Cara Daftar Google Scholar

Cara daftar google scholar ternyata dangat mudah. Oke teman-teman pada pembahasan kali ini kami akan memberikan informasi terkait cara daftar google scholar.

Apa Itu Google Scholar?

Cara daftar google scholar

Nah sebelum belajar cara daftar google scholar kita kenali terlebih dahulu apa itu google scholar atau google cendekia. Google scholar atau google cendekia ini merupakan layanan untuk mencari karya tulis ilmiah. Karya tulis ilmiah bisa berupa jurnal, artikel imiah dan sebagainya.

Karya tulis ilmiah di google scholar ini sangat beragam. Karena hadir dari seluruh perguruan tinggi di dunia, oleh karena itu kamu bisa mencari jurnal sesuai keinginan kamu.

DI google scholar kamu bisa mengakses jurnal bahasa inggris maupun bahasa Indonesia dengan mudah. Tidak ada batasan sumber dan yang paling penting layanan di google scholar gratis.

Google scholar dengan google.com itu berbeda. Layanan google scholar biasa digunakan oleh para akademisi saja, seperti peneliti, dosen, dan mahasiswa.

Sangat disayangkan karena di Indonesia banyak mahasiswa yang belum mengetahui layanan bermanfaat ini. Para mahasiswa lebih pokus pada google.com karena tidak mengetahui dengan google scholar atau google cendekia ini.

Meskipun demikian google scholar hadir sejak 20 november 2004 dan digunakan sebagai perpustakaan online untuk mencari berbagai karya tulis ilmiah seperti jurnal dan makalah.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Baca Juga : Cara Publikasi Jurnal Di Google Scholar

Cara daftar google scholar dengan mudah

Sebelum ke cara daftar google scholar kamu wajib memperhatikan persyaratan dan kebutuhan. Seperti menyiapkan data pribadi dan memastikan bidang ilmiah. Dan pastikan koneksi internet yang stabil.

Oke langsung berikut adalah cara daftar google scholar:

  • Langkah pertama silahkan kamu kunjungi laman resmi dari google scholar atau kamu tinggal klik link berikut https://scholar.google.co.id/
  • Langkah kedua silahkan klik Profil Saya
  • Selanjutnya silahkan login menggunakan email kamu
  • Kemudian kamu lengkapi data diri, pastikan terisi semua.
  • Klik Next
  • Selanjutnya silahkan cari artikel kamu berdasarkan nama penulis
  • Jika jurnal kamu telah muncul silahkan centang semua
  • Klik opsi tanda panah ke arah kanan
  • Selanjutnya kamu pilih terapkan dan update secara otomatis
  • Kemudian centang pada bagian jadikan profil saya untuk umum
  • Selesai

Kamu juga mengisi poto profil pada akun google scholar dengan cara klik icon kamera pada poto profil.

Itu adalah cara daftar akun google scholar. Lanjut ke pembahasan selanjutnya yaitu cara mengambil jurnal di google scholar.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Cara Mengambil Jurnal Di Google Scholar

Cara daftar google scholar

Oke pembahasan selanjutnya setelah mengetahui cara daftar google scholar, kami akan memberikan informasi mengenai cara mengambi jurnal di google scholar. Berikut langkah-langkahnya

  • Pertama silahkan kamu masuk ke laman google scholar. Dengan cara mengetik kata kunci google scholar di google, otomatis laman google scholar akan muncul
  • Tahap selanjutnya silahkan masukan kata kunci yang berhubungan dengan jurnal yang akan kamu cari pada kolom pencarian.Contoh kamu bisa mengetikan nama jurnal, nama penulis, atau yang lainnya
  • Jika jurnal yang kamu cari sudah ditemukan, jangan lupa pastikan isi dari jurnal tersebut sesuai dengan jurnal yang kamu butuhkan. Selanjutnya kamu tinggal klik pada link yang tersedia dan file jurnal akan muncul dalam bentuk PDF
  • Dan file PDF tersebut akan diunduh ke dalam perangkat kamu
  • Selesai

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Fitur unggulan google scholar

Tidak lengkap rasanya jika hanya mengetahui cara daftar google scholar tanpa mengetahui keunggulan dari google scholar tersebut. Untuk keunggulan google scholar ini bisa melihat jurnal ilmiah tidak perlu diragukan lagi. Sumbernya yang lengkap dari seluruh perguruan tinggi di dunia dan bisa di pertanggungjawabkan juga google scholar ini bisa di akses gratis.

