Cara Sinkronisasi Google Scholar Dengan Sinta

Cara Sinkronisasi Google Scholar Dengan Sinta

Nah, bagi kamu yang ingin mengetahui mengenai bagaimana cara sinkronisasi google scholar dengan sinta, kamu bisa cek artikel ini!

Cara Sinkronisasi Google Scholar Dengan Sinta Mudah & Cepat

Intinya, pada bagian ini kami akan memberikan kalian tahap-tahap untuk cara sinkronisasi google scholar dengan sinta dengan cepat dan mudah.

Silahkan simak sampai habis!

Cara ini dituju untuk para verifikator sinta, yang mana salah satu tugas dari verifikator SINTA adalah dengan melakukan sinkronisasi atau menghubungkan dengan google cendekia atau google scholar sehimgga metadata karya ilmiah dosen di profil google scholar atau google cendekia dibawa masuk kedalam portal sinta. Sebagai verifikator tentu saja harus terlebih dahulu mengecek profil google scholar atau google cendekia yang akan disinkronkan atau dihubungkan, hal ini dituju untuk bisa memastikan bahwa publikasi yang ada pada profil google scholar atau google cendekia memang merupkan hasil dari karya dosen yang bersangkutan.

Nah, dalam cara ini, kami akan menyinkronkan atau menghubungkan google scholar atau google cendekia dari salah satu dosen di dalam tautan

berikut: https://scholar.google.co.id/citations?user=W6gnSQEAAAAJ&hI=en

Nah yang harus kita perhatikan disini adalah jumlah dalam profil google scholar atau google cendekia kamu, kamu bisa melihat semua publikasi yang ada pada bagian bawah. Jumlah semua atau total publikasi di dalam profil google scholar atau google cendekia ini aadalah 5. Dan, selanjutnya periksa publikasi instruktur yang relevan satu per satu. Dan kamu bisa menggunakan  alat atau tools pencari keyword atau kata kunci untuk menemukan nama yang relevan. Salain itu juga kamu bisa mengklik artikel atau langsung bertanya kepada dosen dengan profil google scholar atau google cendekia.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Baca Juga : Cara Memasukan Jurnal Ke Sinta

Pertama-tama yang perlu kalian lakukan adalah Login pada link berikut : https://sinta.ristekbrin.go.id/authorverification/?mod=login

Selanjutnya adalah Temukan dosen terkait menggunakan NIDN dossesn atau nama dosen.

Cara Sinkronisasi Google Scholar Dengan Sinta

Kemudian untuk mengecek apakah link Google Cendekia atau google scholar sudah benar, klik menu Cek di sebelah ID Google Cendekia atau google scholar. Dan Perhatikan juga di sini bahwa pada bagian Statistik Penulis di bagian Google Cendekia atau google scholar menunjukkan bahwa artikel tersebut masih 0, dalam hal ini tidak pernah disinkronkan.

Cara Sinkronisasi Google Scholar Dengan Sinta

Dengan Melakukan sinkronisasi semudah mengklik menu Minta Sinkronisasi Google.

Cara Sinkronisasi Google Scholar Dengan Sinta

Pilih Ya, kemudian kirim permintaan dan tunggu proses sinkronisasi berhasil. Tanda bahwa sinkronisasi selesai, selanjutnya jumlah artikel pada bagian statistik penulis.

https://internationaljournallabs.com/blog/wp-content/uploads/2022/08/ada-5.jpg
Cara Sinkronisasi Google Scholar Dengan Sinta

Seperti yang dapat kita lihat, ada 5 artikel pada bagian google scholar atau google cendekia, dengan berdasarkan jumlah publikasi di dalam profil google cendekia atau google scholar yang berhubungan atau bersangkutan.

Oleh sebab itu, kita bisa melihat SINTA instruktur dengan melalui link https://sinta.ristekbrin.go.id/authors dan mencari nama dosen yang bersangkutan dengan berdasarkan kata kunci atau keyword.

Kemudian Lihat bahwa jumlah dokumen di dalam Google adalah 5, yang bisa kamu lihat dengan memilih menu Dokumen GS.

