Cara Mendapatkan ID Scopus

Cara Mendapatkan ID Scopus

Bagaimana sih cara mendapatkan id scopus? Cara mendapatkan id scopus cukup sederhana dan mudah kok. Untuk lebih lengkapnya silahkan kalian baca artikel dibawah ini.

ID Scopus sebenarnya akan mencul dengan sendirinya Ketika nama penulis diklik pada laman Scopus. Akan tetapi ini hanya berlaku untuk penulis yang sudah mempunyai lebih dari 1 publikasi yang sudah terindeks oleh Scopus.

Mengapa demikian? Karena itulah Scopus sangat berhati-hati dalam menentukan Author ID Scopus untuk penulis baru. Dengan begitu agar tidak ada salah sangka, karena ada begitu banyak kesamaan atau kemiripan nama orang didunia ini.

Tapi kamu tidak perlu khawatir, disini kami akan memberikan kamu beberapa cara mendapatkan ID Scopus atau melihat ID Scopus hanya untuk 1 artikel Scopus. Sebelum ke dalam caranya, berikut akan kami jelaskan terlebih dahulu kegunaan dan syarat memiliki Scopus.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Baca Juga : Cara Membuat Jurnal Scopus

Kegunaan dan Fungsi ID Scopus

Sebelum kamu mengetahui cara mendapatkan id scopus, sebaiknya kamu ketahui dulu kegunaan dan fungsi id scopus.

Setelah kamu mengetahui apa itu Scopus tentunya orang-orang yang ingin mengetahui cara mendapatkan ID scopus juga sangat bingung, apa saja fungsi dan kegunaan ID scopus, serta bagaimana cara mendapatkannya? Untuk itu kami akan menjelaskan betapa pentingnya fitur dan kegunaan ID scopus bagi kalangan akademisi, mahasiswa, dan dosen.

Penggunaan ID Scopus untuk sarjana adalah untuk menghubungkan atau menautkan seluruh artikel yang di indeks pada scopus ke portal sinta. Portal sinta adalah salah satu tolak ukur prestasi peneliti di tanah air (Indonesia) dengan berdasarkan pencapaian H-indeks sebagai penulis pada Google Scholar atau Scopus.

ID Scopus juga bisa digunakan untuk menyediakan link dalam mengintegrasikan berbagai artikel scopus kedalam laman sinta. Selain manfaat di atas, ID Scopus bisa mempermudah bagi pengguna yang telah terindeks oleh Scopus. Pemilik dan Pengguna ID Scopus bisa mengukur atau menilai kemampuannya sendiri sebagai ilmuan.

Misalnya, ada seorang penulis yang mengaku bahwa dirinya adalah pakar ahli dalam bidang Pendidikan yang ia tekuni. Jika demikian, dengan melihat ID scopus, kamu akan mengetahui apakah peneliti tersebut benar-benar kredibel dengan memeriksa klaim dan reputasinya sebagai penulis.

Scopus ID juga sangat berguna bagi penulis yang ingin memasukkan jurnal ilmiah atau artikel ilmiah yang terindeks di Scopus dengan cara memasukkan ID Scopus. dalam melakukan hal ini, kamu harus menngetahui terlebih dahulu terkait cara memasukan ID.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Cara Mendapatkan ID Scopus

Cara Mendapatkan ID Scopus

Ada 3 cara yang bisa kamu lakukakan untuk bisa mendapatkan scopus id, silahkan kamu pilih yang menurut kamu paling mudah, berikut adalag cara mendapatkan id scopus.

