Cara Mengecek Jurnal Sinta

Cara Mengecek Jurnal Sinta

Bagi kamu yang tidak mengetahui bagaimana cara mengecek sinta jurnal, padahal melakukan publikasi artikel ilmiah telah menjadi syarat wajib dalam kelulusan dari pendidikan tinggi. Dan salah satu syarat lulus baik itu S1 sampai dengan S3 adalah publikasi di Jurnal Ilmiah terakreditasi.

Bahkan, khususnya S3 wajib menggunakan jurnal internasional yang bereputasi misalnya scopus. Sedangkan untuk S2 adalah jurnal ilmiah nasional yang telah terakreditasi atau diakui SINTA.

Yang paling gampang tentu saja adalah untuk S1 yaitu jurnal nasional online, dan biasanya hanya sampai terindeks copernicus.

Kali ini kami akan membahas mengenai bagaimana cara mengecek jurnal sinta, khususnya.

Apa Itu Sinta?

Cara Mengecek Jurnal Sinta

Sebelum kamu mengetahu bagaimana cara mengecek jurnal sinta, ada baiknya jika kamu ketahui terlebih dahulu ap aitu sinta.

SINTA adalah singkatan dari (Science and Technology Index) yang mana penelitian berbasis web yang dirancang untuk mengukur kinerja institusi, peneliti, dan jurnal ilmiah yang ada di tanah air atau di Indonesia.

Jurnal yang telah terindeks sinta merupakan jurnal yang telah terkreditasi atau diakui oleh sistem akreditasi ARJUNA yang mempunyai kepanjangan dari (Akreditasi Jurnal Nasional) yang dikelola Ristekbrin.

Nah, langsung saja kita akan bahas mengenai bagaimana cara mengecek jurnal sinta yang sesuai dengan tema artikel kali ini.

Ingin Publikasi Jurnal? Konsultasikan Sekarang!

Cara Mengecek Jurnal Sinta

1. pertama-tama, kalian harus membuka situs sinta di url: https://sinta.kemdikbud.go.id/. selanjutnya masuk ke navigasi utama (paling atas) ke bagian “SOURCES”, lalu klik “JOURNALS”.

Cara Mengecek Jurnal Sinta

2. kemudian yang kedua dalam cara mengecek jurnal sinta adalah dengan mencari jurnal di kolom pencarian, jika kalian sudah memiliki nama jurnal silahkan kalian langsung saja ketik nama jurnal itu lalu klik tombol pencarian. Jika kalian belum memiliki, silakan kalian klik tombol “Filter”.

3. nah, yang ketiga dalam cara mengecek jurnal sinta adalah. pada pencarian ini, kalian dapat mencari jurnal ilmiah sesuai dengan bidang kalian. Ada 10 bidang ilmu pengelompokan yang dapat kalian pilih bagian subject ini, Yaitu: sains, Pendidikan agama, ekonomi, kemanusiaan, kesehatan, agrikultur, seni, sosial, dan mesin.

4. yang keempat dalam cara mengecek jurnal sinta adalah. Kali ini kami mencontohkan untuk memilih bidang pendidikan. Setelah dipilih silakan kalian langsung saja klik tombol “Search”. Dan Kotak lainnya biarkan kosongkan saja, tidak apa apa.

Cara Mengecek Jurnal Sinta

5. Gambar berikut ini adalah hasil pencarian jurnal terakreditasi atau diakui dalam bidang pendidikan. Nah, silakan kalian pilih saja hasil pencarian ini untuk mencari target jurnal Sinta dan kalian bisa memilih berapa yang akan Kamu tuju boleh 1, 2, 3, 4 atau yang lainnya.

6. Misalnya seperti ini, yaitu jurnal pendidikan yang terakreditasi di Sinta 4. 

7. selanjutnya dalam cara mengecek jurnal sinta adalah. Silakan klik salah satu nama jurnal, untuk memperoleh info lebih lanjut atau detail dari jurnal itu. Lalu untuk ke jurnal yang kalian pilih tadi silakan klik tombol “Website” pada bagian bawah nama penerbitnya atau publishernya.

Cara Upload Jurnal di Sinta

Cara Mengecek Jurnal Sinta

Nah setelah kita membahas mengenai bagaimana cara mengecek jurnal sinta, kurang rasanya jika kita tidak membahas mengenai cara upload jurnal.

Untuk cara submit jurnal atau publish jurnal atau juga upload jurnal di sinta itu sangat mudah sekali, untuk selengkapnya kalian dapat membaca pembahasan berikut ini.