Cara Sinkronisasi Google Scholar Dengan Sinta

Cara Mencari Jurnal Internasional di Google Scholar

Setelah kita mengetahui mengenai bagaimana Cara Sinkronisasi Google Scholar Dengan Sinta, selanjutnya kita akan membahas mengenau cara mencari jurnal di google scholar.

Seperti sekarang ini mencari jurnal tidak sesulit dulu. Karena jurnal online sseperti sekarang ini sudah banya bertebaran dimana-mana.

Dibandingkan dengan jurnal nasional, jurnal internasional memiliki sumber referensi yang sangat kuat dalam membuat karya ilmiah, skripsi, tesis dan penelitian ilmiah.

Akan tetapi masih banyak sekali orang yang tidak tahu dan kebingungan dalam cara mencari jurnal di google scholar atau google cendekia.

Nah, pada kesempatan ini kami akan memberikan kalian tig acara yang dapat kamu lakukan untuk bisa memudahkan atau mempermudah dalam mencari jurnal di google scholar atau google cendekia. Yaitu Teknik pengoptimasi Boolean operator, teknik snowballing, dan juga Teknik duplicate keyword.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Baca Juga : Format Penulisan Jurnal Sinta

1. Teknik Pengoptimalan Boolean Operator – Cara Sinkronisasi Google Scholar Dengan Sinta

Nah, yang pertama dalam Cara Sinkronisasi Google Scholar Dengan Sinta adalah dengan cara kerja metode ini yaitu dengan meminta hasil dari pencarian yang lebih spesifik dalam mensin pencari google scholar atau google cendekia.

Biasanya pada saat kita melakukan pencaarian sebuah artikel atau jurnal, kamu akan memasukan kata kunci atau keyword yang relevan.

Sebagai contohnya kami akan melakukan penelitian di dalam bidang gizi khususnya risk factor for stunting atau faktor resiko stunting.

Tentunya kata kunci atau keyword yang akan saya masukan adalah faktor resiko stunting (Risk Factors for Stunting). Dan setelah itu, silahkan kalian pilih jurnal internasional yang relevan dan bagus.

Dan sayangnya, jika hanya dengan menggunakan atau mengandalkan cara tersebut kadang kamu belum dapat menemukan artikel yang benar-benar sesuai judul penelitian yang sedang kamu kerjakan.

Dengan begitu kamu perlu mencoba dengan menggunakan Teknik pengoptimalan Boolean operator untuk bisa menemukan jurnal internasional pada mesin pencari google scholar atau google cendekia.

Dengan melalui car aini, google cendekia atau google scholar bisa lebih mudah memahami atau dipahami kamu secara spesifik dan menampiilkan lebih banyak hasil pencarian jurnal internasional terbaru yang sebelumnya mungkin tidak muncul. Dan langsung saja, berikut kami paparkan cara-cara menggunakan Boolean operator:

Contoh Pertama : Risk Factors Stunting AND Energy Intake OR Diarrea

Nah, contoh pertama dalam Cara Sinkronisasi Google Scholar Dengan Sinta Dengan melalui kata kunci atau keyword hasil yang google cendekia atau google scholar munculkan adalah artikel yang mengandung kata kata Risk Factors Stunting dan Energy intake atau Diaarrhea.

Contoh Kedua : “Stunting” AND “Exclusive Breastfeeding“

Kemudian contoh yang kedua dalam Cara Sinkronisasi Google Scholar Dengan Sinta adalah dengan melalui keyword atau kata kunci tersebut google cendekia atau google scholar akan mencarikan keyword atau kata kunci  exclusive breastfeeding dan stunting. Dan metode yang satu ini biasanya orang menggunakannya untuk mencari bebagai artikel yang berkaita langsung dengan kedua hal tersebut.

Penulisan dapat memakai tanda petik dan boleh juga tidak menggunakan kata petik. dan tanda petik fungsinya adalah sebagai Batasan frasa artikel internasional yang akan kamu cari di dalam google scholar atau google cendekia.

Dan ada baiknya jika kamu menggunakan kata kunci atau keyword Panjang, karena biasanya lebih baik dan efektif untuk menambahkan atau menggunakan kata petik (“”).

2. Teknik Snowballing – Cara Sinkronisasi Google Scholar Dengan Sinta

Nah metode yang kedua dalam Cara Sinkronisasi Google Scholar Dengan Sinta adalah dengan menggunakan Teknik snowballing. Metode yang satu ini dapat kamu lakukan dengan melihat daftar artikel yang “dikutip” dan “mengutip” artikel yang telah ditemukan sebelumnya.

