Cara Download Jurnal Di Sinta

Cara Download Jurnal Di Sinta

Pada pembahasan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai cara download jurnal di sinta dengan cepat dan mudah tentunya. Mungkin teman-teman semua telah mengetahui bahwa saat ini untuk lulus perguruan tinggi haruslah mempublikasikan jurnal, untuk s1 menerbitkan  jurnal nasional ber ISSN dan s2 menerbitkan jurnal nasional terakreditasi dan untuk syarat kelulusan s3 menerbitkan jurnal ilmiah tingkat internasional.

Nah mungkin teman-teman ada yang ingin mencari referensi jurnal dan ingin membukanya secara leluasa. Tenang saja kami akan memberikan solusinya.

Tetapi sebelum ke pembahasan utama yaitu cara download jurnal di sinta, mungkin dari teman-teman ada yang belum mengenal sinta jadi yuk kita kenali terlebih dahulu apa itu sinta.

CALL FOR PAPER Jurnal SINTA

Al-Makki Publisher di bawah naungan Yayasan Mansyur Al-Makki memberikan layanan Call For Paper Jurnal SINTA 1,2,3,4,5,6 seluruh rumpun ilmu kepada seluruh akademisi Dosen dan Mahasiswa baik untuk syarat kelulusan maupun peningkatan karir dosen. Dengan sistem dan skema yang akan dijelaskan di bagian akhir artikel.

Bagi Para Author Yang Ingin Terbit Jurnal SINTA Bulan Ini! Bisa Langsung Konsultasi dengan Klik Whatsapp Dibawah!!!

Apa itu sinta?

Cara Download Jurnal Di Sinta

Sinta merupakan singkatan dari science and technology index. Perlu kamu ketahui bahwa Sinta ini dikelola oleh Kemedikbud Ristek yang artinya yang mengaturnya adalah negara. Sinta merupakan sebuah database atau pusat data jurnal tingkat nasional yang telah terakreditasi oleh ARJUNA.

Sinta ini pertama kali digagaskan pada tahun 2016 dan kemudian baru diperkenalkan dan diresmikan kepada masyarakat pada tahun 2017 oleh Kemendikbud Ristek. Oleh sebab itu sampai saat ini sinta masih berkembang dan terus menambah fitur-fitur baru agar dapat mempermudah penggunan dalam mengakses jurnal. Nah seperti yang telah kami sampaikan bahwa sinta ini telah dikelola oleh kemendikbud ristek yang artinya semua jurnal nasional yang ada di database sinta tentu saja berkualitas dan telah terakreditasi, tentu saja dengan hal ini jurnal yang ada di sinta layak dijadikan referensi, sitasi dan yang lainnya.

Tentu saja sebelum lanjut ke cara download jurnal di sinta kita harus mengenal terlebih dahulu supaya bisa lebih memahami ke pembahasan selanjutnya. Sinta bisa kita jadikan sebagai media untuk menunjukan kekuatan publikasi ilmiah dari sebuah institui atau lembaga pendidikan atau perguruan tinggi.

Dan terakhir yang paling penting sinta ini sudah terhubung dengan database internasional yaitu google scholar dan scopus. Bagi kamu yang belum mengenal apa itu google scholar, fitur google ini merupakan sebuah layanan khusus mencari karya tulis ilmiah seperti jurnal dan kamu bisa menggunakan layanan google scholar ini gratis.

Sedangkan scopus merupakan database atau pusat data sama seperti sinta yang membedakan scopus merupakan database tingkat internasional.

Tentu saja dari google scholar dan scopus keduanya menyajikan jurnal internasional yang berkualitas dan bereputasi. Harapan pemerintah kita tentunya ingin semua orang dapat mengakses jurnal berkualitas supaya kekuatan publikasi di Indonesia lebih berkualitas.

Bagi Para Author Yang Ingin Terbit Jurnal SINTA Bulan Ini! Bisa Langsung Konsultasi dengan Klik Whatsapp Dibawah!!!

Baca Juga : Cara Baca Memasukan Jurnal Ke Sinta

Cara Download Jurnal Di Sinta Terakreditasi

Oke langsung saja ke pembahasan utama yaitu cara download di sinta terakreditasi. Penasaran seperti apa pembahasannya, silahkan simak dengan teliti.

Berikut adalah cara mendownload jurnal terakreditasi sinta:

1. Buka Website Sinta

Langkah Pertama silahkan kamu masuk ke website sinta dengan url : https://sinta.kemdikbud.go.id 

2. Memilih kualitas jurnal

Cara download jurnal sinta berikutnya adalah kamu pilih kualitas jurnal menggunakan Sinta 1 sampai sinta 6. Kemudian kamu masukan nama jurnal yang berhubungan atau relavan dengan jurnal yang kamu butuhkan dan klik search

3. Memilih judul jurnal

Setelah kamu melakukan pencarian jurnal tadi akan otomatis muncul beberapa judul jurnal yang relavan dengan katakunci yang kamu masukan tadi, dan silahkan cari jurnal yang kamu butuhkan.

4. Masuk pada jurnal piihan

Nah setelah kamu memilih jurnal sesuai kebutuhan, silahkan klik jurnal tersebu dan kamu akan masuk ke halaman jurnal tersebut.

5. Masuk pada tautan

Cara download jurnal di sinta selanjutnya di halaman jurnal ini kamu dapat melihat abstrak dari jurnal, jika kamu ingin membaca keseluruhan teks dari jurnal, kamu harus mengklik yang ada di lingkaran merah dibawah. Kemudian kamu akan diarahkan ke perguruan tinggi atau institusi pembuat jurnal tersebut.