Dengan google scholar penenlitian yang teman-teman sedang kerjakan akan terasa lebih mudah karena tersedia referensi yang berkualitas dan sesuai yang kamu butuhkan tentunya.

Berikut adalah fitur unggulan yang ada di google scholar atau google cendekia ini:

1. Layanan Gratis

Cara daftar google scholar

yang pertama dalam Cara daftar google scholar adalah Fitur pertama yang menarik adalah google scholar bisa di akses secara gratis. Nah berbeda jika kamu mencari jurnal di perpustakaan, kamu akan diminta membayar biaa keanggotaan. Itulah yang membuat google scholar banyak diminati para akademisi.

2. Memiliki Koleksi Ilmiah Lengkap

 yang kedua dalam Cara daftar google scholar adalah memiliki fitur yang lengkap. Bukan google namanya bila tidak lengkap. Nah hal tersebut juga berlaku pada google scholar.

Google scholar memiliki koleksi ilmiah yang lengkap, kamu bisa mencari jurnal dari berbagai akademisi dan instansi di seluruh dunia. Tidak ada batasan sama sekali dan kamu bisa menggunakan fitur kebahasaan dengan mudah.

Dan apabila kamu hanya ingat nama penulis jurnalnya saja, kamu bisa mencari langsung di kolom pencarian karena google scholar dengan pintar menyajika data karya penulis yang kamu cai tersebut.

3. Menyediakan Fitur Seleksi

Cara daftar google scholar

yang ketiga dalam Cara daftar google scholar adalah menyediakan fitur seleksi. Kamu bingung terlalu banyak halaman yang ditampilkan, tentu saja di google scholar kamu bisa melakukan penyaringan data, kamu bisa menemukan karya tulis dengan berdasarkan tahun, maksimal empat tahun terakhir.

Untuk menggunakan fitur ini sangat mudah loh, kamu hanya perlu klik ke menu kemudian pilih tahun yang diinginkan. Dan yang terakhir kamu bisa mencari karya menggunakan rentang waktu. Masih di menu tahun tersebut kamu hanya perlu mengurutkan sesuai tanggal. Selesai.

4. Mengutip Tulisan Secara Langsung

Oke fitur selanjutnya dalam Cara daftar google scholar adalah mengutip tulisan, entah untuk keperluan referensi atau penyusunan Daftar Pustaka.

Sudah tersedia metode-metode seperti MLA, APA, dan ISO 690 yang bisa kamu gunakan. Tinggal copy paste ke makalah saja. Selesai.

5. Notifikasi Lewat Email

yang kelima dalam Cara daftar google scholar adalah notifikasi lewat email. Jika kamu memiliki akun google scholar, kamu akan diberi informasi terkait soal tulisan dan koleksi terbaru dari google scholar dengan cara mengaktifkan fitur notifikasi. Informasi tersebut akan langsung dikirim ke alamat email kamu.

Nah itu adalah keunggulan dari google scholar atau google cendekia, bagaimana tertarik menggunakannya?

6. Kekurangan Google Scholar

Cara daftar google scholar

yang terakhir dalam Cara daftar google scholar adalah kekurangan google scholar. Tidak pas rasanya jika hanya membahas keunggulan tanpa membahas kekurangannya. Meskipun google scholar menawarkan fitur-fitur yang menguntungkan tetapi ada kekurangannya juga loh.

Nah menurut beberapa sumber  saat kamu mencari jurnal internasional di google scholar, ada beberapa situs penyedia yang tidak bisa di akses secara gratis. Artinya kamu harus registrasi dan berlangganan situs terlebih dahulu. Baru kamu bisa mengunduh dokumen jurnal kamu mau.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Kesimpulan

Oke teman-teman sekian pembahasan dari kami mengenai cara daftar google scholar dengan mudah, pada artikel ini kami menambahkan beberapa pembahasan terkait google scholar, semoga menambah wawasan teman-teman dan mudah di mengerti.

 Jika kamu sedang mencari karya tulis ilmiah saran kami cari di google scholar karena lebih lengkap dibandingkan dengan google.com. sekian terimakasih!!

error: Content is protected !!