Cara Mencari H Indeks Scopus

Cara Mencari H Indeks Scopus

Oke teman-teman pada pembahasan kita kali ini, kami akan membahas pembahasan mengenai cara mencari H indeks scopus. Nah mungkin dari kalian banyak yang belum mengetahui apa itu H indeks, tenang saja kami akan memberikan penjelasan tentang H indeks supaya teman-teman semua bisa langsung ke pembahasan utama.

Pengertian H-Indeks – Cara Mencari H Indeks Scopus

Cara Mencari H Indeks Scopus

H-Index atau Indeks-h adalah sebuah tolak ukur bagi para ilmuwan baik itu dosen ataupun peneliti dalam mengembangkan hasil karya penelitian dan keilmuannya. Karya keilmuwan seorang dosen dan peneliti antara lain berupa hasil penelitian yang telah dilakukan dan dipublikasikan, hak paten atau HKI atau kepanjangan Hak Kekayaan Intelektual dan artikel-artikel yang diseminarkan dalam bentuk jurnal ilmiah, baik itu Seminar Nasional maupun Internasional.

Nah sudah sewajarnya kita kenali terlebih dahulu sejarah H indeks sebelum mengetahui cara mencari H indeks scopus. H-index ini pertama kali diperkenalkan oleh seorang fisikawan dari sebuah perguruan tinggi di California, San Diego, yang bernama Jorge E Hirsch pada tahun 1985. Menurut dia cara ini dianggap sebagai cara yang paling efektif untuk menilai kinerja seorang ilmuwan untuk saat ini. Namun perlu kita ketahui bahwa h-index ini masih memiliki kekurangan dalam validitasnya, misalnya rentan terhadap manipulasi sitasi pribadi (self-citation).

H-index yang sering juga disebut dengan Hirsch Index atau Hirsch Number ini dapat kita peroleh di media pengindeks publikasi seperti: SINTA, Portal Garuda, Google Scholar, DOAJ (Directory of Open Access Journals), BASE (Bielefeld Academic Search Engine), ISJD, ISJD, EBSCO, CrossRef Scopus, dan masih banyak lagi.

Setelah kita mengenal h indeks yuk kita langsung saja ke pembahasan utama.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Baca Juga : Cara Download Jurnal Di Scopus

Cara Mencari H Indeks Scopus

Agar teman-teman tidak salah informasi kami mohon untuk simak dengan teliti pembahasan kali ini.

Baiklah langsung saja, berikut cara mencari H-Index Scopus :

  • Untuk yang pertama yang harus kamu lakukan adalah kamu harus memiliki setidaknya satu artikel yang sudah dipublish di scopus
  • Nah untuk selanjutnya adalah dengan mengunjungi situs resmi scopus dengan URL berikut https://www.scopus.com/
  • Kemudian, silahkan kamu pilih menu Author Search
  • Dan masukan nama depan dan nama belakangmu. Kemudian di sini, kami akan mencontohkan cara mencari H Index Scopus Handayanto, Rahmadya Trias. Setelah itu, silahkan klik logo Search seperti di gambar
  • Nah, kamu akan langsung dapat menemukan berapa H Index Scopus yang dimiliki Author tersebut. untuk bapak Handayanto, Rahmadya Trias, memiliki score 5 untuk H Index di Scopus
  • Selesai

Setelah mengetahui cara mencari h indeks scopus kita lanjut ke pembahasan selanjutnya yang tidak kalah penting.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Manfaat h-index – Cara Mencari H Indeks Scopus

Cara Mencari H Indeks Scopus

Pembahasan selanjutnya setelah mengetahui cara mencari H indeks scopus adalah manfaat h indeks Untuk para dosen atau peneliti, h-index ini adalah suatu hal yang sangat penting. Mengapa demikian? Karena penyebabnya adalah h-index sangat mempengaruhi dana sponsor penelitian yang nanti akan diperoleh dalam melakukan penelitian berikutnya. Sebagai misalnya pihak Menristekdikti telah memberlakukan bagi dosen dan peneliti untuk diberi hak sebagai ketua di dua skim penelitian apabila telah mendapatkan h-index Google Scholar minimal 2. Sedangkan untuk para dosen dan peneliti yang belum mendapatkan h-index Google Scholar dengan skor 2 maka mereka hanya diberikan hak untuk menjadi ketua di satu skim penelitian saja.

Bagaimana Cara Mengetahui Skor h-index Seseorang?

Pembahasan selanjutnya setelah mengetahui cara mengetahui cara mencari H indeks scopus adalah cara mengetahui skor h indeks orang lain. H-index seseorang dapat kita cari di media pengindeks seperti yang telah kami jelaskan di atas. Dengan cara mengetikkan nama penerbit atau nama jurnal yang telah terpublish. Disamping itu kita juga dapat menelusuri dari nama jurnal yang menerbitkan atau dapat juga dari nama penerbit jurnalnya sekalipun. Jadi disini kamu diberikan keleluasaan dalam memasukkan kata kunci tersebut. Dan uniknya lagi, disamping kamu dapat melihat h-index kamu sendiri, kamu juga dapat melihat h-index orang lain. Tentu saja tidak hanya itu, h-index nama jurnal dan penerbitnyapun dapat kamu lihat.

Cara Menghitung h-index dan i10-index

Cara Mencari H Indeks Scopus

Selain mengetahui cara mencari H indeks scopus kita perlu mengetahui cara menghitung H indeks dan i10 Indeks. Penentuan h-index didasarkan dalam jumlah publikasi yang terindeks dan yang mensitasi atau mengutipannya. Menurut Terry Mart, pengajar di Departemen Fisika, dilansir dari FMIPA UI bahwa seorang ilmuwan memiliki indeks-h jika dia memiliki paper sebanyak h dengan jumlah kutipan untuk setiap paper tersebut, minimal sama seperti h juga. Misalnya seorang peneliti memiliki h-index dengan skor 10 itu artinya terdapat 10 artikel yang dikutip oleh minimal 10 artikel yang lainnya.

Sedangkan arti dari i10-index merupakan skor dari seorang peneliti dalam publikasi yang memiliki artikel ilmiah yang disitasi oleh minimal 10 artikel yang lain. Misalnya seorang peneliti memiliki i10-index dengan skor 2, itu artinya bahwa terdapat 2 artikel yang dikutip oleh minimal 10 artikel lain.

Cara Mengetahui h-index dan i10-index di Google Scholar

Langsung saja ke pembahasan terakhir yang tidak kalah penting dengan cara mencari H indeks scopus. Siapa saja yang memiliki jurnal yang telah dipublikasi. Bisa dilihat untuk caranya di Google Scholar kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka browser kamu
  2. Masuk ke situs resmi google scholar dengan klik tautan berikut Google Scholar
  3. Dan klik menu My Citations untuk masuk ke Google Scholar.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

 Kesimpulan

Nah mungkin cukup sekian pembahasan dari kami mengenai cara mencari H indeks scopus, semoga membantu dan semoga menambah wawasan kita semua. Terimakasih.

error: Content is protected !!