Cara Memasukan Jurnal Ke Sinta

Cara Memasukan Jurnal Ke Sinta

Nah, bagi kamu yang ingin mengetahui bagaimana cara memasukan jurnal ke sinta. Silahkan kalian simak artikel ini sampai habis.

Belajar cara memasukan jurnal ke sinta sangat penting bagi seorang dosen maupun mahasiswa. Khususnya bagi para dosen. Dikarenakan dosen menpunyai tanggung jawab dan kewajiban untuk melakukan publikasi jurnal kedalam jurnal.

Publikasi jurnal dikhususkan atau ditujukan untuk ke seluruh hasil pengabdian kepada masyarakat yang dijalankan oleh peneliti dan juga dosen. Supaya bisa tetap meningkatkan jumlah jurnal, publikasi jurnal tetap dilakukan oleh pemerintah. Agar bisa mendorong dan dapat meningkatkan Pendidikan tinggi di tanah air atau di Indonesia.

Dan dosen juga diwajibkan untuk publikasi jurnal baik itu jurnal nasional terakreditasi maupun jurnal internasional bereputasi. Dan untuk jurnal nasional terakreditasi, maka dapat berhubungan dengan sinta.

Nah, sinta dituju menjadi tujuan utama bagi para dosen yang sedang melakukan penelitian ataupun pengabdian masyarakat. Oleh sebab itu masuknya jurnal ke dalam sinta, nantinya akan di ganjar dengan angka kredit, dan juga membuktikan bahwa jurnal sinta berkualitas. Dan bagaimana cara memasukan jurnal ke sinta?

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Sekilas Tentang Jurnal Sinta

Cara Memasukan Jurnal Ke Sinta

Sebelum kamu mengetahui mengenai bagaimana cara memasukan jurnal ke sinta, maka kamu kenali terlebih dahulu database atau pusat data sinta. Sinta adalah sebuah laman atau website yang berisi atau isinya daftar jurnal nasional yang telah terakreditasi oleh ARJUNA.

Nah, bagi kamu yang belum mengetahui istilah ap aitu sinta?, kamu bisa mengecek pada bagian ini. Istilah sinta memiliki kepanjangan dari Science and Technology index. Dan sinta juga dapat dikatakan sebagai pestaka data atau pangkalan data yang memuat atau tempat jurnal nasional terakreditasi atau bisa juga disebut dengan database atau pusat data.

Nah, jurnal nasional yang telah atau sudah memenuhi syarat maupun kriteria seperti memenuhi standar sitasi dan juga sudah terakreditasi. Bisa masuk ke dalam sinta dan juga membuktikan bahwa jurnal tersebut memiliki kualitas yang bagus dan juga baik.

Dan untuk bisa memperoleh atau mendapatkan jurnal nasional yang telah terakreditasi atau diakui, sinta kemudian dijadikan atau di khususkan sebagai destinasi dengan pilihan yang sangat lengkap. Dan juga berbagai rumpun ilmu telah terindeks didalamnya.

Dan laman atau website sinta sendiri dapat diakses atau dibuka oleh siapa saja dengan secara gratis, sehingga siapapun dapat mencari jurnal nasional yang sudah terakreditasi, disini kamu hanya perlu atau hanya bermodalkan kuota saja. Dan dosen juga bisa mengecek jurnalnya telah masuk kedalam sinta atau belum.

Tentu saja kalian perlu memasukan jurnal ke sinta , dan nantinya akan dicek standar dan reputasinya seperti apa dan bagaimana. Dan sinta juga dilengkapi dengan fitur seperti citation, research, score, networking

Dan sinta juga menampilkan fitu-fitur dengan detail kualitas dan kinerja jurnal itu sendiri. Sehingga dosen dan juga mahasiswa yang sedang memerlukan jurnal sebagai sumber referensi dapat mengecek skornya, sitasinya, dan lain sebagainya .

System dan fitur di laman atau di website sinta juga hampir sama persis dengan database atau pusat data jurnal scopus. Dan kemudian sinta disebut juga dengan scopus ala kemendikbud ristek.

Dan sinta juga dituju oleh dosen dan juga peneliti untuk bisa menerbitkan atau mempublikasikan jurnal. Sebab sinta dibuat dengan system yang akan menilai kualitas jurnal itu.

Bagi jurnbal yang sudah dipublikasikan atau diterbitkan dengan melalui sinta bisa berkesempatan masuk kedalam pusat data atau database sinta dan juga bisa terindeks di google scholar atau google cendekia. Sehingga bisa memperluas atau memperbesar jangkauan jurnal supaya bisa diakses atau dibuka oleh masyarakat luas.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Cara Memasukan Jurnal Ke Sinta

Sebelum kita masuk kedalam cara-caranya alangkah baiknya jika kita ketahui terlebih dahulu mengenai syarat memasukan jurnal, berikut adalah syarat-syaratnya:

  1. Usahakan kalian memiliki naskah yang terhindar dari plagiat dengan maksimal 25%.
  2. Cari jurnal sesuai dengan kriteria dalam bidang ilmu.
  3. Silahkan pelajari dulu OJS yang akan kalian submit.
  4. Download template penulisan jurnal yang tersedia dalam website online journal system.
  5. Sesuaikan dengan hasil penelitian dengan format jurnal yang sudah kalian download.
  6. Register dengan membuat akun sebagai author pada online journal system atau OJS.
  7. Submit sesuai dengan cara dan aturan yang ada pada online journal system (OJS).
  8. agar prosesnya terpantau baik, kalian dapat menghubungi email atau nomor telepon yang ada pada bagian menu contact pada online journal system (OJS).

