Jurnal Scopus Cepat Terbit

Hallo sobat Al-Makki Publisher! Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai daftar jurnal Scopus cepat terbit.

Bagi kamu yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai daftar jurnal scopus yang cepat terbit, Kamu dapat menyimak pembahasannya berikut ini.

Cara mencari Jurnal Scopus

https://al-makkipublisher.com/

Salah satu cara paling praktis untuk mencari jurnal yang sudah terindeks di Scopus adalah melalui situs resminya, Scopus.

Mengecek jurnal langsung di website Scopus sangat memudahkan proses pencarian. Anda bisa mengikuti panduan berikut untuk mengetahui langkah-langkahnya.

Menggunakan situs resmi Scopus untuk mencari jurnal terindeks jauh lebih mudah karena tidak ada keharusan untuk membuat akun.

Cara mencari Jurnal Scopus Melalui Website Resmi

Anda bisa langsung melakukan pencarian tanpa harus mendaftar. Berikut langkah-langkah yang dapat diikuti untuk mencari jurnal di Scopus:

1. Buka situs resmi Scopus di [https://www.scopus.com/home.uri](https://www.scopus.com/home.uri)

2. Pilih menu “Sumber” atau “Sources” di bagian kanan atas halaman.

3. Masukkan nama jurnal di kolom pencarian dan tekan Enter.

4. Jika jurnal yang dicari tidak muncul, Anda bisa memilih opsi “Jurnal/Journal” dan centang filter tahun publikasi.

5. Anda juga dapat mencentang bagian “Cakupan Konten Scopus” untuk lebih mempersempit hasil pencarian.

Namun, meskipun pencarian dilakukan melalui situs resmi, terkadang masih terjadi kendala. Hal ini biasanya disebabkan oleh keterlambatan Scopus dalam memperbarui data jurnal dari penerbit selain Elsevier.

Bahkan, bisa memakan waktu hingga satu bulan setelah publikasi untuk mendapatkan indeks terbaru.

Cara Memeriksa Jurnal Terindeks Scopus melalui Scimago JR

Cara kedua untuk mencari jurnal yang terindeks Scopus adalah dengan menggunakan situs Scimago Journal & Country Rank (SJR). Scimago JR adalah platform pemeringkat jurnal yang datanya diperoleh dari Scopus, sehingga sebagian besar jurnal yang ada di SJR juga sudah terindeks di Scopus.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua jurnal yang ada di SJR terindeks Scopus. Hal ini disebabkan oleh penggunaan data lama oleh SJR, sehingga bisa saja jurnal yang dulunya terindeks kini sudah tidak lagi terindeks di Scopus. Meski begitu, SJR tetap menjadi pilihan utama bagi banyak akademisi untuk memeriksa peringkat jurnal. SJR mengkategorikan jurnal dalam empat kuadran, yakni Q1, Q2, Q3, dan Q4, yang sering dijadikan acuan oleh komunitas akademik.

Berikut langkah-langkah untuk memeriksa apakah jurnal terindeks Scopus melalui SJR:

1. Kunjungi situs Scimago JR di [https://www.scimagojr.com/](https://www.scimagojr.com/)

2. Masukkan judul jurnal internasional yang ingin dicari, lalu tekan Enter.

3. Buka hasil pencarian dan periksa apakah jurnal tersebut muncul di hasil pencarian. Jika ya, berarti jurnal tersebut masih terindeks Scopus. Jangan lupa juga untuk memperhatikan kuadran (Q) jurnal tersebut.

4. Jika Anda belum memiliki judul jurnal yang spesifik, Anda bisa menggunakan fitur Klasifikasi Jurnal untuk menelusuri jurnal berdasarkan bidang studi atau kategori mata pelajaran.

5. Anda bisa mengatur filter untuk ‘Semua bidang studi’ atau ‘Semua kategori mata pelajaran’ untuk mempermudah pencarian jurnal yang tepat.

Meskipun SJR memiliki fitur yang berfungsi penuh, ada beberapa kekurangan, seperti keterlambatan dalam memperbarui data Scopus. Jurnal yang baru saja terindeks di Scopus mungkin belum muncul di SJR hingga memakan waktu 1 hingga 3 tahun. Oleh karena itu, sebaiknya Anda juga memeriksa langsung di website Scopus untuk mendapatkan informasi terbaru.