6. Download jurnal

Untuk langkah terakhir. Setelah masuk ke perguruan tinggi tadi kamu akan melihat artikel yang ingin kamu unduh atau download biasanya dalam bentuk PDF dan artikel tersebut akan terunduh ke perangkat kamu.

Bagaimana teman-teman mudah bukan cara download jurnal di sinta ini, kamu hanya perlu mengikuti tahap demi tahap yang telah kami berikan agar dapat selesai dengan cepat.

Bagi Para Author Yang Ingin Terbit Jurnal SINTA Bulan Ini! Bisa Langsung Konsultasi dengan Klik Whatsapp Dibawah!!!

CIRI CIRI JURNAL TERINDEKS SINTA

Cara Download Jurnal Di Sinta

Pembahasan selanjutnya setelah yaitu cara download jurnal di sinta, kita akan memberikan informasi tentang ciri-ciri jurnal terindeks sinta. Oke teman-tema penasaran seperti pembahasanya? Silahkan simak berikut ini

  • Harus memenuhi kaidah keilmuan

Ciri jurnal terindeks sinta pertama ini yaitu memenuhi kaidah keilmuan. Maksudnya sebuah jurnal terakreditasi harus memiliki manfaat dalam segi bidang ilmu pengetahuan. Jika tidak, maka jurnal tersebut bukanlah karua ilmiah melainkan hanya karya fiksi yang cenderung bersifat menghibur. Karena untuk ciri utama dari jurnal terakreditasi adalah menambah keilmuan bagi pembacanya

  • Memiliki ISSN

Oke untuk ciri selajutnya adalah memiliki ISSN atau International Standar Serial Number dari pengajuan nomor seri publikasi berkala ini adalah sebagai persyaratan untuk akreditasi publikasi ilmiah. Tanpa ISSN maka jurnal tersebut akan sulit masuk ke dalam database bereputasi, yang tentunya berdampak pada kredibilitasnya kurang mumpuni. Meskipun bukan jurnal internasional, Jurnal nasional juga harus memiliki seri sebagai identifikasi bahwa jurnal tersebut telah dipublish secara berkala.

  • Memiliki terbitan versi online

Meskipun bukan jurnal internasional yang merambah ke berbagai Negara, jurnal nasional juga wajib mempunyai terbitan online agar pembacanya mudah dalam mengakses artikel ilmiah berkualitas.

Nah sudah sewajarnya setelah kami berikan cara mendownload jurnal di sinta dengan cepat kami berikan ciri-ciri jurnal terindeks di sinta supaya kamu dapat memilih jurnal berkualitas dan tidak. Simak sampai habis ya!

  • Dikelola secara professional

Jika sebuah jurnal sudah mencakup nasional maka harus dikelola secara profesonal juga. Misalnya jika jurnal terbit 2 kali dalam setahun maka setiap tahun juga harus terbit diwaktu yang sama. Dan penulisan jurnalnya juga harus jelas, agar penulis yang baru masuk tidak bingung dengan aturan dan gaya lingkungan yang disediakan.

  • Bertujuan untuk menampun hasil penelitian dalam disiplin ilmu tertentu

Ciri jurnal terakreditasi selanjutnya adalah jurnal ilmiah yang ditulis harus sesuai dengan prinsip kemanfaatan dalam bidang keilmuan yang sesuai. Serta tentu saja menggunakan berbagai jenis metode penelitian dalam keilmuan yang berkaitan dengan bidang keahlian.

  • Ditunjukan bagi masyarakat ilmiah

Ciri selanjutnya yaitu jurnal-jurnal yang ditulis dari berbagai artikel ilmiah itu ditujukan untuk masyarakat ilmiah atau peneliti yang memiliki disiplin-disiplin keilmuan relavan. Dalam hal ini mengacu kepada para cendikiawan yang membutuhkan informasi yang valid di beberapa bidang ilmiah. Akademisi yang relevan yaitu seperti mahasiswa, dosen atau masyarakat umum yang membutuhkan pengetahuan ilmiah berdasarkan temuan penelitian dan didukung oleh teori-teori pendukung.

  • Diterbitkan oleh lembaga yang mumpuni

Ciri selanjutnya adalah Tidak sembarang orang dapat menerbitkan jurnal ilmiah berstandar nasional. Karena jurnal berstandar nasional haruslah diterbitkan oleh penerbit/organisasi profesi/perguruan tinggi atau badan ilmiah dengan unit-unitnya.

  • Memuat karya ilmiah dari penulis yang berasal dari minimal 2 (dua) institusi yang berbeda

Singkat saja jika dalam jurnal internasional harus memiliki penulis setidaknya 2 negara berbeda, maka jurnal nasional harus ditulis oleh penulis minimal 2 lembaga atau institusi berbeda. Karena masih dalam satu negara cukup penulis di bidang yang sama dan dari lembaga berbeda.

  • Memiliki dewan redaksi/editor

Ciri jurnal terakreditasi selanjutnya adalah jurnal nasional harus memiliki dewan redaksi atau editor yang terdiri dari para ahli dibidangnya dan berasal dari minial 2 institusi atau lembaga berbeda.

Bagi Para Author Yang Ingin Terbit Jurnal SINTA Bulan Ini! Bisa Langsung Konsultasi dengan Klik Whatsapp Dibawah!!!

Kesimpulan

Oke mungkin cukup sekian sedikit pembahasan dari kami mengenai cara download jurnal di sinta dan ciri-ciri jurnal terakreditasi, semoga membantu teman-teman dan menambah wawasan kita semua, sekian termakasih.

error: Content is protected !!