Setalah kita mengetahui mengenai syaratnya kita langsung saja ke pembahasannya.

Cara memasukan jurnal ke sinta dengan melalui OJS prosesnya dilakukan secara online baik itu memasukan naskahnya hingga dengan mempublishnya.

Semua proses dalam publikasi dilakukan dengan melalui OJS atau web jurnal ilmiah dengan bantuan browser. Seperti ini tampilan dengan menggunakan OJS.

Ada 5 tahapan dalam cara memasukan jurnal ke sinta ini secara online menggunakan OJS:

1. Tahapan pertama

Tahap yang pertama dalam cara memasukan jurnal ke sinta adalah. Dengan memulai submit atau bisa dengan memasukan naskah kalian pada website OJS tersebut.

2. Langkah kedua

Yang kedua dalam cara memasukan jurnal ke sinta adalah. Dengan memasukan atau upload jurnal atau naskah kalian yang akan dipublikasikan.

3. Tahapan ketiga

selanjutnya kalian mengisis metadata naskah-naskah jurnal, dengan mengecek data lengkap author seperti nama, afiliasi dan lain sebagainya.

Silahkan kalian melangkapi terlebih dahulu meta data naskah jurnal dengan memperhatikan abstrak atau isinya dan judul.

Tambahan juga dengan keyword atau kata kunci yang sesuai dengan judul naskah tersebut, dan tambahkan daftar Pustaka juga yang menjadi acuan kalian dalam menulis jurnal.

4. Tahapan ke empat

Selanjutnya adalah dengan mengupload atau mengunggah file tambahan seperti data gambar, penelitian, atau tabel jika diperlukan. Dan klik tombol upload atau unggah untuk mengunggah file.

5. Tahapan ke lima

Yang terakhir dalam cara memasukan jurnal ke sinta. Kemudian muncul ringkasan dari semua atau seluruh file yang terupload atau terunggah. Kemudian klik tombol finish submission.

Setelah kalian melakukan cara tadi kalian dapat melihat status naskah dengan mengklik pada tombol active submission.

Yang harus kalian ketahui bahwa car aini dapat dipakai dalam semua jurnal ilmiah yang menggunakan layanan jurnal berbasis Open Jurnal System atau OJS.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Fungsi Jurnal Sinta

Cara Memasukan Jurnal Ke Sinta

Website atau laman sinta di publikasikan dan dirilis kepada masyarakat ilmiah tentu saja bukan tanpa alasan. Website atau laman jurnal nasional ini sendiri memiliki beberapa atau sejumlah fungsi yang mendukung peningkatan mutu publikasi di dalam Pendidikan tinggi di Indonesia.

Sekaligus bisa memajukan dan mendorong peningkatan jumlah publikasi hasil pengabdian dan juga penelitian kepada masyarakat. Secara garis besar, sinta mempunyai fungsi sebagai berikutl:

1. Wadah Publikasi Online

Sinta bakan cuman hanya pusat data atau database yang menunjuka daftar jurnal nasional terakreditasi atau diakui saja di tanah air atau diindonesia. Akan tetapi juga bisa menjadi media bagi peneliti maupun dosen agar bisa mempublikasikan atau menerbitkan jurnal hasil pengabdian dan penelitian kepada masyarakat.

Seiring berjalannya waktu sinta kemudian berfungsi sebagai wadah atau tempat untuk menerima dan mendukung publikasi jurnal hasil pengabdian dan penelitian kepada masyarakat tersebut. Dan bersifat online, dan tentu saja dapat memudahkan para dosen dalam mengurus penerbitan jurnal secara mandiri.

Oleh sebab itu setiap dosen yang mempunyai akun terverifikasi di dalam sinta dapat menggunakan atau memakai fitur menerbitkan atau mempublikasikan  jurnal. Sehingga jurnal itu dapat masuk kedalam pusat data atau database sinta dan juga dapat didaftarkan untuk proses akreditasi di ARJUNA.

2. Menilai Kinerja Jurnal

Cara Memasukan Jurnal Ke Sinta

Fungsi yang kedua adalah dengan melakukan penilaian terhadap kinerja jurnal nasional yang telah dipublikasikan atau diterbitkan oleh semua atau seluruh peneliti maupun dosen di tanah air atau di Indonesia. Dan sifatnya yang telah terhung atau tersinkron dengan Scopus dan Goole Cendekia.

Sekaligus telah ditunjangan dengan fitur score dan citation memungkinkan sinta melakukan penelusuran hasil publikasi para peneliti dan dosen. Selain itu juga, sinta terbagi menjadi beberapa kategori dari mulai sinta 1 untuk akreditasi yang paling tinggi sampai sinta 6.

Sehingga para peneliti dan dosen bisa terus menerus mengembangkan diri dengan meningkatkan kualitas publikasi. agar dapat memperoleh kategori Sinta 1 maupun S yang artinya sudah meraih akreditasi antara A dan B.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Kesimpulan

Nah, mungkin hanya itu saja yang bisa kami sampaikan memngenai bagaimana cara memasukan jurnal ke sinta, semoga bisa berguna dan juga bermanfaat bagi rekan-rekan semua. Terimakasih!!

error: Content is protected !!