1. Cara Dapatkan ID Scopus Di Webnya Langsung

  • Buka web Scopus atau klik link berikut www.scopus.com
  • Kemudian Klik Author Search
  • selanjutnya isi kolom nama dan afiliasi kamu. Jika artikel kamu seorang pemula, sebaiknya kamumengosongkan kolom Afiliasi karena memungkinkan untuk menambahkan penulis lain. Selain itu, terkadang ini memengaruhi nama institusi dalam bahasa Inggris, dan nama institusi yang kamumasukkan tidak dalam bahasa Inggris. Sehingga nama kamu tidak bisa ditemukan.
  • Setelah kamu mengklik tombol “Cari”, nama kamu otomatis akan muncul. Kemudian untuk mengetahui SCOPUS ID, kamu bisa mengarahkan kursor ke jumlah artikel yang menunjukkan angka 1 (artinya kamu sudah memiliki 1 artikel yang terindeks Scopus).
  • Klik kanan angka satu tersebut, lalu klik salin atau copy.
  • Setelah itu buka notepad Word atau MS, untuk mempastekan link yang sudah kamu copy tadi.
  • Nah, disitulah kamu dapat menemukan ID SCOPUS. ID SCOPUS kamu berupa angka-angka yang berada pada bagian akhir web tersebut (angka merah yang disorot kuning).

2. Cara Mendapatkan ID Scopus Dengan Inspect Element

  • Lakukan langkah 1 hingga 4 pada Cara Pertama yang sudah admin tulis tadi.
  • Klik Inspect Element, sampai muncul tautan laman yang berada pada kanan halaman layar computer kamu.
  • Nah, Id Scopus berupa Angka-Angka yang berada pada bagian akhir tautan web

3. Cara Mendapatkan ID Scopus Dengan Bantuan

Jika kamu tidak mau ambil pusing dengan melakukan kedua cara untuk mendapatkan scopus id dengan cara yang tadi. Kamu juga bisa mengirim pesan ke admin scopus via contact us scopus. Akan tetapi proses ini membutuhkan waktu yang lumayan lama jika tidak mendapatkan respon dari pihak scopus.

Untuk bisa mengetahui apakah ID scopus yang kamu cari itu sudah benar. Maka kamu bisa mengeceknya dengan melalui laman berikut dengan menambahkan ID scopus pada bagian akhir.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Syarat Mempunyai ID Scopus

Cara Mendapatkan ID Scopus

Setelah kita mengetahu terkait Cara Mendapatkan ID Scopus, berikutnya kami akan membahas mengenai terkait Syarat Mempunyai ID Scopus

Sampai saat ini, banyak yang percaya bahwa satu-satunya cara untuk mendapatkan ID Scopus adalah dengan mendaftar akun, seperti membuat akun di Google Cendekia atau Gmail. tapi itu bukan kebenaran. Cara mendapatkan Scopus ID bukan dengan mendaftar seperti Google Scholar atau Gmail, tapi mendapatkannya secara otomatis.

Scopus akan otomatis memberikan Scopus ID jika seorang penulis sudah memiliki lebih dari 1 artikel ilmiah atau jurnal ilmiah yang diterbitkan di Scopus terindeks sebagai penelitian, hasil workshop, dll. Jika seorang penulis (baik mahasiswa atau dosen) belum menerbitkan artikel atau jurnal ilmiah di Scopus, mereka tidak akan dapat memiliki ID Scopus.

mengapa demikian? Ini adalah tindakan pencegahan yang dibuat oleh Scopus untuk menetapkan ID Penulis Scopus kepada penulis baru yang baru saja menerbitkan artikel ilmiah atau jurnal ilmiah. Hal ini dilakukan mengingat banyaknya kesamaan nama-nama orang di dunia yang menjadi penulis dan mempublikasikan jurnal atau artikel ilmiahnya di Scopus.

Namun meski begitu, kalian tidak perlu khawatir. Walaupun hanya satu jurnal ilmiah atau artikel ilmiah yang telah dipublikasikan di Scopus, namun masih ada cara untuk mendapatkan Scopus ID atau melihat Scopus ID.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Kesimpulan

Nah, mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan terkait Cara Mendapatkan ID Scopus, semoga dengan adanya artikel Cara Mendapatkan ID Scopus dapat berguna dan bermanfaat. Terimakasih!

error: Content is protected !!