Daftar Jurnal Scopus Cepat Terbit

Cara mencari Jurnal Scopus

Berikut adalah daftar jurnal internasional bereputasi yang dapat Anda simak. Kami menyediakan 10 jurnal unggulan yang telah diindeks oleh berbagai platform bereputasi. Lihat daftarnya di bawah ini:

1. Walailak Journal of Science and Technology (WJST)

Diluncurkan pada tahun 2004, Walailak Journal of Science and Technology adalah jurnal peer-review yang mencakup berbagai bidang sains dan teknologi. Jurnal ini diterbitkan oleh Graduate School of Walailak University sebanyak 24 edisi per tahun (setiap dua minggu). Walailak Journal diindeks di berbagai platform seperti Thai Journal Citation Indexing Center (TCI), SCOPUS, Google Scholar, dan ASEAN Citation Index (ACI).

2. The Social Science Journal  

The Social Science Journal adalah jurnal resmi dari Western Social Sciences Association yang bertujuan untuk mempublikasikan penelitian ilmiah di bidang ilmu sosial. Jurnal ini menampung berbagai karya yang relevan dengan ilmu sosial dan menyebarluaskan temuan terkini di bidang tersebut.

3. Journal of Engineering Science and Technology (JESTEC)

JESTEC adalah jurnal peer-review yang berfokus pada penyebaran artikel penelitian orisinal di semua aspek sains dan teknologi teknik. Jurnal ini terbuka untuk umum (open access) dan tidak membebankan biaya pada pembacanya. Jurnal ini menerbitkan 6 edisi per tahun.

4. Journal of Economics, Commerce and Research (JECR)  

JECR adalah jurnal peer-review yang berfokus pada publikasi cepat dalam disiplin ilmu ekonomi. Jurnal ini menekankan pada teori ekonomi matematika, terutama di bidang ekonomi mikro, dan menyediakan platform untuk peneliti ekonomi untuk berbagi ide-ide baru.

5. Telematics and Informatics

Telematics and Informatics adalah jurnal yang mengeksplorasi dampak sosial dari teknologi baru, mencakup berbagai topik seperti kota pintar, masyarakat digital, dan penginderaan. Jurnal ini diindeks oleh berbagai platform internasional seperti SCOPUS, INSPEC, dan Social Science Citation Index.

6. Digital Investigation

Jurnal ini berfokus pada transformasi digital dalam ilmu forensik. Kini jurnal ini dikenal sebagai Forensic Science International: Digital Investigation, yang bertujuan untuk memajukan bidang investigasi forensik digital.

7. Computers & Graphics  

Computers & Graphics adalah jurnal internasional yang membahas sistem dan aplikasi komputer, khususnya di bidang grafik komputer. Jurnal ini memiliki akses terbuka untuk mempublikasikan penelitian dalam teknik grafik komputer dan komputasi visual.

8. Fuzzy Sets and Systems  

Jurnal internasional ini dikhususkan untuk bidang himpunan fuzzy dan sistem fuzzy sejak tahun 1978. Jurnal ini menjadi platform utama bagi perkembangan internasional teori dan aplikasi terkait di bidang sains dan teknik informasi.

9. Journal of Computational Science  

Ilmu komputasi adalah bidang multidisiplin yang berkembang pesat, menggunakan komputasi canggih untuk memecahkan masalah kompleks. Journal of Computational Science telah menjadi salah satu jurnal utama yang diindeks oleh Science Citation Index Expanded dan Scopus.

10. Computer Law & Security Review

Computer Law & Security Review adalah jurnal yang berfokus pada hukum IT dan keamanan komputer. Jurnal ini telah terbit sejak 1985 dan menyediakan platform untuk penelitian berkualitas tinggi di bidang hukum dan praktik keamanan teknologi informasi.

Tingkatan Jurnal Scopus

Penting untuk diketahui bahwa jurnal internasional Scopus diklasifikasikan ke dalam empat kategori, yaitu Q1, Q2, Q3, dan Q4. Menurut informasi dari situs ui.ac.id, Scopus menggunakan sistem klasifikasi untuk menilai kualitas jurnal yang dibagi menjadi empat kuartil.

Kategori Q1 mencakup jurnal dengan kualitas tertinggi, diikuti oleh Q2, Q3, dan Q4 yang berada di bawahnya. Penilaian kualitas jurnal di Scopus berdasarkan pada parameter yang disebut SJR (Scimago Journal Rank), yang mengukur rata-rata kutipan per artikel yang diterbitkan dalam jurnal selama tiga tahun terakhir.

Akhir Kata

Mungkin itu saja yang dapat kami sampaikan mengenai Jurnal Scopus Cepat Terbit. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagi kita semua.

Suhendi Al Wasim
Suhendi Al Wasim merupakan seorang youn entrepreneur
error: Content is protected !!