Cara Melihat Peringkat Jurnal Di Sinta

Cara Melihat Peringkat Jurnal Di Sinta

Publikasi artikel ilmiah merupakan kewajiban setiap mahasiswa untuk lulus dari perguruan tinggi. Jadi sangat penting untuk mengetahui bagaimana “cara melihat peringkat jurnal di sinta”, seperti apa pembahanya, yu simak sampai akhir!

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Cara Mudah Untuk Melihat Peringkat Jurnal Di Sinta

  1. Pertama, Anda masuk ke situs resmi sinta dengan url: https://sinta.kemdikbud.go.id/. Kemudian pergi ke bagian navigasi utama untuk SOURCES, lalu klik pada jurnal.
  2. Selanjutnya di kolom pencarian, masukkan nama jurnal Anda, jika tidak klik tombol filter. Sekarang Anda dapat mencari di kolom filter ini untuk jurnal ilmiah sesuai dengan bidang Anda.
  3. Kemudian klik tombol cari. Kotak lainnya dikosongkan, tidak apa-apa. Silahkan isi kotak centang sesuai dengan apa jurnal Sinta dan bidang yang Anda tuju.
  4. klik pada nama jurnal untuk mendapatkan informasi detail dari jurnal tersebut. Terakhir, untuk masuk ke jurnal yang Anda pilih tadi, silakan klik tombol “website” di bawah nama.

Level Jurnal Sinta

yang perlu anda ketahui yaitu ada 6 level kategori jurnal sinta. Diantaranya

  • Sinta 1: Terakreditasi Peringkat 1, nilai akreditasi 85 n 100
  • Sinta 2: Terakreditasi Peringkat 2, nilai akreditasi 70 n < 85
  • Sinta 3: Terakreditasi Peringkat 3, nilai akreditasi 60 n < 70
  • Sinta 4: Terakreditasi Peringkat 4, nilai akreditasi 50 n < 60
  • Sinta 5: Terakreditasi Peringkat 5, nilai akreditasi 40 n < 50
  • Sinta 6: Terakreditasi Peringkat 6, nilai akreditasi 30 n < 40

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Fitur di Halaman Jurnal Sinta

Jurnal Sinta juga dilengkapi dengan banyak fitur yang memudahkan dosen mengetahui perkembangan publikasinya. Sekaligus memudahkan pengguna lain untuk mencari referensi jurnal dengan kualitas sesuai harapan dan kebutuhannya. Fitur-fitur ini meliputi:

1. Citation (Kutipan)

Fitur pertama di Jurnal Sinta adalah citation, yaitu informasi tentang posisi h-index dalam satu tahun terakhir di Google Scholar dan Scopus. Sehingga h-index pada kedua database tersebut akan masuk dalam reputasi jurnal di Sinta.

2. Networking (Jaringan)

Fitur utama kedua di halaman Sinta adalah networking. Yaitu informasi yang menjelaskan semua pihak yang telah bekerjasama dengan dosen yang menjadi penulis atau penulis majalah di Sinta.

Sehingga setiap orang dapat mengetahui jaringan yang dimiliki penulis dan tentunya ikut menentukan kualitas jurnal. Karena jurnal yang memuat hasil penelitian kolaboratif sudah pasti dinilai lebih berkualitas.

3. Research Output (Hasil penelitian)

Atribut selanjutnya adalah output penelitian, yaitu atribut yang menampilkan semua output atau keluaran yang telah dihasilkan. Baik dalam bentuk publikasi majalah, buku ilmiah dan bentuk lainnya.

4. Score (Skor)

Fitur utama yang terakhir adalah skor, yaitu fitur yang menampilkan indeks publikasi jurnal secara keseluruhan. Mulai dari indeks di Sinta, lalu di Google Scholar, lalu di Scopus, hingga indeks di hasil Inasti.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Akhir kata

Sekian pembahasan tentang “Cara Melihat Peringkat Jurnal Di Sinta”, semoga artikel ini membantu, terima kasih

error: Content is protected !!