Cara Melihat Jurnal Terindeks Scopus

Cara Melihat Jurnal Terindeks Scopus

Pada pembahasan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai cara melihat jurnal terindeks scopus, bagi teman-teman yang ingin mengetahui seperti apa informasinya, silahkan simak artikelnya berikut ini.

Secara garis besar scopus adalah sebuah database atau pangkalan data jurnal internasional yang berada dibawah naungan perusahaan publikasi terkenal yaitu Elsevier. Dan fungsi dari scopus adalah membuat indeks literature ilmiah untuk memberikan informasi akurat mengenai metadata dari setiap artikel ilmiah termasuk juga data dari publikasi, abstrak, referensi, dan sejenisnya.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Cara Melihat Jurnal Terindeks Scopus Dengan Mudah

Cara Melihat Jurnal Terindeks Scopus

Jika kamu ingin melihat jurnal yang terindeks oleh scopus 2022. Berikut adalah tips melihat jurnal terindek scopus yang mudah dan cepat :

1. Cara Melihat Jurnal Terindeks Dengan SJR

Untuk cara yang pertama kita akan menggunakan situs bernama SJR. Situs ini merupakan situs pemeringkatan jurnal dengan menggunakan databae scopus. Yang artinya sebagian besar jurnal yang ada di SJR ini telah terindeks scopus.

Nah sebagian besar itu tidak berarti semua. Oleh sebab itu, Database yang digunakan oleh Scrimago JR ini merupakan data Scopus lama, yang mungkin isinya adalah jurnal-jurnal yang saat ini masih terindeks oleh SJR tetapi tidak lagi terindeks di scopus. Meskipun demikian SJR tetap menjadi situs yang digunakan untuk memeriksa peringkat dan dampak dari sebuah jurnal. SJR membagi jurnal menjadi 4 tingkatan kategori yaitu Q1, Q2, Q3, dan Q4.

Langsung saja berikut adalah cara melihat jurnal terindeks scopus dengan cepat dan mudah :

  • Silahkan masuk ke halaman SJR dengan klik link berikut https://www.scimagojr.com/
  • Ketikan nama judul jurnal internasional dan klik untuk masuk
  • Silahkan buka jurnal internasional yang kamu butuhkan. Perlu kamu ketahui apabila jurnal bersangkutan masih ada pada hasil pencarian,  itu artinya jurnal tersebut masih terindeks oleh Scopus. Dan jangan lupa perhatikan kuartil jurnal tersebut jika itu kategori (Q) maka benar terindeks scopus jika bukan berarti belum terindeks.
  • Selanjunya jika kamu tidak memiliki daftar judul jurnal yang akan dicari, kamu mencoba mencarinya di menu dan klik ranking jurnal
  • Kamu bisa mengatur “Semua Area Subjek”, “Semua Kategori Mata Pelajaran”, dan masih banyak lagi, untuk memudahkan kamu menemukan jurnal sesuai kebutuhan.

Meskipun demikian, SJR juga memiliki kekurangan seperti tidak update data scopus. Ditambah lagi, jurnal yang baru terindeks scopus kemungkinan besar tidak terindeks di SJR, hal itu karena SJR membutuhkan waktu kurang lebih 3 tahun untuk jurnal mencapai kuartil.

Jadi saran kami langsung saja mencari jurnal terindeks scopus di website scopus.

2. Cara Melihat Jurnal Terindeks Scopus di Scopus

Cara Melihat Jurnal Terindeks Scopus

Masih di cara melihat jurnal terindeks scopus, pada bagian ini kami akan memberikan langkah-langkah dengan menggunakan situs resmi dari scopus. Silahkan simak langka-langkahnya berikut ini.

Berikut adalah cara melihat jurnal terindeks Scopus:

  • Langkah pertama silahkan kamu kunjungi situs resmi dari Scopus dengan klik url berikut https://www.scopus.com/home.uri
  • Klik tool “Sumber” yang ada di pojok kanan atas layar
  • Silahkan masukkan nama jurnal pada kolom “Enter Title” kemudian silahkan tekan Enter atau klik “Find Source
  • Apabila nama jurnal yang kamu masukkan tadi pada kolom pencarian tidak muncul, coba kalian klik “jurnal” lalu periksa tahun liputannya.
  • Ceklis juga “Cakupan Konten Scopus” yang berada di bagian bawah, jika data tahun 2021 masuk, berarti jurnal masih terindeks.

