Cara Masuk Jurnal Scopus

Nah bagi teman-teman yang berkeinginan untuk membuat jurnal dan lolos ke scopus, kamu berada di pembahasan yang tepat. Karena kami akan memberikan pembahasan lengkap terkait cara masuk jurnal scopus.

Oke sebelum masuk ke topik utama kita kenali terlebih dahulu apa itu scopus.

SCOPUS adalah suatu pangkalan data pustaka yang sudah memiliki standar dan reputasi di jurnal internasional.

Scopus sendiri berada di bawah naungan Elsevier yang merupakan salah satu publikasi ilmiah skala internasional yang telah berhasil mengindex 22.000 lebih jurdul artikel yang berasal dari 5000 penerbit.

Jurnal yang terindex oleh scopus juga bisa memiliki reputasi tinggi di skala internasional. Tentunya akan menjadi tantangan tersendiri untuk membuat artikel masuk jurnal scopus.

Scopus berfungsi mengaitkan semua artikel yang telah tersusun ke portal yang merupakan tempat menilai prestasi peneliti dari masing-masing negara. Scopus mempunyai system penilaian yang dinamakan Scimago Journal Rank (SJR) berfungi untuk menilai sebuah artikel ilmiah.

Tidak hanya scopu, masih banyak layanan indeksasi jurnal lainnya. Jurnal Indonesia yang terindeks scopus juga di anggap sebagai jurnal yang memiliki kualitas tinggi dan tentunya jurnal Indonesia diakui secara internasional.  

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Baca Juga : Cara Memasukan Jurnal Ke Sinta

Cara Masuk Jurnal Scopus

Cara Masuk Jurnal Scopus

1. Latihan Menulis Jurnal

Tentu saja bila latihan menulis jurnal menjadi salah satu yang paling penting. Mengapa demikian? Karena menulis bukanlah bakat tetapi kemampuan jadi siapapun bisa menjadi ahli penulis. Jadi latihlah kemampuan menulis anda agar memperbesar peluang masuk jurnal internasional.

2. Perhatikan Bidang Keilmuan

Ingat sebelum diterbitkan artikel harus melewati beberapa tahap seperti penyuntingan, peninjauan, dan penyusunan. Dan juga akan di review oleh para ahli apakah artikel tersebut pantas untuk diterbitka atau tidak. Jadi perhatikan bidang keilmuannya usahakan sesuai dengan bidang keilmuan yang anda kuasai, misalnya bidang yang anda kuasai adalah bidang pendidikan maka anda bisa mengirimkan artikel bertema pendidikan.

3. Tulis Artikel Yang Inovatif dan Menarik

Membuat artkel ilmiah tidak harus monoton. Anda juga bisa menambahkan materi-materi yang cukup relavan dengan isu terkini. Jadi anda diharapkan untuk mempertimbangkan poin-poin tersebut.

4. Menggunakan Manuskript yang Baik dan Bagus

Nah ini adalah inti dari semuanya, anda harus bisa membuat pembaca mudah dalam memahami isi dari jurnal yang anda buat. Karena dalam jurnal yang terpenting adalah pada bagian penjelasan dan isinya.

Seluruh penjelasan dan isi yang anda bahas harus rinci dan disampaikan dengan jelas supaya, pembaca dapat dengan mudah memahami isi dari jurnal tersebut. Anda juga harus menyertakan cara untuk mendapatkan dari artikel ilmiah yang anda tulis.

5. Hindari Plagiarisme

Plagiarisme adalah hal yang di larang dalam penjurnalan. Intinya jika anda ingin mengambil kutipan dari buku atau artikel lain, anda harus menyertakan sumbernya.   

6. Berkonsultasi Dengan Orang Yang Pernah Publish

Cara mudah masuk jurnal itu mencari referensi kepada para peneliti yang sudah berpengalaman dalam publikasi

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Bagaimana Cara Cek Jurnal Scopus

Oke setelah anda mengetahui cara masuk jurnal scopus, pembahasannya selanjutnya yaitu bagaimana cara cek jurnal scopus.

1. Cek Jurnal Menggunakan Scopus

Anda bisa cek jurnal melalui website resmi scopus. Berikut adalah cara mengecek jurnal terindeks Scopus:

  • Silahkan buka website resmi Scopus dengan url https://www.scopus.com/home.uri
  • Kemudian anda klik “Sumber” atau Sources di kanan atas
  • Silahkan masukkan nama jurnal di “Masukkan Judul” kolom dan tekan Enter Atau klik Cari Sumber (Source)
  • apabila nama jurnal yang Anda masukkan tidak muncul dalam kolom pencarian, silahkan klik jurnal dan centang tahun liputannya.
  • Lalu, centang juga “Cakupan konten Scopus” di bagian bawah, jika data tahun 2021 masuk, berarti jurnal tersebut masih terindeks Scopus.