Dan cara ini dapat secara otomatis membawa kamu untuk bisa menemukan lebih banyak lagi artikel yang relevan dan cocok. Nah, ebgini cara mencari jurnal di google scholar dengan menggunakan tekhnik Snowballing:

1. cara yang pertama dalam Cara Sinkronisasi Google Scholar Dengan Sinta adalah dengan menemukan artikel yang kamu inginkan, misalnya saya akan mencari artikel correlation between non-exclusive breastfeeding and low birth weight to stunting in children

2. Klik “dirujuk … kali”, terletak pada bawah judul dan ringkasan isi artikel

2. selanjutnya yang kedua dalam Cara Sinkronisasi Google Scholar Dengan Sinta adalah dengan mengklik “dirujuk … kali”, yang terletak pada bagian bawah judul dan ringkasan isi artikel

3. kemudian Pilih artikel yang sesuai kebutuhan kamu

4. yang keempat dalam Cara Sinkronisasi Google Scholar Dengan Sinta adalah melakukan teknik yang sama secara berulang, sampai menemukan artikel yang relevan.

Hasil dari Teknik snowballing akan terus menerus relevan dan juga bisa kamu pertimbangkan untuk menambahkan sebagai literatur.

Nah, dengan menggunakan cara ini mungkin saja kamu bisa memperoleh 5 artikel yang bisa digunakan sebagai sumber referensi dan relevan

Teknik Snowballing ini sering sekali digunakan oleh para peneliti, dan Teknik ini juga sering disebut dengan Teknik foeward karena kamu mencari sumber referensi dengan tahun publikasi “setelah” artikel yang ditemukan pertama.

Teknik yang sejenis adalah Teknik backward, ini adalah sebaliknya. Yaitu kamu bisa melihat artikel yang dipublikasikan “sebelum” artikel tersebut.

Dan car aini juga dapat menelusuri dan melihat daftar pustakan dari artikel yang menjadi sumber referensi kamu.

3. Duplicate Keyword

Yang ketiga dalam Cara Sinkronisasi Google Scholar Dengan Sinta adalah dengan menggunakan tekhnik duplikat keyword adalah salah satu cara mencari jurnal internasional di google scholar atau google cendekia yang sederhana dan mudah untuk dilakukan.

Dan sebelumnya kamu harus memiliki artikel yang telah atau sudah dianggap relevan.

Lebih banyak stok lebih bagus, karena kamu akan menduplikasi atau mencopy kata kunci atau keyword yang digunakan di dalam jurnal tersebut ke dalam mesin pencari google scholar atau google cendekia. Nerikut ini kami paparkan cara mencari jurnal internasinal di dalam google scholar atau google cendekia dengan menggunakan Teknik duplicate keyword:

1. pertama-tama dalam Cara Sinkronisasi Google Scholar Dengan Sinta adalah dengan membuka dokumen artikel yang menjadi referensi

2. Selanjutnya dalam Cara Sinkronisasi Google Scholar Dengan Sinta adalah dengan melihat kata kunci atau keyword yang digunakan, biasanya ada pada bawah abstrak. Disini kami akan mencontohkan : Archivist, Records Management, Industry 4.0 sebagainya

3. Catat dan juga copy kata kunci atau keyword tersebut ke dalam mesin pencari google scholar atau google cendekia

4. yang keempat dalam Cara Sinkronisasi Google Scholar Dengan Sinta adalah dengan melakukan pencarian artikel

5. Selanjutnya dalam Cara Sinkronisasi Google Scholar Dengan Sinta adalah dengan tahapan yang sama hingga sampai menemukan artikel yang sesuai.

Cara duplikat keyword akan semakin maksimal jika digabungkan dengan menggunakan teknik boolean operator.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Kesimpulan

Nah, mungkin hanya itu yang bisa kami sampaikan mengenai bagaimana Cara Sinkronisasi Google Scholar Dengan Sinta. semoga dengan adanya artikel ini dapat membatu rekan-rekan yang sedang membutuhkan cara sinkronisasi google scholar dengan sinta. Terimakasih!!

error: Content is protected !!