Perlu kamu ketahui meskipun kamu mengecek langsung dari situs resmi scopus, masih terdapat masalah. Seperti kendala pada saat mengambil data jurnal yang diterbitkan selain dari Elsevier. Biasanya dibutuhkan setidaknya waktu 1 bulan dari volume atau edisi terakhir yang diterbitkan untuk mendapatkan indeks rentang.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Baca : Cara Masuk Jurnal Scopus

Keuntungan Jurnal Terindeks Scopus

Setelah mengetahui cara melihat jurnal terindeks scopus,yuk kita lanjut ke pembahasan selanjutnya yang wajib teman-teman ketahui yaitu mengenai keuntungan jurnal jika jurnal terindeks oleh database scopus.

Memiliki jurnal yang terindeks scopus menjadi standar untuk publikasi jurnal internasional di Indonesia saat ini. Tentu saja bukan tanpa alasan, karena scopus sendiri memiliki kriteria kompleks dan hanya mengindeks jurnal yang berkualitas saja. Nah jika kamu berhasil memiliki jurnal yang masuk ke database scopus, pasttinya kamu akan mendapatkan banyak keuntungan. Diantaranya adalah seperti berikut :

1. Meningkatkan Manfaat Jurnal – Cara Melihat Jurnal Terindeks Scopus

Cara Melihat Jurnal Terindeks Scopus

Keuntungan yang pertama dalam Cara Melihat Jurnal Terindeks Scopus, tentu saja kamu bisa meningkatkan pendapatan jurnal atau artikel ilmiah yang akan dan telah kamu terbitkan. Mengapa bisa begitu? Karena hampir seluruh komunitas ilmiah di seluruh dunia menggunakan scopus ini untuk mencari referensi karya ilmiah yang berkualitas tinggi.

Jadi artikel ilmiah yang dimuat dan terindeks oleh scopus akan jauh dikenal oleh banyak orang di dunia jika dibandingkan dengan publikasi di database lainnya. Kamu bisa membuat konten yang secara luas. Dan pada saat yang sama jumlah kutipan akan ditingkatkan.

Maksudnya semakin banyak orang yang melakukan kredit di artikel ilmiah yang kamu terbitkan, maka reputasi jurnal dan artikel ilmiah bersangkutan akan semakin berkembang dan terus naik. Tentu saja hal tersebut sangat berdampak baik bagi reputasi publikasi.

2. Menambah Informasi di CV

Bagi para dosen yang sedang meningkatkan karir di dunia akademis, memiliki riwayat publikasi pada database Scopus adalah sebuah prestasi yang patut dibanggakan. Terlebih lagi dapat menerbitkan 3 publikasi jurnal internasional terindeks scopus secara bersamaan pasti menjadi kebanggaa diri sendiri. Dosen juga berhak untuk mengajukan promosi untuk melompat keluar dari suatu program. Contohnya, langsung dari dosen menjadi professor karena prestasi yang didapat dibidang publikasi jurnal internasional.

Prestasi ini selanjutnya bisa dimasukan ke dalam CV dosen dan berhasil meningkatkan nilai dari CV. Jika ingin out dari kampus dijamin banyak kampus yang siap menerimanya karena keberhasilannya di bidang publikasi jurnal internasional.

Nah tentu saja tidak hanya mengetahui cara melihat jurnal terindeks scopus, kita juga harus mengetahui keuntungan yang didapat dari jurnal yang terindeks scopus.

3. Menambah KUM – Cara Melihat Jurnal Terindeks Scopus

Cara Melihat Jurnal Terindeks Scopus

Manfaat jurnal terindeks Scopus yang ketiga adalah dapat menambah KUM atau nilai kredit instruktur. KUM yang terkumpul bisa mencapai jumlah tertentu,  fungsinya adalah membantu pada saat mengajukan promosi fungsional.

Nah perlu kamu ketahui semakin banyak publikasi jurnal atau karya ilmiah lainnya yang masuk ke dalam database internasional seperti Scopus, semakin mudah juga untu memiliki nilai KUM yang tinggi. Keuntungan selanjutnya dari KUM yang tinggi adalah bisa meningkatkan peluang untuk menjadi professor di usia muda, seperti di bawah usia 50 tahun.

4. Membubuhkan Nama Secara Internasional

Apabila kalian berhasil menulis jurnal yang terindeks oleh database scpus, maka kamu telah berhasil menambahkan nama kamu dideretan para penulis terkenal internasional. Seperti yang telah kami sampaikan diatas bahwa scopus ini menjadai salah satu database yang dijadikan sumber referensi ole komunitas ilmiah di dunia.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Kesimpulan

Telah kami sampaikan beberapa tips atau cara melihat jurnal terindeks scopus, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih.

error: Content is protected !!