pada akun Sinta dengan akun Google Scholar dan Scopus yang kamu punya. Setelah akun kamu berhasil disinkronkan, maka daftar jurnal yang diterbitkan di Scopus dan Google Scholar akan segera ditautkan pada sinta.

8. Tahap Akreditasi 

Cara Upload Jurnal Di Sinta

Oke akhirnya kita sampai pada tahap terakhir dari cara upload jurnal di sinta adalah tahap akreditasi. Tahap ini bisa kamu lakukan sendiri, kamu hanya perlu mengajukan akreditasi jurnal yang bersangkutan ke Areditasi Jurnal Nasional atau ARJUNA, agar lebih cepat kamu bisa melalui url berikut https://arjuna.kemdikbud.go.id/

Apabila jurnal kamu mendapatkan nilai akreditasi 70 sampai dengan 85, maka jurnal kamu akan mendapat akreditasi B pada ARJUNA sehingga dari laman sinta akan mendapat kategori sinta 2 (S2). Dan jika jurnal kamu memperoleh nilai akreditasi diatas angka 85 maka kamu akan mendapat akreditasi A dari ARJUNA dan akan masuk ke kategori sinta 1 (S1).

Bagaimana teman-teman mudah bukan cara upload jurnal di sinta ini, kalian hanya perlu mengikuti tahapan-tahapan yang kami berikan selesai deh.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Baca Juga : Submit Jurnal Sinta

Manfaat Upload Jurnal Di Sinta

Pembahasan selanjutnya adalah manfaat dari upload jurnal di sinta. Mengupload jurnal di SINTA memiliki banyak manfaat, terutama bagi kalangan akademisi seperti mahasiswa dan dosen. Publikasi jurnal terakreditasi SINTA memiliki nilai KUM yang jauh lebih tinggi jika kita bandingkan dengan jurnal-jurnal lainnya.

Berikut adalah manfaat publikasi jurnal SINTA yang harus kamu ketahui:

  • Bagi para dosen, publikasi jurnal SINTA ini memiliki keuntungan yaitu untuk menambah nilai KUM sehingga dapat digunakan sebagai persyaratan naik pangkat. Nah selain itu, Publikasi jurnal di SINTA juga bermanfaat untuk kebutuhan akreditasi kampus. 
  • Dan untuk para mahasiswa, Dengan publikasi jurnal di SINTA ini dapat digunakan sebagai syarat lulus atau untuk mengikuti sidang akhir, baik itu pada jenjang S2 maupun S3

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Cara Publikasi Jurnal Terindeks Di Sinta

Cara Upload Jurnal Di Sinta

Jika kamu ingin mempublikasikan jurnal terakreditasi SINTA secara gratis, caranya adalah dengan mempublikasikannya melalui OJS secara online bisa melalui aplikasi google chrome, dan aplikasi lainnya. Beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mempublikasikan jurnal terakreditasi SINTA adalah sebagai berikut:

  • Pastikan karya ilmiah tersebut bersifat original atau asli, bukan plagiat. 
  • Sesuaikan karya ilmiah tersebut sesuai dengan template yang ada 
  • Sesuaikan tema dan spesifikasi jurnal yang akan dituju 
  • Tulis topik terbaru

Cara Mencari Jurnal Sesuai Bidang

Mungkin saat ini masih banyak orang yang masih bingung bagaimana cara mencari jurnal sesuai bidang keilmuan yang mereka inginkan. Bagi kamu yang ingin mengetahui bagaimana caranya, kamu bisa simak pembahasan berikut ini.

Dalam skala mencari jurnal nasional sesuai bidang, kamu bisa mengunjungi laman dari sinta dengan url berikut https://sinta.ristekbrin.go.id/.  Dan untuk mencari jurnal skala internasional kamu bisa mencari di Scimago.jr dengan url berikut https://www.scimagojr.com/.

Untuk bagian ini kami akan memberikan cara mencari jurnal sesuai bidang keilmuan untuk skala nasional.

  • Buka browser pada perangkat yang kamu gunakan
  • Kunjungi website resmi dari sinta atau kamu bisa klik url berikut https://sinta.ristekbrin.go.id/ 
  • Setelah kamu berhasil masuk ke halaman utama, pada tampilan awal akan muncul tampilan home, About, Author, Subject, Affiliation, Sources, Registration dan FAQ
  • Lalu klik Sources untuk mencari jurnal sesuai bidang yang kamu inginkan
  • Pada laman sources ini, akan muncul beberapa jurnal dan kamu bisa menulis nama bidang keilmuan yang kamu inginkan pada kolom pencarian dan klik “enter” atau klik tombol ”search” disamping kolom tersebut.
  • Misalnya, apabila kamu ingin mencari jurnal bidang kesehatan, maka akan muncul jurnal dari sinta 1 – sampai sinta 6.
  • nantinya, akan muncul berbagai nama jurnal pada bidang kesehatan, kemudian pilih pilih salah satu jurnal yang ingin kamu ketahui lebih lanjut, misalnya pada kesempatan kami ini memilih “Jurnal Kebidanan” yang ditampilkan pada nomer 1 .
  • Untuk bisa mengunjungi website dari jurnal tersebut, bisa kamu lakukan dengan klik tulisan website dibagian kiri dari laman tersebut.
  • Setelah kamu berhasil masuk pada website jurnal tersebut, akan ditampilkan berbagai menu.
  • Dan selanjutnya, untuk terbitan jurnal terbaru bisa kamu lihat pada menu Current, dan untuk keseluruhan jurnal yang pernah di terbitkan bisa dilihat pada menu Archives.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Contoh Naskah Jurnal Yang sudah di Publish

Berikut kami berikan contoh naskah jurnal yang sudah di publish dalam bentuk PDF

Contoh LOA

Berikut ini kami berikan contoh LOA

CALL FOR PAPER Jurnal SINTA 5

Al-Makki Publisher di bawah naungan Yayasan Mansyur Al-Makki memberikan layanan Call For Paper khusus Jurnal SINTA 5 Multidisiplin.

Kesimpulan

Mungkin cukup sekian sedikit pembahasan dari kami mengenai cara upload jurnal di sinta dengan mudah dan cara publikasi jurnal terakreditasi di sinta dengan gratis, semoga pembahasan dari kami membantu teman-teman semua dan semoga menambah wawasan kita semua. Terimakasih.

error: Content is protected !!