2. Cek Jurnal Menggunakan Scimago JR

situs selanjutnya adalah scimago JR, situs yang satu ini bisa digunakan untuk cek jurnal scopus meskipun tidak sebesar scopus. Oke berikut adalah langkah-langkahnya:

 3. kunjungi halaman Scimago JR

 Masukkan judul jurnal internasional dan klik untuk masuk. kamu sudah masuk

  • Buka hasil pencarian yang sesuai dengan judul jurnal sebelumnya. Jika jurnal tersebut ada di hasil pencarian, maka jurnal tersebut masih terindeks oleh Scopus. Jika tidak berarti tidak, dan jangan lupa untuk memperhatikan kuadran (Q) pada majalah tersebut.
  • Jika Anda tidak memiliki daftar judul jurnal untuk dicari, Anda dapat menggunakan daftar kategori jurnal.
  • Anda dapat mengatur “Semua Area Penelitian”, “Semua Kategori Mata Pelajaran”, dll untuk memudahkan menemukan nama jurnal yang benar.
  • Meski berfungsi penuh, SJR juga memiliki kelemahan, seperti tidak memperbarui data Scopus. Selain itu, jurnal yang baru saja terindeks Scopus tidak dapat dicari di SJR karena jurnal membutuhkan waktu sekitar 3 tahun untuk menjadi seperempat.
  • Oleh karena itu, sebaiknya cek langsung di website Scopus.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Cara mencari jurnal di scopus

Cara Masuk Jurnal Scopus

Nah setelah anda mengetahui cara masuk jurnal scopus, tidak ada salahnya anda mengetahui cara mencari jurnal di scopus. berikut adalah informasinya

Cari di website resmi scopus

Yang pertama tentunya kita mencari jurnal di website scopus. Untuk langkah-langkahnya seperti ini:

  • Masuk ke website dengan url: https://www.scopus.com/home.url
  • Klik “sumber” dibagian atas
  • Isikan nama jurnal pada kolom “enter title” dan tekan Enter atau klik “find source”
  • Kemudian jika jurnal yang ketik sudah ditemukan di kolom pencarian, klik jurnal dan periksan tahun liputannya.
  • Centang juga scopus “Scopus Content Coverage’ dibagian bawah. Jurnal Scopus dengan data tahun 2020 yang dimasukan akan tetap terindeks
  • Scimago JR

Selanjutnya adalah sebuah website yang bernama Scimago Journal & Country Rank (SJR). Sjr ini sering digunakan untuk melihat ranking sebuha jurnal yang terbagi  menjadi 4 kuartil yaitu Q1, Q2, Q3, dan Q4. Untuk langkah-langkah nya seperti berikut:

  • Pertama anda kunjungisitus web SJR dengan url : scimago.com
  • Pilih bidang yang sesuai dengan jurnal anda. Contoh anda sedang mencari farmasi, maka bidang yang anda cari adalah “Farmakologi, Toksikologi Dan Farmasi
  • Pilih subjek kategoti jurnal yang diinginkan, subjej kategori adlah subkategori dari subjek area jurnal internasional yang dicari
  • Selanjutnya cari kuartil yang anda inginkan lalu unduh datanya ke excel
  • Pastikan jurnal terindeks scopus

4 Tingkatan Jurnal Scopus Yang Wajib Ditehui

Cara Masuk Jurnal Scopus

Pembahasan terakhir yang perlu kamu ketahui adalah tingkatan jurnal scopus seperti yang sudah kami sebutkan di atas

1. Q1 (Quartile 1)

Kategori Q1 (quarteli 1) ini berarti ada jurnal internasional terindeks scopus dengan pengaruh paling besar. Misalnya ada 100 jurnal terindeks scopus pada bilang tertentu, dalam kategori Q1 ini dari 100 jurnal tersebut hanya 1-25 jurnal yang berkategori Q1 atau jurnal teratas.

2. Q2 (Quartile 2)

Kategori Q2 (quartile 2) berarti ada jurnal internasional terindeks scopus dengan pengaruh cukup besar. Misalnya dari 100 jurnal terindeks scopus, kategori Q2 ini biasana berada di tingkat 26-50.

3. Q3 (Quartile 3)

Kategori Q3 (quartile 3) ini berarti bahwa ada beberapa jurnal internasional terindeks scopus dengan pengaruh yang kurang besar. Misalnya dari 100 jurnal terindeks scopus, kategori Q3 ini biasana berada di tingkat 51-75.

4. Q4 (Quartile 4)

Tingkat yang terakhir yaitu Kategori Q4 (quartile 4) ini memiliki arti bahwa ada beberapa jurnal internasional terindeks dengan pengaruh yang paling rendah. Misalnya dari 100 jurnal terindeks scopus, kategori Q4 ini biasana berada di tingkat 76-100 atau paling bawah.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Kesimpulan

Oke teman-teman sekian sedikit artikel dari kami terkait cara masuk jurnal scopus, semoga artikel kami membantu dan mudah difahami. terimakasih

error: Content is protected !!