Cara Mendownload Jurnal Di DOAJ

Cara Mendownload Jurnal Di DOAJ

Oke teman-teman pada pembahasan kali ini kali ini admin akan membahas mengenai cara mendownload jurnal di DOAJ. Penasaran seperti apa pembahasannya kami mohon simak dengan teliti ya supaya kamu tidak salah informasi.

DOAJ merupakan sebuah direktori online yang khusus dikelola oleh sebuah komunitas ilmiah dan indeks, DOAJ ini menyediakan akses ke jurnal peer-review yang berkualitas tinggi dan tentunya akses terbuka. Nah untuk DOAJ bersifat independen dan semua pendanaannya berasal dari donasi, 18% dari sponsor dan 82% dari pendukung dan para penerbit karya tulis ilmiah di dunia.

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, DOAJ adalah sebuah halaman yang khusus menyediakan askes jurnal gratis kepada orang-orang di seluruh dunia tentunya tanpa batasan apapun. Istilah ini sering disebut sebagai jurnal Open Acces. Jadi kalian semua bisa mengunduh lebih dari 5 juta artikel ilmiah secara gratis di jurnal DOAJ ini.

5 juta artikel ilmiah yang ada di DOAJ ini gratis termasuk juga jurnal yang telah terindeks DOAJ, dan jurnal berkualitas yang lainnnya, siapa pun bisa mengakses artikel dengan teks yang lengkap tanpa biata dan leluasa mengaksesnya. Intinya seluruh data pada jurnal DOAJ adalah sebuah jurnal yang membantu mengembangkan pendidikan di seluruh dunia.

Nah setelah mengetahui mengenai jurnal DOAJ, yuk kita lanjut ke materi selanjutnya.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Cara Mendownload Jurnal Di DOAJ

Cara Mendownload Jurnal Di DOAJ

Nah untuk cara mendowload jurnal di DOAJ ini terbilang mudah. Kalian hanya perlu menyiapkan kuota saja, penasaran seperti apa pembahasanya? Berikut adalah langkah-langkah cara mendownload jurnal di DOAJ:

  • Yang pertama silahkan teman-teman masuk ke laman resmi DOAJ dengan URL berikut : https://doaj.org/.
  • Setelah teman-teman masuk ke halaman DOAJ,  coba kamu masukan kata kunci artikel yang relavan dengan jurnal yang kamu cari pada kolom pencarian yang telah disediakan oleh DOAJ. Contoh, apabila kalian ingin mencari artikel tentang perkembangan bahasa pada anak kecil, untuk kata kunci yang kamu masukan adalah perkembangan bahasa anak, atau bisa juga komunikasi anak.
  • cara download jurnal di DOAJ  selanjutnya,  silahkan teman-teman masukan kata kunci Metode Bercerita lalu klik penanda pencarian ( berwarna biru)
  • Setelah hasil pencarian yang tadi kamu lakukan sudah muncul, pilihlah artikel yang sesuai dengan kebutuhan
  • Temukan artikel di DOAJ yang kamu butuhkan dan silahkan pilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhan kamu.
  • Nama jurnal, nomor volume jurnal, nomor artikel dan tahun terbit
  • Identitas dari jurnal penerbit
  • Kebijakan Jurnal dan Ketersediaan Dokumen Jurnal
  • Nama penulis atau athor dan ID
  • Baca abstrak, terus unduh artikel jika sesuai kebutuhan
  • Klik untuk mengunduh artikel dengan teks lengkap
  • Setelah kamu mengklik item 6 (teks lengkap), kamu akan dibawa ke jurnal tempat artikel tersebut diterbitkan, seperti yang telah ditunjukkan pada gambar di langkah keempat ini
  • Silahkan kamu unduh artikel di jurnal yang telah menerbitkan artikel, dengan cara klik PDF pada jurnal. Perlu kamu ketahui bahwa sebuah jurnal tidak selalu sama dalam menampilkan tautan unduhan PDF
  • Setelah kamu mengklik tautan unduh tadi, kamu akan masuk ke halaman unduhan, nah pada bagian ini teman-teman akan dapat membaca secara leluasa isi artikel tersebut dan bisa mengunduhnya.
  • Selesai.

Nah teman-teman telah kami sampaikan bagaimana cara download jurnal di DOAJ, mudah bukan? Kalian hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang telah kami berikan, selesai deh. Oke kita lanjut ke pembahasan selanjutnya megenai sejarah dan misi dari DOAJ, Baca sampai habis ya ilmu itu penting, lho!

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Baca Juga : Cara Mencari Jurnal Di DOAJ 

Sejarah Dan Misi DOAJ

Setelah kita membahas mengenai Cara Mendownload Jurnal Di DOAJ, berikutnya kita akan membahas mengenai sejarah dan misi.

Tentu saja setelah kita mengetahui cara download jurnal di DOAJ, kita juga perlu mengetahui sejarah dan tujuan dari DOAJ. DOAJ ini pertama kali diluncurkan kepada masyarakat dunia pada tahun 2003 tepatnya di Universitas Lund, Swedia. Nah pada awalnya database hanya memiliki 300 jurnal saja , dan lihat sekarang DOAJ telah memiliki lebih dari 15.000 jurnal yang mencakup beberapa bidang keilmuan yaitu: bidang kedokteran, bidang ilmu sosial, bidang sains, bidang teknologi dan terakhir bidang humaniora.

Untuk Misi DOAJ adalah untuk meningkatkan kualitas jurnal, tinjauan sejawat, dan visibilitas open acces gratis penggunaan, aksesibilitas, reputasi, dan yerakhir dampak jurnal penelitian ilmiah di seluruh dunia. DOAJ akan bekerja dengan para editor, penerbit, dan juga pemilik jurnal untuk menyediakan standar praktik terbaik dalam manajemen jurnal.

