Cara Mengecek Jurnal Terindeks Scopus

Oke teman-teman untuk pemabahasan kali ini kita akan membahas tentang cara mengecek jurnal terindeks scopus. Seperti yang sudah kita ketahui tenntang scopus sekarang bagaimana sih cara mengecek jurnal terindeks scopus? penasaran seperti apa pembahasannya? Baca sampai habis ya!

 Sebelum masuk ke pembahasan kita wajib mengenali terlebih dahulu apa itu scopus.

Scopus adalah suatu pangkalan data pustaka yang sudah memiliki standar dan reputasi di jurnal internasional.

Scopus sendiri berada di bawah naungan Elsevier yang merupakan salah satu publikasi ilmiah skala internasional yang telah berhasil mengindex 22.000 lebih jurdul artikel yang berasal dari 5000 penerbit.

Jurnal yang terindex oleh scopus juga bisa memiliki reputasi tinggi di skala internasional

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Baca Juga : Cara Masuk Jurnal Scopus

Cara Mengecek Jurnal Terindeks Scopus Dengan Mudah

Cara Mengecek Jurnal Terindeks Scopus

Selanjutnya lanjut kita kepembahasan utama yaitu tekait cara mengecek jurnal terindeks scopus.

Cek di website resmi scopus

Yang pertama dalam Cara Mengecek Jurnal Terindeks Scopus tentunya kita mengecek jurnal di website scopus. Untuk langkah-langkahnya seperti ini:

  • Masuk ke website dengan url: https://www.scopus.com/home.url
  • Klik “sumber” dibagian atas
  • Isikan nama jurnal pada kolom “enter title” dan tekan Enter atau klik “find source”
  • Kemudian jika jurnal yang ketik sudah ditemukan di kolom pencarian, klik jurnal dan periksan tahun liputannya.
  • Centang juga scopus “Scopus Content Coverage’ dibagian bawah. Jurnal Scopus dengan data tahun 2020 yang dimasukan akan tetap terindeks
  • Scimago JR

Selanjutnya website kedua untuk mengecek jurnal terindeks scopus adalah sebuah website yang bernama Scimago Journal & Country Rank (SJR). Sjr ini sering digunakan untuk melihat ranking sebuha jurnal yang terbagi  menjadi 4 kuartil yaitu Q1, Q2, Q3, dan Q4. Untuk langkah-langkah nya seperti berikut:

  • Pertama anda kunjungisitus web SJR dengan url : https://www.scimago.com
  • Pilih bidang yang sesuai dengan jurnal anda. Contoh anda sedang mencari farmasi, maka bidang yang anda cari adalah “Farmakologi, Toksikologi Dan Farmasi”
  • Pilih bidang yang sesuai dengan jurnal anda. Contoh anda sedang mencari farmasi, maka bidang yang anda cari adalah “Farmakologi, Toksikologi Dan Farmasi”
  • Pilih subjek kategoti jurnal yang diinginkan, subjej kategori adlah subkategori dari subjek area jurnal internasional yang dicari
  • Selanjutnya cari kuartil yang anda inginkan lalu unduh datanya ke excel
  • Pastikan jurnal terindeks scopus

4 Kuartil Jurnal Scopus Yang Wajib Ditehui

Nah setelah mengetahui cara mengecek jurnal terindeks scopus yu kita lanjut ke pembahasan selanjutnya yang perlu kamu ketahui adalah tingkatan jurnal scopus seperti yang sudah kami sebutkan di atas

1. Q1 (Kuartil 1)

kategori yang pertama dalam Cara Mengecek Jurnal Terindeks Scopus adalah Q1 (kuartil 1). Kategori Q1 (quarteli 1) ini berarti ada jurnal internasional terindeks scopus dengan dampak terbesar. Misalnya ada 100 jurnal terindeks scopus pada bilang tertentu, dalam kategori Q1 ini dari 100 jurnal tersebut hanya 1-25 jurnal yang berkategori Q1 atau jurnal teratas.

2. Q2 (kuartil 2)

selanjutnya yang kedua dalam Cara Mengecek Jurnal Terindeks Scopus adalah Kategori Q2 (kuartil 2) mengacu pada jurnal internasional dengan pengaruh yang cukup besar yang termasuk dalam Scopus. Misalnya, dari 100 jurnal yang terindeks Scopus, kategori Q2 ini biasanya berada pada skala 26-50.

3. Q3 (kuartil 3)

berikutnya yang ketiga dalam Cara Mengecek Jurnal Terindeks Scopus adalah Kategori Q3 (kuartil 3) ini berarti ada beberapa jurnal internasional yang terindeks Scopus, dengan dampak yang lebih kecil. Misalnya, dari 100 jurnal yang diindeks oleh Scopus, kategori Q3 ini biasanya berada pada skala 51-75.

4. Q4 (kuartil 4)

nah untuk yang terakhir dalam Cara Mengecek Jurnal Terindeks Scopus adalah Level terakhir adalah Kategori Q4 (kuartil 4), artinya jurnal internasional dengan beberapa indeks memiliki dampak paling rendah. Misalnya, di antara 100 jurnal yang terindeks Scopus, kategori Q4 ini biasanya

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Tujuan Scopus

Cara Mengecek Jurnal Terindeks Scopus

Oke setelah mengetahui cara mengecek jurnal terindeks scopus. kita juga perlu tau tujuan scopus. Tujuan Scopus adalah untuk menghubungkan semua artikel yang disusun ke portal, alat untuk mengukur prestasi penyelidik di setiap negara. Scopus mempunyai sistem penilaian yang dipanggil Scrimago Journal Rank (SJR) untuk mengukur artikel saintifik. Selain Scopus, terdapat beberapa perkhidmatan pengindeksan jurnal lain.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Kesimpulan

Oke cukup sekian sedikit pembahasan dari kami terkait cara mengecek jurnal terindeks scopus. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu dan berguna bagi teman-teman semua. Terimakasih!!

error: Content is protected !!