  • Masuk ke laman sinta ristekdikti
  • Pilih Registration

-Isi data-data yang diminta :


1. Status : Pilih Lecturer


2. NIDN : ketik NIDN yang kalian miliki


3. Nama lengkap : ketik nama kalian sesuai dengan id Google cendeki atau google scholar atau juga bisa dengan nama yang sering digunakan dalam penulisan artikel maupun jurnal


4. Afiliation : ketik nama perguruan tinggi atau universitas, kemudian secara otomatis akan muncul nama universitas atau perguruan tinggi yang dimaksud pada bagian bawah, misalnya ketik Sam Ratulangi. Dan langkah berikutnya adalah mengklik nama universitas atau perguruan tinggi yang dimaksud.


5. Academic grade : pilih jabatan fungsional yang dijabat saat ini


6. ID Card Number : ketik nomor KTP


7. E-mail : ketik alamat e-mail pribadi (disarankan e-mail yang berasal dari universitas atau perguruan tinggi , misalnya [email protected])


8. Password : masukkan password atau kata sandi yang akan digunakan dalam login ke
sintaristekdikti


9. Confirm password : ulangi password yang sudah dimasukkan dalam baris password


10. Google Scholar URL : dalam bagian ini terdapat beberapa tahap-tahap, yaitu :


– pertama Buka tab baru pada browser dan masuk ke laman Google Scholar atau Google Cendekia


– kemudian Sign in ke Google Scholar atau Google Cendekia dengan menggunakan e-mail pada nomor 7 diatas


– Copy paste URL Google Scholar atau Google Cendekia yang dimaksud ke laman sintaristekdikti seperti berikut ini :


11. Scopus ID : ketik Scopus ID jika sudah melakukan publikasi pada jurnal bereputasi.


12. Klik Register


13. Sign in ke e-mail (yang diketik pada nomor 7), lihat e-mail dari sintaristekdikti, dan ikuti instruksi yang sudah diberikan.

Ingin Publikasi Jurnal? Konsultasikan Sekarang!

Rekomendasi Publikasi Jurnal Sinta 1, 2, 3, 4, 5, & 6

Hanya di Al-Makki Publisher saja naskah jurnal milikmu bisa terbit di jurnal sinta dengan cepat. Jika kamu sesegera mungkin konsultasi dengan Tim Sinta kami, besar kemungkinan naskahmu bisa masuk dalam terbitan bulan ini.

Nah, berikut ini kami berikan beberapa daftar publikasi jurnal sinta 1, 2, 3, 4, 5 & 6 yang cepat terbit dari Al-Makki Publisher :

1. Publikasi Jurnal Sinta 1

Untuk biaya publikasi jurnal Sinta 1 dari kami sendiri bisa dibilang cukup terjangkau.

Bagi kamu yang ingin mengetahui berapa biaya yang diperlukan untuk publikasi jurnal sinta 1, silahkan hubungi tim jurnal kami melalui whatsapp di bawah ini!

2. Publikasi Jurnal Sinta 2

Untuk biaya publikasi jurnal Sinta 2 dari kami sendiri bisa dibilang cukup terjangkau.

Bagi kamu yang ingin mengetahui berapa biaya yang diperlukan untuk publikasi jurnal sinta 2, silahkan hubungi tim jurnal kami melalui whatsapp di bawah ini!

3. Publikasi Jurnal Sinta 3

Untuk biaya publikasi jurnal Sinta 3 dari kami sendiri bisa dibilang cukup terjangkau.

Bagi kamu yang ingin mengetahui berapa biaya yang diperlukan untuk publikasi jurnal sinta 3, silahkan hubungi tim jurnal kami melalui whatsapp di bawah ini!

4. Publikasi Jurnal Sinta 4

Untuk biaya publikasi jurnal Sinta 4 dari kami sendiri bisa dibilang cukup terjangkau.

bagi kamu yang ingin mengetahui berapa biaya yang diperlukan untuk publikasi jurnal sinta 4, silahkan hubungi tim jurnal kami melalui whatsapp di bawah ini!

5. Publikasi Jurnal Sinta 5

Untuk biaya publikasi jurnal Sinta 5 dari kami sendiri bisa dibilang cukup terjangkau.

Bagi kamu yang ingin mengetahui berapa biaya yang diperlukan untuk publikasi jurnal sinta 5, silahkan hubungi tim jurnal kami melalui whatsapp di bawah ini!

6. Publikasi Jurnal Sinta 6

Untuk biaya publikasi jurnal Sinta 6 dari kami sendiri bisa dibilang cukup terjangkau.

Bagi kamu yang ingin mengetahui berapa biaya yang diperlukan untuk publikasi jurnal sinta 6, silahkan hubungi tim jurnal kami melalui whatsapp di bawah ini!

Kesimpulan

Nah, mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan mengenai cara mengecek jurnal sinta, semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman. Terimakasih!

error: Content is protected !!