DOAJ telah berkomitmen untuk menjadi sepenuhnya mandiri dan menjaga semua layanan dan juga metadatanya gratis untuk digunakan atau digunakan kembali oleh semua orang di dunia untuk mengakses jurnal. Jadi dengan kemudahan yang telah diberikan DOAJ, siapapun termasuk kamu dapat dengan mudah mendownload artikel jurnal gratis disini. Akses ke jurnal gratis ini adalah sesuatu yang telah dijanjikan DOAJ sejak pertama diluncurkan.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

5 Manfaat Jurnal Terindeks DOAJ.

Cara Mendownload Jurnal Di DOAJ

Akhirnya setelah mengetahui Cara Mendownload Jurnal Di DOAJ dan sejarahnya, kita sampai ke pembahasan yan terakhir yaitu manfaat dari jurnal yang terindeks DOAJ. Berikut adalah 5 manfaat dari jurnal yang terindeks oleh DOAJ:

1. Meningkatkan Nilai Akreditasi Jurnal Ilmiah.

yang pertama dalam Cara Mendownload Jurnal Di DOAJ adalah meningkatkan nilai akreditasi. Jurnal yang telah terindeks DOAJ secara garis besar bisa dikatakan telah memenuhi standar jurnal ilmiah sehingga jurnal tersebut mempunyai nilai plus di hadapan para asesor akreditasi jurnal internasional.

Dikutip dari buku pedoman akreditasi jurnal Ristekdikti, terdaopat unsur penilaian penyebarluasan, jika jurnal terindeks DOAJ maka akan mendapat nilai plus 3 dari nilai maksimal plus 4, Nilai tersebut bisa menambah dan menutup aspek penilaian unsur pada bagian yang lain juga.

2. Perolehan Angka Kredit Maksimal 20 Kum.

Cara Mendownload Jurnal Di DOAJ

berikutnya dalam Cara Mendownload Jurnal Di DOAJ adalah memiliki nilai positif dalam penilian angka kredit kenaikan jabatan akademik dosen. Artikel ilmiah yang telah diterbitkan dan termasuk jurnal yang terindeks DOAJ akan memperoleh angka kredit maksimal sebesar 20 kum (lihat PO PAK Dosen Ristekdikti 2019).

Coba kalian hitung angka kredit yang akan diperoleh jika kamu dapat mempublikasikan artikel sebanyak 4 artikel selama satu tahun dan jurnal tersebut terindeks oleh DOAJ. Tentunya hal itu akan membuat kamu cepat naik pangkat.

3. Meningkatkan Traffic Kunjungan Ke Website Jurnal.

Manfaat selanjutnya dalam Cara Mendownload Jurnal Di DOAJ adalah meningkatkan traffic kunjungan ke website jurnal. DOAJ dapat diakses oleh siapapun dan dimanapun termasuk kita semua. Siapa saja dapat mengakses jurnal secara terbuka atau open acces seperti yang kami sebutkan di atas. Ketika kamu sedang mencari informasi kamu dapat memanfaatkan DOAJ untuk mencari artikel yang sesuai dengan riset yang sedang lakukan, kamu hanya perlu mencari artikel dengan cara masukan saja kata variable yang relavan dengan artikel kamu butuhkan, selanjutnya maka otomatos DOAJ akan memunculkan judul-judul artikel yang relavan dengan yang sesuai tadi, file PDF dan informasi jurnal terkait.

Ketika kalian mengklik salah satu jurnal maka secara otomatis kamu akan diarahkan menuju website jurnal, dengan begitu kunjungan pada website jurnal kamu juga akan meningkat.

4. Membantu penerbit

Cara Mendownload Jurnal Di DOAJ

selanjutnya dalam Cara Mendownload Jurnal Di DOAJ adalah membantu penerbit. Telah kita ketahui bahwa DOAJ ini berisi kumpulan jurnal yang memenuhi kualifikasi standar yang sangat ketat. Ingat bahwa jurnal yang tidak memenuhi kualifikasi sebelumnya atau tidak sesuai standar akan mendapatkan sanksi yang berujung pada pemberhentian proses indeksasi jurnal.

Nah hal ini wajib kalian perhatikan tertuama oleh para penerbit dan pengelola jurnal. Jika kamu melihat jurnal yang terindeks oleh DOAJ maka kamu juga harus bisa meningkatkan kreativitas dan terus berusaha untuk mengelola jurnal sebaik mungkin. Melihat praktik terbaik dalam pengelolaan jurnal lain juga sangat disarankan untuk kemajuan jurnal yang sedang kamu kelola.

5. Mempermudah pencarian referensi.

Manfaat yang terakhir dalam Cara Mendownload Jurnal Di DOAJ adalah mempermudah para pencari informasi mengenai referensi peneliti, dosen dan mahasiswa yang sedang sibuk mengerjakan tugas akhir dapat mengoptimalkannya di DOAJ.

Rekomendasi terbaik mengenai riset disajikan secara real time pada jurnal DOAJ ini. Bagi orang yang sudah sering menggunakan DOAJ dengan sangat mudah menemukan referensi yang sesuai kebutuhan.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Kesimpulan

Oke teman-teman telah kami sampaikan cara mendownload jurnal di DOAJ,  manfaat dan sejarahnya, semoga pembahasan kami menambah wawasan teman-teman semua dan semoga materi kali ini bisa membantu permasalah kalian. Terimakasih.

error: Content is protected !!