Cara Mencari Jurnal Di DOAJ

Cara Mencari Jurnal Di DOAJ

Oke teman-teman kita bertemu kembali. Pada pembahasan kali ini, kami akan membahas mengenai cara mencari jurnal di DOAJ. Mungkin dari kalian sudah mengetahui apa itu DOAJ, bagi kamu yang belum mengetahui atau belum mengenal DOAJ kamu bisa simak pembahasan berikut ini sebelum masuk ke pembahasan utama.

DOAJ adalah singkatan dari Directory of Open Access Journals merupakan situs web ilmiah yang berisi daftar direktori jurnal open acces dari seluruh dunia. DOAJ pertama kali diluncurkan pada tahun 2003 tepatnya di kampus Lund, Swedia, dan manajemennya diambil alih oleh Open Access Infrastructure Service (IS4OA) sejak tahun 2013 januari.

Untuk saat ini, telah terdapat lebih dari 9.000 judul jurnal open acces yang terdaftar, yang berasal dari 130 negara, dan DOAJ memiliki lebih dari 2,2 juta artikel ilmiah.Nah tentu saja dari total karya ilmiah diatas, terdapat lebih dari 41.000 karya tulis ilmiah yang berasal dari Indonesia.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Baca Juga : Cara Mencari ISSN Jurnal Internasional

Cara Mencari Jurnal Di DOAJ

Cara Mencari Jurnal Di DOAJ

Setelah kamu mengenal DOAJ, langsung saja ke pembahasan utama, kami harap teman-teman semua simak dengan baik agar tidak salah menanggapi informasi yang akan kami berikan.

Berikut adalah cara mencari jurnal dalam DOAJ kamu:

  •  Buka website DOAJ dengan url http://doaj.org 
  •  Silahkan masukkan kata kunci pencarian bahasa Inggris pada kolom pencarian, karena situs ini adalah situs web yang menyediakan artikel ilmiah internasional dalam bahasa Inggris
  •  Pilih jurnal yang kamu butuhkan dan klik jurnal tersebut
  •  Kamu bisa membaca keseluruhan jurnal
  • Pilih full text, jangan lupa install IDM kamu dulu
  •  Silakan unduh ke perangkat kamu

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Sejarah Dan Misi DOAJ

Pembahasan selanjutnya adalah Sejarah dan MISI DOAJ. Tentunya setelah mengetahui cara mencari jurnal DOAJ kita juga perlu mengetahui tentang Sejarah dan Misi DOAJ.

Seperti yang sudah kami sebutkan di atas, DOAJ ini pertama kali diluncurkan kepada masyarakat pada tahun 2003 di Universitas Lund, Swedia. Pada awalnya database yang ada DOAJ hanya memiliki 300 jurnal, dan sekarang telah berkembang pesat dan sudah memiliki lebih dari 15.000 jurnal yang mencakup bebrapa bidang diantaranya yaitu, sains, teknologi, kedokteran, ilmu sosial dan humaniora.

Misi DOAJ adalah meningkatkan kualitas jurnal, tinjauan sejawat, dan visibilitas open acces gratis dalam penggunaan , reputasi, aksesibilitas, dan dampak jurnal penelitian ilmiah di dunia. DOAJ akan bekerja sama dengan editor, penerbit, dan pemilik jurnal dalam menyediakan jurnal standar praktik terbaik dalam manajemen jurnal.

DOAJ telah berkomitmen untuk menjadi sepenuhnya mandiri dan menjaga semua layanan dan metadatanya bisa di akses gratis dan digunakan atau digunakan kembali oleh semua orang. Jadi dengan adanya kemudahan yang telah diberikan DOAJ, siapapun dapat dengan mudah mengakses artikel jurnal gratis disini. Open acces gratis ini adalah sesuatu yang telah dijanjikan DOAJ sejak pertama didirikan.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Kesimpulan

Bagaimana teman-teman mudah bukan cara mencari jurnal di DOAJ, nah mungkin cukup sekian pembahasan dari kami, semoga membantu teman-teman dan menambah wawasan kita semua. Terimakasih.

error: Content is protected !!